Ayam pop adalah sejenis olahan daging ayam ungkep yang dilumuri bumbu minimalis. Seorang tokoh yang berjasa mempopulerkan ayam pop ini yaitu Buyung M.Rizal.

Buyung M. Rizal sukses menjadikan ayam pop sebagai ikon makanan legendaris di Rumah Makan Family Benteng Indah Kota Bukittinggi.

Ketenaran ayam pop sudah mencapai enam dekade, terhitung sejak tahun 1963.

Peminat ayam pop tidak hanya masyarakat nusantara saja, tetapi juga turis asing yang bertandang ke Indonesia. Keunikan rasa dan nama besarnya mampu menarik hati mereka.

Warna ayamnya pucat, namun rasanya sangat gurih. Biasanya, ayam pop disajikan dengan sambal berwarna oranye. Ditambah tomat yang menciptakan cita rasa asam.

Jika ingin menikmati kelezatan asli ayam pop khas Bukittinggi, datanglah ke Rumah Makan Family Benteng Indah. Hanya dengan kocek 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa mencicipi gurihnya ayam pop.

Bagi yang belum bisa ke sana, jangan khawatir. Sekarang resep ayam pop dapat kamu akses melalui berbagai artikel di internet. Seperti ulasan berikut ini.

Soal rasa? Tidak kalah dengan masakan ayam pop di restoran. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan resepnya!

1Ayam Pop Tanpa Santan

dapurdyah.blogspot.com

Santan memang menjadi salah satu kunci menciptakan rasa gurihnya ayam pop. Namun, walau tanpa santan pun, ayam pop tetap terasa gurih. Ikuti resep ini kalau kamu termasuk yang tidak suka santan.

Siapkan bahan-bahan berupa ayam, sereh, daun salam, asam jawa, jahe, dan lengkuas. Buatlah bumbu halus dari bahan-bahan, seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan lada.

datab.us
datab.us

Langkah pertama untuk membuat ayam pop, yaitu menumis bumbu halus dan bahan-bahan lain kecuali ayam. Lalu masukan bahan yang ditumis tadi ke dalam rebusan air bersama ayam.

Proses ini disebut proses ungkep. Biarkan selama 30 menit sampai bumbu melesap ke dalam ayam.

Setelah selesai diungkep, goreng ayam hingga warnanya kecoklatan. Menggorengnya jangan sampai kering.

jejamu.com
jejamu.com

Jika proses penggorengan sudah dilakukan, sajikan ayam pop dalam piring. Kamu bisa menyantapnya dengan sambal apa saja sesuai selera kamu.

Selamat mencoba!

2Ayam Pop Sambal Santan

infosumatera.wordpress.com

Ini resep bagi kamu yang tidak alergi santan. Istimewanya, kalau pakai santan, rasa ayam pop akan makin menggigit.

Bahan yang harus kamu sediakan memang cukup banyak. Tapi, mudah dicari, kok.

Pertama, siapkan bahan-bahan dasarnya, yaitu ayam, parutan bawang putih, dan jahe, jeruk nipis, air kelapa, garam, dan penyedap rasa.

Kedua, siapkan bahan-bahan untuk sambal santan, berupa cabe rawit, cabe merah, tomat, bawang putih, santan, bawang merah, garam, dan penyedap rasa.

airtanganku.blogspot.com
airtanganku.blogspot.com

Cara membuatnya, pertama kali kamu harus melumuri ayam dengan jeruk nipis, bawang putih, jahe, garam, dan penyedap rasa. Diamkan ayam selama 15 menit. Kemudian, rebuslah ayam dengan menggunakan air kelapa.

youtube.com
youtube.com

Rebus sampai air kelapanya habis. Lalu, gorenglah ayam sebentar saja (warna kecoklatan) dan pindahkan ke dalam piring saji.

Sekarang, waktunya membuat sambal santan. Pertama, haluskan semua bahan-bahan sambal. Selanjutnya, tumislah bumbu halus dengan sedikit minyak goreng.

Tuangkan santan ke dalam tumisan. Tambahkan garam secukupnya dan sedikit penyedap rasa. Jika kamu tidak suka penyedap rasa, memakai garam saja sudah cukup asal takarannya pas.

Aduk-aduk sampai merata. Kemudian, diamkan hingga masakan mengental. Setelah itu angkat masakan dan masukan ke dalam mangkuk sesuai ukuran.

Nah, kini kamu sudah bisa menikmati ayam pop sambal santan dengan kelezatan rasa khas restoran.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, guys. Selamat berkreasi!