Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Salah satu faktor penting itu adalah tempat yang menjadi huniannya.

Tempat tinggal atau rumah banyak mempengaruhi hidup kita. Apakah kita produktif atau tidak, bagaimana ketenangan jiwa, tingkat emosional, kadangkala dipengaruhi oleh rumah yang kita tinggali.

Untuk itu rumah bagi manusia adalah prioritas yang paling penting untuk diperhatikan. Jika rumah sudah mulai menua, atap bocor di sana-sini, cat mulai memudar di banyak sudut, sebaiknya cepat-cepat untuk segera direnovasi.

Misal lagi keluarga yang mulai berkembang, butuh ruang atau kamar tambahan. Semisal dengan renovasi masih bisa memadai, nggak perlu repot dan boros untuk beli rumah baru kan?

nexthome.yp.ca
nexthome.yp.ca

Namun, jika menyebut kata renovasi rumah, yang terbayang lebih dahulu bagi masyarakat kita adalah biaya yang besar. Padahal tidak selamanya renovasi memakan biaya yang besar, tergantung pada konsep dan tujuannya.

Konsep dan tujuan juga menyesuaikan budget, jadi jangan khawatir biaya akan membengkak karena perhitungan di awal sesuai anggaranmu.

Nah, agar biaya renovasimu semakin hemat dan tepat sasaran, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa tips tersebut.

1Antara Konsep, Tujuan, dan Budget

membangunbersama.com

Sebelum membuat konsep renovasi, mana yang terlebih dahulu yang harus dilakukan, menetapkan tujuan atau budget? Ini pertanyaan yang tidak perlu dijawab karena keduanya adalah dua hal bisa disinkronkan.

Budget itu berdasarkan tujuan, dan tujuan juga berdasarkan budget. Semisal kita punya tujuan untuk menambah dua kamar tidur dalam renovasi rumah kita, maka kita akan menghitung budget. Jadi budget menyesuaikan tujuan.

Jika ternyata budget hanya cukup untuk satu kamar, maka tujuan digeser hanya menambah satu kamar karena menyesuaikan budget. Jadi tujuan juga menyesuaikan budget.

rodneyalexanderforcongress.com
rodneyalexanderforcongress.com

Nah, dalam renovasi rumah yang hemat berarti kamu harus menetapkan tujuan dengan benar. Berdasarkan tujuan diturunkan menjadi konsep renovasi, seperti berapa ukuran kamar, ventilasi, dinding, bahan material digunakan, dan sebagainya.

Dari konsep itu kamu akan tahu perkiraan kasar biaya dari renovasi tersebut. Maka lakukan penganggaran dengan memastikan ada sisa dana untuk biaya tak terduga.

Jika ternyata budget tidak mencukupi, maka siasati dengan hal seperti penggunaan material lama. Jika masih kurang juga, maka konsep harus berubah, semisal kamar tanpa harus kamar mandi dalam.

Semisal budget belum mencukupi juga, maka rubahlah tujuan renovasi, dari yang dulu menambah dua kamar, lalu menjadi satu kamar saja.

Dulu yang bertujuan menambah lantai untuk kamar baru, lalu diganti dengan membongkar gudang/garasi menjadi kamar baru.

2Pemilihan Bahan Material

rumahdijual.com

Mayoritas biaya tentu habis di bahan material. Maka jika kamu bisa hemat biaya material, maka pastinya akan memangkas biaya yang signifikan.

Kita dapat mempertimbangkan untuk memakai barang-barang berkualitas sedang atau sisa proyek pada bagian-bagian yang tidak terlalu riskan seperti misalnya keramik lantai, kayu-kayu, dan cat tembok.

Sedangkan untuk bagian seperti rangka atap, fondasi tempat tinggal, struktur bangunan, pipa air yang ditanam dan cat eksterior jangan tanggung-tanggung untuk memilih yang terbaik, karena menyangkut keamanan keluarga.

3Pembayaran Pekerja Renovasi

kontraktorinteriorjakarta.com

Ada dua macam pembayaran yaitu borongan dan harian. Sebaiknya untuk kamu yang sudah matang dan jelas dengan konsep renovasimu, pilihlah sistem borongan karena pembayaran ini akan lebih menghemat pengeluaran.

Tapi kalau konsep masih belum matang, dan memungkinkan banyak perubahan, baiknya dengan sistem harian. Soalnya dengan sistem harian tukang akan berada dalam kendali kita penuh, menyesuaikan keinginan kita jika ada perubahan konsep.

4Memilih Jadwal yang Tepat

membangunbersama.com

Tentukanlah waktu yang tepat untuk renovasi. Sebaiknya hindarkan melakukan perbaikan pada saat musim hujan karena tukang yang kamu sewa akan menemui kesulitan saat melakukan renovasi.

Mungkin penting untuk dipertimbangkan juga tentang kondisi ekonomi suatu waktu yang mempengaruhi harga material dan biaya tukang.

SHARE