Banyak yang telah terjadi sejak pertama kali Union of European Football Associations (UEFA) pada tahun 1955. Salah satunya adalah perubahan nama dari European Cup menjadi UEFA Champions League (UCL) pada tahun 1957.

Kalau kamu gemar menonton UCL, kamu pasti sangat familiar dengan lagu menjelang laga liga champion, sebuah lagu dengan gaya orkestra yang total epic. Lagu yang mebuat kamu semakin berdebar menyaksikan final yang megah.

stickbob.com
stickbob.com

Nah, lagu tersebut disebut sebagai ‘lagu nasional’ atau lagu wajib liga champion. Lagu yang diaransemen oleh Tony Britten dengan adaptasi dari sebuah buku karangan George Frideric Handel, Zadok the Priest.

Nah, sebelum kamu tambah berdebar saya membayangkan keseruan laga final UCL, mari lihat beberapa rekor sepanjang masa di gelaran UCL. Mari kita mulai pertandingannya!

1All-time Ranking Club

bbc.com

Tentu saja kamu sudah tahu betul bukan siapa pemegang rekornya? Tepat sekali, Real Madrid. Klub yang pernah tampil gemilang dengan memonopoli 45 kali berlaga di UCL adalah sebuah rekor yang tak terbantahkan.

Lebih dari itu, setelah 12 tahun berhibernasi tanpa bangun memenangkan the big ear satu kali pun, tahun 2014 kemarin El Real menggenapkan rekor 9 kali juara UCL mereka menjadi 10 kali juara.

Inilah Los Galacticos. Deretan ‘bintang’ di alam raya semesta yang mengisi tim fenomenal, tak tertandingi, belum terkalahkan.

2All-time Player Appearances

itv.com

Siapakah pemain yang paling sering bermain di UCL? Kalau pertanyaan yang satu ini mungkin kamu tidak tahu jawabannya. Coba tebak dan buktikan apakah tebakanmu tepat.

Jawabannya adalah Xavi Hernandez, ia telah bermain sebanyak 157 kali dan terus bertambah karena hingga saat ini Xavi belum juga pensiun dan terus bermain untuk Barcelona.

3All-time Goalscorer

twitter.com

Pencetak gol terbanyak, siapa pemain pilihanmu? Tentu saja tidak akan jauh-jauh dari Real Madrid atau Barcelona. Dan jika jawabanmu jatuh pada Lionel Messi. Kamu salah.

Menurut catatan UCL 2014 / 2015, Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak. Lebih tipis satu gol dari Messi yang telah membuat gol sebanyak 77 kali sepanjang permainannya di liga champion.

CR7 memang seorang legenda hidup UCL, bersama dengan Messi, mereka dipastikan akan menjadi legenda besar dalam tahun-tahun selanjutnya.

4Biggest Two Leg Wins

thenational.ae

Kemenangan total babak knockout selalu menjadi sorotan yang menarik, telah banyak catatan tentang kemenangan dalam selisih tajam dan besar yang akan membuat kamu geleng-geleng kepala.

Namun, kemenangan Benfica atas Stade Dudelange pada UCL tahun 1965/1966 akan terus membuatmu tidak habis pikir. Bayangkan saja, di leg pertama Benfica memboyong 8 gol tanpa balas.

Lantas Benfica menambah porsi gol mereka menjadi genap 18 gol di leg kedua. Permainan tim yang mengerikan bukan?

5Longest Undefeated Run

unitedrant.co.uk

Nah, kamu mungkin sekarang bertanya-tanya tim manakah yang pernah mencetak rekor sebagai tim dengan catatan tidak terkalahkan terlama dan terpanjang sepanjang gelaran UCL.

Jawabannya bukan Real Madrid atau Barcelona. Jawabannya adalah Manchester United (MU). Tim besar asal Inggris ini mencatat 25 laga beruntun tanpa sekalipun kalah.

Rekor ini dimulai sejak UCL tahun 2007/2008 hingga tahun 2008/2009. Tragisnya, pada laga ke-26 yang sekaligus final tahun 2009, MU kalah 2-0 ‘tanpa perlawanan’ dari Barcelona.

Meski begitu, nasib buruk yang terjadi pada MU bukanlah akhir dunia bagi MU. Hal itu karena hingga saat ini rekor 25 laga tak terkalahkan yang diukir MU tidak pernah dipecahkan oleh tim lain.