Ibu-ibu atau siapapun juga, sekarang bisa dengan mudah menghasilkan makanan lezat dari rumahnya. Resep-resep masakan yang dapat dengan mudah didapat di media sosial mempermudah segalanya.

Makanan yang dulu dianggap susah membuatnya seperti bakso pun kini sudah mulai hadir dari dapur-dapur di rumah kita. Nah, dengan penyebaran informasi yang begitu cepat pun pada akhirnya tersebar pula variasi bakso.

tokopedia.com
tokopedia.com

Bakso yang awalnya kita kenal terbuat dari daging sapi, namun kini mengalami perkembangan. Orang-orang mulai membuatnya dari bahan lain, misalnya dari ikan dan ayam.

Wah! Ternyata bisa dibuat dari ayam ya? Bagaimana tuh cara membuatnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, langsung kita lihat saja yuk cara membuatnya!

1Bahan dan Bumbu Membuat Bakso Ayam

safiyhealty.com

Sebelum kita membuat masakan apapun, tentunya yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu adalah bahan dan bumbu untuk membuatnya. Karena judulnya kita mau membuat bakso ayam, maka bahan utama untuk membuat bakso ini adalah ayam.

Dalam resep ini, kamu perlu menyiapkan 500 gr daging ayam. Daging ayam yang kamu siapkan adalah daging ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya.

Pilihlah daging ayam yang masih segar dan berkualitas baik, kalau sudah ada bau atau lendir pada ayam, maka sebaiknya ayam tidak digunakan.

masmuiz.blogspot.com
masmuiz.blogspot.com

Setelah itu, bahan lain yang perlu kamu siapkan adalah air es sebanyak 125 ml yang nantinya akan kita gunakan untuk merendam bakso.

Siapkan juga minyak goreng, tepung maizena, gula, garam, kecap ikan, baking powder, kaldu bubuk, merica bubuk, dan baking soda.

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Nah, setelah bahan-bahan tersebut kita siapkan, maka saatnya memasuki tahap pembuatan bakso ayam. Setelah ini, maka yang perlu kamu lakukan adalah tenaga untuk membuatnya. Kita ikuti yuk langkah-langkahnya!

2Cara Membuat Bakso Ayam

bhellabhello.wordpress.com

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk membuat bakso ayam ini adalah menghaluskan dagingnya terlebih dahulu. Untuk memudahkan dalam proses menggiling, maka kita bisa memotong daging ayamnya menjadi potongan-potongan kecil.

yosaki.com
yosaki.com

Setelah daging ayam kita potong, barulah kita giling menggunakan blender atau pun food processor. Dalam proses penggilingan, jangan lupa untuk menambahkan air es sedikit demi sedikit, sampai daging ayamnya halus dan membentuk gumpalan.

Setelah daging ayam halus, maka langkah selanjutnya adalah mencampur bahan. Sediakan mangkuk berukuran agak besar, kemudian masukkan daging ayam halus yang diikuti dengan memasukkan gula, garam, kecap ikan, tepung maizena, dan baking soda.

Selain itu, masukkan juga baking powder, kaldu bubuk, minyak goreng, merica bubuk, dan air es yang masih tersisa. Aduk semua bahan sampai tercampur rata dan membentuk adonan.

Setelah itu adonan agak dipukul-pukul dan sedikit dibanting-banting agar seratnya saling menempel satu sama lain.

Nah, adonan yang sudah jadi tadi kita simpan dulu di dalam freezer selama kurang lebih tiga puluh menit. Jangan lupa untuk menutup wadahnya dengan plastik. Baru setelah itu kita masuk ke proses pembentukan bakso.

Cara membentuk bakso menjadi bentuk bulat cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan beberapa sendok adonan ke telapak tangan, kemudian biarkan keluar melalui sela-sela jari telunjuk dan jempol. Jika sudah keluar kamu bisa mengambilnya dan memasukkan ke air panas.

Jika semua adonan sudah berbentuk bulat-bulat, langkah selanjutnya adalah merebus bakso-bakso itu hingga matang. Tanda bakso sudah matang, bakso akan mengambang di atas permukaan air. Jika sudah begitu maka angkat dan tiriskan.

Sudah jadi deh bakso ayamnya! Bakso ayamnya mau diolah apa selanjutnya itu tergantung dari keinginan kamu. Selamat mengolah bakso ayam menjadi hidangan yang lezat!