Seringkali kita merasa bosan dengan menu makanan sehari-hari. Oleh karena itu, kita perlu mencoba membuat menu masakan yang baru di rumah, hal ini perlu kita lakukan agar menu makanan di rumah menjadi lebih variatif.

cutemamashop.blogspot.com
cutemamashop.blogspot.com

Kira-kira, menu makanan apa ya yang disukai oleh anak-anak kita? Biasanya sih anak-anak suka sekali dengan ayam goreng tepung ala-ala fried chicken gitu. Tapi kalau beli di luar kan, kita tidak bisa menjamin proses pembuatannya seperti apa.

Oleh karena itu, mungkin ada baiknya kita mencoba membuat ayam goreng tepung sendiri di rumah. Tapi cara membuatnya gimana ya? Untuk tahu cara membuatnya, yuk kita lihat resep membuat ayam goreng tepung yang renyah dan gurih berikut ini!

1Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

masakanpraktisrumahan.com

Apakah kamu benar-benar ingin membuat ayam goreng tepung? Jika iya, maka kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu serta peralatan yang dibutuhkan untuk proses pembuatannya.

Kira-kira, apa saja ya bahan yang kita butuhkan? Kalau kamu benar-benar penasaran dan benar-benar ingin membuatnya, maka kamu perlu menyiapkan pulpen dan kertas untuk mencatatnya. Berikut, bahan-bahan yang kita butuhkan.

ayobergaul.blogspot.com
ayobergaul.blogspot.com

Bahan utama:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
  • 5 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
suherlin.com
suherlin.com

Bahan untuk Tepung:

  • Tepung kanji, 300 gram
  • Tepung terigu protein tinggi, 150 gram
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Nah, kalau semua bahan-bahan sudah kita siapkan, maka itu tandanya kita sudah siap memasuki langkah selanjutnya, yaitu proses membuat ayam gorengnya.

Oiya, saat memilih ayam, maka kita perlu selektif ya, pastikan ayam yang kita pilih adalah ayam yang segar. Jangan sampai kita membeli ayam yang sudah berlendir atau ayam tiren atau mati kemaren.

2Proses Pembuatan Ayam Goreng Tepung

tagorlubis.blog.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memotong ayam menjadi beberapa bagian. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan selera kita. Lalu setelah itu, kita pun perlu mencucinya hingga bersih, pastikan darah-darah di permukaan ayam terbilas dengan bersih.

Jika ayam sudah selesai dicuci, maka langkah selanjutnya kita bisa melumuri ayam dengan bawang putih, garam dan merica bubuk. Apabila ayam sudah kita lumuri semuanya, maka ayam tersebut perlu kita diamkan dulu, hingga bumbunya meresap.

Sambil menunggu ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi, maka kita pun bisa menyiapkan tepung kanji dalam sebuah wadah yang permukaannya datar.

Nah, setelah kira-kira bumbu meresap di ayam, maka kita bisa melanjutkan dengan menggulingkan ayam ke tepung kanji tersebut.

Setelah selesai menggulingkan ayam ke tepung kanji, maka setelah itu celupkan ke air es.  Baru setelah itu gulingkan ayam ke dalam campuran terigu, baking powder, bawang putih bubuk, garam, dan merica bubuk.

dapurcabi.blogspot.com
dapurcabi.blogspot.com

Saat menggulingkan ayam ke tepung terigu, maka aduk-aduklah dengan tangan hingga tepungnya menggumpal di permukaan ayamnya. Jika hal ini sudah dilakukan, maka celupkan lagi ayamnya ke dalam air es.

Proses menggulingkan ayam ke dalam tepung, perlu kita lakukan beberapa kali. Hal ini perlu kita lakukan agar tepung dapat menempel dengan baik di ayamnya. Jadi perlu kesabaran dalam membuatnya ya!

Jika semua langkah sudah kita lakukan dan ayam pun sudah ditutupi dengan gumpalan tepung, maka langkah terakhir adalah menggorengnya. Saat menggoreng, gunakanlah minyak yang cukup banyak dan goreng sampai kuning kecoklatan.