Enak, tidak terlalu mahal, dan mudah didapatkan, ditambah lagi mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh kita. Menjadikan ayam sebagai menu masakan favorit bukan hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia.

Ayam adalah hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia. Telah diternakkan dan dikonsumsi sudah dari ribuan tahun lalu.

Hingga abad ke-19, ayam masih dipelihara di rumah tangga, dengan tujuan untuk daging serta diambil telurnya. Pada akhir dari ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam industri, yang disebut ayam broiler.

supplierayamjogjaa.wordpress.com

Peningkatan produksi ayam seiring juga dengan peningkatan permintaan konsumen, apalagi dengan banyak restoran cepat saji dengan menu utama daging ayam.

Banyak sekali variasi masakan yang berbahan dasar ayam, mulai dari ayam goreng sampai dengan ayam berkuah. Atau ada juga masakan ayam dengan berbagai macam saus. Ada ayam saus kecap, saus tomat, saus padang, dan yang akan kita buat adalah saus mentega.

Ayam goreng saus mentega selain lezat, tentu banyak kandungan gizi juga di dalamnya. Daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Sedangkan mentega mengandung vitamin dan nutrisi seperti kalsium zat besi dan lain-lain.

Syaratnya tentu tidak mengonsumsi terlalu berlebihan, karena semua yang berlebihan cenderung tidak baik. Nah, buat kamu yang ingin mencoba sajian baru ayam goreng, kamu bisa membuat ayam goreng saus mentega dengan resep paling enak ini.

1Bahan:

  • 1 ekor ayam fresh yang sudah dibersihkan jeroan nya (silahkan di potong sesuai selera, tetapi sebaiknya per potong tidak terlalu besar sehingga bumbu bisa meresap)
  • 1 atau 1/2 jeruk lemon (tergantung ukuran jeruk dan ayam yang akan dibuat)
  • 1 sendok teh garam dapur (atau tergantung selera)
  • 3-5 siung bawang putih
  • 3 sendok kecil mentega
  • 1/2 bawang bombay
  • 2-2,5 sendok makan kecap manis
  • 2-2,5 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan kecap Inggris
  • Gula pasir secukup nya
  • 1/2 sendok teh merica bubuk (untuk anak kecil yang sama sekali tidak suka pedas, bahan ini bisa di hilangkan)

2Cara Membuat:

youtube.com

Untuk langkah pertama, lumuri 1 ekor ayam yang sudah dipotong sesuai selera dengan air perasan jeruk nipis yang sudah disiapkan. Lumuri ayam di atas dengan campuran garam dapur dan bawah putih yang sudah dicincang halus.

Kemudian aduk dengan rata dan pastikan semua bagian tercampur sempurna. Diamkan dulu selama beberapa menit (10-15 menit) sambil kita membuat saus menteganya.

Untuk saus menteganya, sebaiknya kita menggunakan api sedang untuk menghindari saus menjadi gosong. Panaskan wajan dan setelah dirasa cukup panas, beri sedikit minyak goreng dan masukan bawang bombay yang sudah di iris tipis-tipis.

youtube.com
youtube.com

Aduk terus sampai keluar bau harum dari bawang bombay nya. Setelah itu 3 sendok kecil mentega dimasukkan dan dicampur rata. Kecap Inggris, asin, dan manis dimasukkan berurutan lalu aduk lagi.

Setelah itu baru gula pasir secukup nya dan sedikit merica untuk yang suka rasa pedas.

Setelah semua bahan tercampur rata dan keluar aroma harum, wajan di angkat dan di ganti dengan wajan baru untuk menggoreng ayam yang sudah di lumuri bumbu di langkah pertama. Kasih minyak secukup nya dan gunakan api sedang.

youtube.com
youtube.com

Untuk masakan ayam saus mentega, sebaiknya ayam tidak di goreng terlalu kering sehingga aroma dan rasa saus nya terasa sampai ke dalam daging.

Siram saus mentega ke atas ayam secara merata. Apabila kamu suka dengan eksperimen dan menyukai masakan dengan citra rasa yang kuat, kamu bisa memasukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan yang berisi saus mentega.

youtube.com
youtube.com

Aduk selama kurang lebih 3-5 menit supaya bumbu saus lebih terasa sampai kedalam. Oke, mudah dan gampang kan cara membuat masakan ayam saus mentega? Kamu bisa memperbanyak komposisi bahan bumbu saus menteganya apabila diperlukan.

youtube.com
youtube.com