Sosok Cleopatra sang ratu Mesir seakan telah kabur karena diselimuti fakta dan mitos sekaligus. Hal yang wajar sebenarnya, mengingat alur hidup sang ratu yang seakan mirip dongeng. Waw! Mengapa demikian?

Kisah sang ratu memang penuh liku dan duka. Dia terpaksa meninggalkan Mesir setelah dihasut oleh penasihat adiknyanya, untuk kemudian melarikan diri ke Suriah. Namun ia berhasil merebut kembali tahtanya dengan bantuan tentara bayaran.

Cleopatra juga meminta bantuan Julius Caesar untuk memulihkan kekuasaannya sebagai ratu. Setelah kematian Julius Caesar, kubu Cleopatra semakin kuat karena sang anak yang menjadi penguasa muda.

Takdir mempertemukan sang ratu dengan Mark Antony. Pertemuan di kota Tarsus tersebut adalah untuk membahas perannya dalam membantu tiga serangkai selama pertempuran Filipi, yang pada akhirnya mereka menangkan.

Antony akhirnya jatuh tersihir oleh kecantikan Cleopatra. Ia meninggalkan istri ketiganya, Fulvia, dan tiga anaknya di Roma, untuk kemudian kembali ke Mesir bersama Cleopatra.

Mark Antony telah bersumpah untuk melindungi tahta Cleopatra dan mengamankan pemerintahannya di Mesir, serta berjanji mengenyahkan adik perempuan dan saingan Cleopatra, Arsinoe, yang sedang berada di pengasingan.

Sementara sejarah mencatat ketidaksetiaan Mark Antony, namun demikian Cleopatra tetap tinggal di sisinya bahkan ketika Antony menikahi saudari tiri Oktavianus, Octavia, untuk menjaga perdamaian.

Duh. Cleopatra.

Mark Antony menyatakan putra Caesar, Caesarion, sebagai penguasa yang sah, menentang keinginan Oktavianus untuk menjadikan anak angkatnya sebagai pewaris. Akhirnya terjadilah perang antara Oktavianus melawan Cleopatra dan Mark Anthony.

Mark Antony bunuh diri setelah mendengar informasi yang salah tentang kematian Cleopatra. Informasi yang salah ini membuat Antony mengambil nyawanya sendiri menggunakan pedangnya. Tuh! Kalau ada informasi, harus cari tahu dulu ya guys kebenarannya.

Setelah itu, mendengar kematian Antony Cleopatra juga melakukan bunuh diri dengan membiarkan ular berbisa menggigit dirinya. Hiks. Udah siapin tissu kan? Memang memilukan sekali kisah Cleopatra ini.

Kemudian, karena anak Cleopatra masih terlalu muda untuk membela diri atau mengambil alih tahta, dia kemudian dieksekusi pasca penangkapannya oleh Oktavianus. Dan akhirnya, Oktavianus berhasil merebut tahta Cleopatra.

 

SHARE