Semangka merupakan buah yang segar dan menarik, selain itu semangka juga dapat mengurangi rasa haus dan memberi kepuasan setelah makan buah tersebut.

Tapi masyarakat di jaman sekarang mungkin tidak tahu banyak tentang buah segar ini, tahunya merek a mungkin hanya sebatas segar dan mempunyai banyak vitamin.

Tapi ternyata tidak seperti itu, semangka mempunyai banyak manfaat, bahkan buah ini merupakan salah satu buah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw.

Yuuk mari kita bahas bersama tentang buah segar dan menarik ini.

1Hadist Rasulullah

manfaatbuahan.com

Abu Dawud dan At Tirmidzi meriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bahwasanya pernah makan semangka bersama ruthoh (kurma matang sebelum jadi tamar) beliau bersabda: “Kita menghilangkan panas dengan dinginnya, dan dingin ini dengan panasnya ini”

Ada ulama yang berpendapat bahwa makan buah yang dianjurkan dan dicontohkan Rasulullah tidak hanya sekedar mengurangi lapar dan haus, tapi juga bagian dari iitiba atau mencontoh Rasulullah, sehingga akan mendapat pahala dari makan buah semangka.

Nah, berarti itu keuntungan dobel buat kita, selain mendapatkan kesegaran kita juga dapat pahala.

2Penelitian Tentang Semangka

sunpride.co.id

Karena jaman dahulu belum ada teknologi untuk meneliti makanan, para sahabat dan ulama hanya bisa mengandalkan apa kata Rasul dan itu terbukti walau detailnya mereka tidak paham. Setelah jaman berubah, baru di teliti oleh perusahaan Amerika.

Penelitian dilakukan oleh The American Heart Association, mereka telah menemukan tingginya kadar kalium dalam buah semangka yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh.

Bahkan semangka dinobatkan sebagai makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung, sertifikat pun di layangkan kepada buah semangka ini.

3Manfaat Semangka

kaloriku.com

Kandungan gizi dan vitami dalam semangka banyak sekali, sehingga manfaatnya juga banyak, para ilmuwan kesehatan sering menggunakan semangka untuk pengobatan.

Manfaat semangka selain untuk menjaga kesehatan jantung, semangka juga bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis kanker, mentrelkan darah tinggi, membuat tidur nyenyak, memperlancar sirkulais darah, menurunkan berat badan.

Tidak sampai disitu semangka juga bermanfaat untuk meredakan nyeri otot, diuretik alami untuk penderita gagal jantung serta dapat mengangkat performa pria dalam urusan ranjang.

Sekali lagi semangka, buah yang sangat familiar bagi kita ternyata banyak manfaatnya, jadi jangan sampai kita melewatkan manfaat buah yang segar dan berpahala ini, kalau perlu kita tanam di rumah kita, yuuk mari.

Semoga bermanfaat ya.