Ayam rica-rica adalah masakan nusantara asal Kota Manado. Penikmat kuliner yang satu ini cukup banyak. Masakan ayam rica-rica sudah tersebar hingga ke pelosok negeri.

Ada banyak cara memasak ayam rica-rica, misalnya dengan bumbu pedas atau bumbu manis. Kamu bebas memilih sesuai seleramu.

Cita rasa khas dari ayam rica-rica ini yaitu kaya akan rempah-rempah. Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas membuat masakan ayam rica-rica semakin lezat.

Kamu bisa mempraktekan cara membuat ayam rica-rica dengan resep di bawah ini. Yuk, ikuti petunjuknya!

1Ayam Rica-Rica Bumbu Pedas

youtube.com

Ini resep untuk kamu yang hobi makanan pedas. Bahan-bahan utama yang harus kamu siapkan yakni ayam potong, sereh dimemarkan, daun jeruk nipis, gula, garam, dan penyedap rasa (bila diperlukan).

Bahan untuk membuat bumbu halus, yaitu cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih. Haluskan bumbu di atas menggunakan blender atau diuleg.

fajarani.blogspot.com
fajarani.blogspot.com

Langkah pertama, bersihkan ayam yang sudah dipotong-potong lalu goreng ayam sampai berwarna setengah kuning atau setengah matang.

Kedua, tumis bumbu halus bersama gula pasir, garam, dan tambahkan penyedap rasa. Aduk-aduk bumbu tumis, kemudian masukan ayam goreng sambil diaduk hingga bumbu-bumbunya meresap ke dalam ayam.

Terakhir, tuangkan air secukupnya sambil memasukan sereh, jahe dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata dengan ayam. Jika sudah matang, angkat dan hidangkan. Tambahkan aksesoris dari daun jeruk dan cabai sebagai pemanis hidangan.

2Ayam Goreng Rica-Rica

resepcaramasak.com

Kalau tadi kamu sudah tahu resep ayam rica-rica bumbu pedas, sekarang saatnya mempelajari cara membuat ayam goreng rica-rica.

Caranya lebih gampang dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Kamu hanya perlu menyiapkan ayam potong, sereh, daun salam, bawang merah, bawang putih, daun pre, kemangi, dan daun jeruk.

Sementara bahan-bahan yang harus dihaluskan yaitu, kunyit, jahe, cabai merah, cabai rawit, gula, dan garam.

yummymakannyok.blogspot.com
yummymakannyok.blogspot.com

Sekarang mulai membuat ya. Pertama, kamu potong-potong ayamnya, cuci bersih dan rebus bersama daun sereh dan salam. Setelah empuk, angkat dan goreng ayam tersebut seraya menambahkan garam secukupnya.

Langkah berikutnya, setelah ayam goreng matang, iris-iris bawang merah dan bawang putih serta potonglah daun pre seluas 1 cm.

Irisan bawang tadi ditumis sampai harum. Lalu masukan sereh dan daun jeruk, sambil ditumis lagi hingga aromanya harum. Segera masukan ayam, daun pre dan kemangi ketika aromanya sudah tercium harum.

Tumis-tumis lagi sambil menambahkan garam dan gula seperlunya. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Ayam goreng rica-rica buatanmu sudah siap disantap. Bagaimana? Mudah bukan?

3Ayam Rica-Rica Bumbu Kuning

youtube.com

Memasak ayam rica-rica bumbu kuning hanya perlu waktu 25 menit, lho. Cocok untuk kamu yang hanya punya sedikit waktu untuk memasak.

Sediakan saja bahan-bahan utama, seperti ayam potong, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, laos, cabai, garam, lada bubuk, ketumbar bubuk, gula, penyedap rasa, serai dimemarkan, dan daun jeruk purut.

Hal pertama kali yang harus kamu lakukan yakni memotong dadu daging ayam yang telah dibersihkan sebelumnya.Kemudian, ayam diolesi bumbu dari garam dan gula lalu didiamkan. Setelah itu, kamu harus menghaluskan beberapa bahan.

Bahan yang harus kamu haluskan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, laos, dan cabai. Jika ingin cepat, bahan-bahan itu diblender saja.

Nah, langkah selanjutnya adalah menumis bumbu halus, serai dan daun jeruk.

Kalau aromanya sudah tercium harum, masukan ayam ke dalam tumisan, lalu tumis lagi. Tambahkan lada bubuk, ketumbar dan penyedap rasa, kemudian aduk sampai bumbunya meresap.

youtube.com
youtube.com

Sebaiknya tutup wajan sejenak dan diamkan sampai 10 menit. Setelah itu, angkat dan hidangkan ayam rica-rica bumbu kuning.

Soal rasa, pasti gurih, manis, dan lezat. Selamat mencoba, guys!