Salah satu bahan pangan hewani yang memiliki kandungan protein tinggi adalah ayam. Selain kandungan gizinya yang luar biasa itu, ayam pun bisa diolah menjadi macam-macam jenis masakan.

Dengan modal rempah-rempah yang ada di negara kita ini, maka kita punya kesempatan untuk memperkaya cita rasa pada makanan yang kita buat, salah satunya masakan berbahan baku ayam.

duniainter.net
duniainter.net

Makanan berbahan baku ayam sangat bervariasi di negeri ini. Masakan berbahan baku ayam ini contohnya saja semur ayam, opor ayam, ayam goreng, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu pun perlu tahu ayam betutu dari daerah Bali.

Ayam betutu khas bali ini tentunya memiliki cita rasa yang lezat, karena penggunaan rempah-rempah yang digunakan ketika memasak. Kalau cita rasanya benar-benar lezat, pastinya bikin kamu pengen nyoba dong!

Daripada kamu harus susah-susah ke Bali untuk makan ayam betutu, bagaimana kalau kamu coba buat sendiri saja? Bahan dan cara membuatnya bisa kamu lihat di resep berikut ini!

1Bahan dan Bumbu untuk Membuat Ayam Betutu

lovingchinoo.wordpress.com

Supaya kamu bisa mempersiapkan apa yang harus kamu beli untuk membuat ayam betutu ini, sebaiknya kamu menulis bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan utamanya terdiri dari bahan-bahan berikut ini.

catatankecilku.net
catatankecilku.net
  • 1 ekor ayam (pilih yang masih segar)
  • 100 gr daun singkong muda (direbus dan diperas terlebih dahulu)
  • 3 sendok makan minyak goreng

Selain bahan-bahan utama, untuk membuat ayam betutu ini, kita pun membutuhkan bumbu-bumbu yang akan memberikan cita rasa khas dan lezat. Bumbunya terdiri dari bahan-bahan berikut.

resepolahankita.16mb.com
resepolahankita.16mb.com
  • 12 siung bawang merah yang telah dihaluskan
  • 4 butir bawang merah yang telah dihaluskan
  • Cabai merah yang sudah dihaluskan (banyaknya disesuaikan dengan keinginan)
  • 6 butir kemiri yang sebelumnya telah dihaluskan
  • 1 cm lengkuas
  • 4 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 5 cm serai
  • 1 sendok teh terasi bakar
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1/2 sendok teh pala
  • 2 cm kunyit
  • 2 1/2 sendok teh garam

Jika semua bahan telah disiapkan, maka setelah itu barulah kita masuk ke tahap pembuatan ayam betutu yang sebenarnya. Kamu sudah siap untuk mengikuti langkah-langkahnya? Jika sudah siap, langsung kita ikuti yuk!

2Cara Membuat Ayam Betutu

id.wikihow.com

Sebelum kita mulai membuat, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mencuci ayam yang akan kita masak. Pastikan jangan sampai ada sisa bulu yang masih menempel. Jika hal ini terjadi, pasti akan menghilangkan selera makan kita nantinya.

Setelah itu, kita lupakan sejenak mengenai ayam, yang perlu kita pikirkan sekarang adalah menghaluskan bumbu-bumbu. Haluskan bumbu-bumbu sampai benar-benar halus. Jika sudah halus, maka kamu bisa mencampurnya dengan tiga sendok makan minyak. Campur sampai merata.

resepmasterchef.com
resepmasterchef.com

Jika bumbu halus sudah siap, maka kita bisa mulai membalurkan bumbu ke seluruh permukaan tubuh ayam.

Oiya, kamu hanya perlu menggunakan sebagian bumbu saja, karena sebagian bumbu halus lainnya akan kamu campurkan ke daun singkong yang sudah kamu rebus tadi.

Nah, jika bagian permukaan ayam sudah semuanya dibalur dengan bumbu, maka langkah selanjutnya adalah mengiris bagian bawah ayam, yaitu bagian di antara selangkangan kaki ayam.

Jika sudah kita belah dan menghasilkan lubang, berarti ini waktunya untuk memasukkan sebagian daun singkong berbumbu ke dalamnya. Sebagian daun singkong lainnya kita gunakan untuk menutupi seluruh permukaan tubuh ayam.

a13-ita-017.blogspot.com
a13-ita-017.blogspot.com

Jika semua langkah sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengukus ayam dengan api yang tidak terlalu besar, sampai ayamnya matang. Setelah matang, maka kamu bisa melanjutkan dengan membakar atau memanggangya.

Ketika semua proses sudah terlalui, maka ayam betutu pun siap untuk dihidangkan. Dan setelah itu kamu akan merasakan sensasi makan ayam betutu khas bali yang sangat terkenal akan kelezatannya ini.