Menjadi relawan tidak mudah. Misalnya saja, relawan bencana alam, relawan rumah sakit, relawan pendidikan di pedalaman, dan banyak lagi. Semua tugas relawan sangat berat dan kamu tak hanya butuh fisik yang sehat saja.

Kamu perlu mental yang kuat, dan masih banyak syarat wajib bila kamu ingin menjadi relawan yang sukses. Relawan sukses artinya kamu bekerja secara total dan optimal.

Nah, berikut ini ada 7 syarat yang wajib kamu penuhi sebelum kamu memutuskan menjadi relawan. Pekerjaan mulia itu harus diperankan oleh orang-orang yang kompeten dan berkualitas tinggi.

Jangan sampai kamu jadi anak muda yang setengah-setengah menjalani profesi sebagai relawan hanya karena tidak tahu pekerjaan macam apa ini.

Maka, untuk menjadi bagian dari orang-orang hebat itu, yuk pertimbangkan 7 hal di bawah ini sebelum kamu benar-benar memilih menjadi seorang relawan;

1Tanpa Pamrih

richardbistrong.blogspot.com

Jangan pernah meminta imbalan ketika kamu menjadi seorang relawan. Namanya saja relawan, maka semua pekerjaanmu tidak akan dibayar dan memang tak perlu dibayar.

Menjadi relawan berarti menjadi pekerja sosial, pekerja yang siap melayani masyarakat bila dibutuhkan sewaktu-waktu. Menjadi relawan artinya kamu merelakan diri melakukan sesuatu secara sukarela.

Konsep dasar relawan adalah membahagiakan orang lain dengan tenaga, dengan kontribusi dari dirimu langsung. Jika mengharapkan uang, maka bukan relawan namanya, tapi karyawan.

2Reputasi Penyelenggara Kegiatan

digitalqatar.qa

Sebelum kamu bergabung ke suatu komunitas atau organisasi kemasyarakatan yang fokus dalam bidang pelayanan masyarakat, maka ada baiknya (dan sangat dianjurkan) untuk mengecek terlebih dahulu latar belakang organisasi tersebut apa.

Jangan sampai kamu sudah terlanjur bergabung dengan sebuah organisasi atau komunitas yang ternyata hanya memanfaatkan tenagamu untuk mendapatkan keuntungan materi semata.

Telitilah sebelum memutuskan. Jika kamu menemukan adanya motif ganjil, maka segera saja tinggalkan. Cari komunitas atau organisasi lain yang lebih kompeten dan terpercaya. Masih banyak, kok.

3Atur Waktu

hawkassociates.co.uk

Kamu harus pintar-pintar mengatur waktu ketika menjadi relawan adalah pilihan utama. Jika kamu masih ada tanggung jawab pekerjaan kantoran atau yang lainnya, maka tetapkan skala prioritas dan menejemenlah waktumu dengan baik.

Pastikan bahwa semua tugasmu, semua yang kamu lakukan tidak ada yang terlalaikan, tidak ada yang tersisihkan dan ada yang dirugikan. Pastikan semuanya tuntas. Ingat, menejemen waktu, aturlah waktumu.

4Cari Kegiatan yang Sejalan dengan Passion

projects-abroad.org

Ada banyak kegiatan organisasi yang bergerak di berbagai bidang. Agar aktivitasnya bisa kamu jalani dengan enjoy, bahagia, dan ringan, maka carilah organisasi sosial yang sesuai dengan passionmu.

Misalnya, kamu suka sekali tentang dunia kesehatan. Maka bergabunglah menjadi relawan di organisasi seperti BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia), PMI (Palang Merah Indonesia) yang biasanya menerjunkan para relawan ke lokasi bencana di daerah-daerah.

5Perlu Komitmen dan Tanggung Jawab Besar

businesswire.com

Jangan pernah sepelekan pekerjaan ini dan jangan sekali-kali bekerja asal-asalan hanya karena kamu tidak mendapat bayaran. Menjadi relawan bukanlah menjadi pekerja yang hanya bermain-main saja.

Jam kerja yang fleksibel dan tidak terikat di satu ruangan, tapi soal hasil, relawan teap mendapat tuntutan yang sama dengan jenis pekerjaan apapun. Hasil terbaik.

Jelas, waktu dan tenagamu akan banyak terkuras. Kamu tetap bisa istirahat karena biasanya ada tenggat waktu tertentu untuk bergantian dengan relawan lain. Maka, jangan pernah meremehkan pekerjaan relawan karena tanggung jawabnya besar sekali.

Tentu tanggung jawab besar ini sangat sepadan dengan apa yang akan kamu dapati nanti; kebahagiaan orang-orang yang kamu bantu dan pahala pastinya.

6Antisipasi Berbagai Watak Manusia

projects-abroad.org

Menjadi relawan berarti sudah harus siap jika berhadapan dengan berbagai macam jenis karakter manusia di segala lapisan usia. Menjadi relawan harus siap bertemu orang baru.

Kuncinya adalah bersikap terbuka. Kamu akan mendapatkan banyak kenalan, relasi, yang sewaktu-waktu bisa saja mereka bergantian menolongmu disaat sulit.

7Siap Mendapat Manfaat Fisik dan Mental

stephaniemulac.com

Ada penelitian yang mengatakan bahwa menjadi relawan akan membuat hidupmu lebih sehat. Mengapa? sebab relawan bekerja tak mengharap imbalan. Mereka hanya terus memberi dan berbuat baik.

Nah, kebaikan inilah yang kemudian membuat hati menjadi lebih tentram, bahagia, dan menimbulkan rasa semangat untuk turut serta membahagiakan orang lain. Relawan merasa keberadaan dirinya begitu penting bagi orang lain.

Tertarik untuk bergabung menjadi relawan?