Daging ayam adalah protein hewan yang merakyat dan dikonsumsi hampir seluruh rakyat Indonesia. Dibandingkan daging sapi, daging ayam jauh lebih murah sehingga terjangkau oleh dompet berbagai kalangan.

Olahan daging ayam yang familiar dan paling sering dikonsumsi bahkan hampir setiap hari adalah ayam goreng.

www.saimenbakery.com
www.saimenbakery.com

Dari warteg yang membandrol harga sepotong ayam goreng kurang dari Rp 10.000 hingga restoran yang memasang harga sampai Rp 100.000.

Masakan rumahan pun sangat akrab dengan ayam goreng. Jika keluargamu bosan dengan ayam goreng, tak perlu pusing memikirkan menyajikan protein hewani apa untuk keluarga.

kamu dapat memvariasikan cara memasak ayam dengan cara di bakar. Ayam bakar memiliki cita rasa manis dan disukai hampir semua orang bahkan anak-anak.

Selain itu, ayam bakar merupakan alternatif cara memasak yang dimana ayam lebih rendah kolesterol dibandingkan ayam yang goreng.

Ayam bakar biasanya dinikmati dengan membeli di warung makan. Namun, tak ada salahnya kamu mencoba memasak ayam bakar ala rumahan sehingga lebih terjaga kebersihan serta pemilihan bahan-bahan yang akan di masak.

Meskipun cara memasaknya lebih merepotkan, namun kerepotan tersebut terbayar oleh rasa puas dari keluarga-keluarga tercinta. Jika percobaan memasak ayam bakar pertama belum beruntung dan rasanya kurang pas, jangan mudah menyerah ya.

Ayam bakar madu lebih spesial dibandingkan ayam bakar biasa. Rasa khas dari madu berkolaborasi dengan legitnya ayam bakar semakin mengundang air liur.

Berikut ini cara memasak ayam bakar madu yang akan menggugah selera keluargamu.

1Siapkan Bahan-bahan

www.clairedunchen.blogspot.com

Bahan yang disiapkan yaitu 8 potongan ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, 4 lembar daun salam, 1 sendok teh jeruk nipis, 400 ml air, kecap manis, air asam jawa 2 sendok makan, lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, garam, madu, dan gula.

2Haluskan Bumbu-Bumbu

www.fajarrusandi4.blogspot.com

Tidak semua bumbu-bumbu di atas dihaluskan. Adapun bumbu yang perlu dihaluskan diantaranya bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabe merah keriting, ketumbar, jahe, garam, dan gula.

Kamu dapat menambahkan cabe rawit jika menyukai masakan pedas. Begitu juga dengan jumlah cabe yang digunakan.

3Persiapan Ayam Sebelum di Bakar

www.ahsanfile.com

Potongan ayam dilumuri dengan air perasan jeruk nipis kemudian didiamkan kurang lebih 20 menit. Ayam dilumuri kembali dengan bumbu halus sampai merata, kemudian didiamkan lagi selama beberapa menit.

Potongan ayam kemudian direbus bersama sisa bumbu halus dengan ditambahkan air secukupnya. Adapun perebusan ini bertujuan agar bumbu lebih meresap hingga ke dalam daging, tekstur daging lebih empuk, serta mematangkan daging.

Apabila daging sudah matang saat direbus, kamu dapat membakarnya tanpa perlu khawatir bagian dalam masih mentah sedangkan bagian luar sudah gosong.

Setelah beberapa saat masukan daun salam, kecap kental manis, air asam jawa, serta madu ke dalam panci perebusan. Aduk hingga merata.

Setelah air rebusan mulai surut, angkat potongan-potongan ayam tersebut kemudian tiriskan.

4Pembakaran Ayam

www.resepmasakanayam.com

Siapkan alat pemanggangan yang sudah dinyalakan bara api. Bakar potongan ayam hingga permukaannya mengering. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak gosong di salah satu sisi.

Setelah kering di semua sisinya, ayam bakar madu siap untuk dihidangkan.

Kamu dapat memanfaatkan momentum malam tahun baru atau malam-malam liburan lainnya untuk memanggang ayam bersama sahabat, teman lama, atau keluarga besar.

Sensasi mengipasi bara api memang sering bikin pegal. Namun, justru menambah rasa nikmat saat makan bersama orang-orang tercinta.

www.indonesianfoods313.blogspot.com
www.indonesianfoods313.blogspot.com

Terlebih lagi memakannya bersama nasi putih pulen dan hangat ditemani sambal terasi dan lalapan seperti timun, daun kemangi, dan kubis.

SHARE