Semua pssti tahu dan suka dengan makanan yang satu ini. Biasanya penjual di jalanan juga khas dalam mempromosikan dagangan bakpaonya.

Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Disebut bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang merupakan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia.

Dalam bahasa Hokkian Pao artinya bungkusan, sedang bak itu artinya daging, jadi bakpao secara bahasa adalah bungkusan (berisi) daging. Namun, pada perkembangannya di Indonesia lebih banyak variasi isi bakpao yang tidak berisi daging, seperti coklat, dan keju.

Untuk kesempatan kali ini kita akan menghadirkan resep bakpao daging yang paling banyak digunakan dan disukai orang Indonesia, bakpao isi ayam. Simak baik-baik langkahnya dan selamat mencoba!

Resep Bakpao Ayam

Bahan-Bahan Bakpao:

  • Sama seperti membuat roti atau kue, bahan utama bakpao adalah tepung terigu. Pilih yang punya kadar protein rendah. Sediakan kira-kira 300 gram tepung yang benar benar halus (tidak ada gumpalannya).
  • Gula halus atau disebut juga gula tepung sekitar 100 gram.
  • Mentega putih kualitas bagus kurang lebih sekitar 30 gram.
  • Air putih secukupnya (kira-kira sebanyak 170-180 ml).
  • Ragi instan secukupnya (hanya butuh sekitar 8 gram).
  • Garam dapur beryodium kira-kira sebanyak satu sendok teh.
  • Baking powder kurang lebih sebanyak setengah sendok teh.
  • Tepung maizena kira-kira sebanyak 60 gram.

Bahan-Bahan Isian Ayam:

  • Siapkan bahan utama yang dibutuhkan, 180-200 gram daging ayam segar. Giling dulu daging ayamnya sampai halus agar mudah untuk memasaknya.
  • Daun bawang yang segar sebanyak 1 batang. Cuci bersih, potong dan iris kecil-kecil.
  • Bawang putih lokal ukuran agak besar sebanyak 2 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu.
  • Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas juga kulitnya dan haluskan supaya mudah dicampur dengan daging ayam gilingnya.
  • Gula pasir putih secukupnya (kurang lebih seperempat sendok makan).
  • Merica halus atau bubuk sedikit saja (kurang lebih seperempat sendok teh).
  • Garam beryodium kandungan yodium secukupnya (kira-kira sekitar setengah sendok teh).

Cara Membuat Bakpao

youtube.com
youtube.com

Untuk dapat membuat bakpao sesungguhnya cukup sederhana. Langkah pertama adalah ambil satu wadah yang cukup besar. Masukkan tepung terigu dan gula halus. Campur kedua bahan tersebut sampai rata.

Tambahkan dan masukkan tepung maizena, ragi instan dan setengah sendok baking powder. Aduk kembali semua bahan sampai benar-benar tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Tuang air dingin matang yang sudah dipersiapkan sedikit demi sedikit sampai habis sambil tetap diaduk menggunakan tangan atau biasa disebut juga diuleni. Pastikan benar-benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan-gumpalan.

youtube.com
youtube.com

Selanjutnya tambahkan garam dapur yang beryodium dan mentega putihnya. Aduk-aduk kembali menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata, lalu diamkan sebentar (kurang lebih sekitar 25-30 menit).

youtube.com
youtube.com

Ambil sedikit adonan bakpao diatas yang sudah didiamkan (kurang lebih sekitar 30 gram). Bulatkan adonan tersebut lalu diamkan lagi sekitar kurang lebih 10 menit.

youtube.com
youtube.com

Setelah didiamkan sebentar, adoanan tadi dipipihkan lalu beri isi seusai selera (lihat cara membuat isian bakpao ayam di bawah).

Bentuk adonan resep bakpao yang sudah diisi di atas menjadi bulat atau bentuk lain sesuai selera. Diamkan adonan yang sudah bersisi tadi sebentar (kurang lebih sekitar 25-30 menit).

youtube.com
youtube.com

Step terakhir kukus adonan bakpao tersebut dengan api sedang, sampai matang atau selama kurang lebih setengah jam.

youtube.com
youtube.com

Cara Membuat Isian Ayam

Selanjutnya adalah membuatnya isian ayam bakpao. Untuk membuatnya cukup sederhana pertama campur bawang putih halus, bawang merah yang sudah dihaluskan, garam dapur, merica halus, dan gula pasir.

Aduk dan campur semua bahan sampai rata. Masukkan dan campur ke dalam ayam gilingnya. Aduk lagi sampai rata baru daun bawang yang sudah diiris halus dimasukkan dan aduk kembali sampai semua bahan benar-benar tercampur dengan rata.

SHARE