ikobana.blogspot.com

3 Resep Bakso Ikan Kenyal dan Lezat

Posted on

Kamu pernah makan bakso ikan? Rasanya khas bukan? makanan empek-empek mungkin lebih mirip bakso ikan ini karena sama-sama terbuat dari ikan.

Sebenarnya, bakso ikan adalah makanan yang berasal dari Cina Selatan. Kalau di Indonesia, kalangan masyarakat Tionghoa yang biasa membuatnya. Dalam bahasa Mandarin, bakso ikan disebut Jyutping.

Makanan bakso ikan juga banyak ditemui di Jepang dan Skandinavia lho. Di Jepang, bakso ikan dikenal dengan nama surimi. Sementara di Skandinavia, bakso ikan terbuat dari cod atau haddock.

Coba bikin bakso ikan yuk, dengan beberapa resep di bawah ini.

Bakso Ikan Tenggiri

resepmasakan.com
resepmasakan.com

Resep bakso ikan yang pertama bahannya dari ikan tenggiri. Tapi, duri ikannya dibuang dulu ya, agar tidak mengganggu pembuatan. Tidak lucu kan kalau lagi makan bakso, tiba-tiba durinya nongol.

Berikutnya, kamu haru sediakan bahan lainnya, berupa bawang putih, putih telur, merica bubuk, air es, tepung tapioka, dan garam.

Untuk kuah, siapkan tetelan daging sapi dan tulangnya, air secukupnya, garam, merica, kaldu bubuk, dan sapi. Pelengkapnya bisa pakai bihun, tahu goreng, seledri, dan bawang goreng.

Langkah pertama untuk membuatnya, campurkan ikan, bawang putih, putih telur, merica bubuk, dan air es sambil diaduk menggunakan blender.

dapurulatbulu.blogspot.com
dapurulatbulu.blogspot.com

Masukan tepung tapioka dan garam ke dalam adonan pertama, lalu aduk lagi sampai merata. Jika bahan-bahannya sudah tercampur rata, matikan blender. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan seperti bakso.

Selanjutnya, masukan bulatan bakso ke dalam air mendidih. Tunggu sampai baksonya matang. Bakso yang sudah matang biasanya akan mengambang.

Sekarang, buat kuahnya baksonya. Caranya, rebus tetelan dan tulang sapi hingga empuk, lalu ambil kuahnya.

Tahap terakhir, tumislah bawang putih sampai warnanya kuning keemasan dan masukan ke dalam rebusan bakso. Taburkan kaldu bubuk, garam dan merica bubuk secukupnya. Masaklah beberapa menit sampai mendidih.

Cara menyajikan bakso ikan ini yaitu menata bakso dan kuah dalam satu mangkuk dan ditambahkan bihun, tahu goreng, seledri, dan bawang goreng.

Bakso Ikan Bandeng

mochamadpujiono.blogspot.com
mochamadpujiono.blogspot.com

Resep yang satu ini cocok untuk kamu penggemar ikan bandeng. Ternyata, ikan bandeng pun bisa dijadikan bakso.

Sediakan bahan-bahan berupa ikan bandeng, tepung sagu, bubuk jelly, bawang putih, garam, baking powder, air es, kaldu bubuk, dan merica bubuk.

Pertama, remukan daging ikan bandeng yang sudah kamu siapkan dan buanglah durinya. Setelah itu, daging ikan bandeng tanpa duri dihaluskan menggunakan blender.

bango.co.id

Jika selesai diblender, campurkan daging bandeng ke dalam adonan bawang putih halus, merica bubuk, jelly, tepung sagu, baking powder, dan garam.

Bahan tersebut diaduk-aduk sambil diuleni sampai kalis. Jangan lupa tambahkan sedikit air es. Adonan yang sudah kamu campur tadi dihaluskan lagi memakai blender. Baru sesudah itu dibentuk bulatan-bulatan kecil seperti bakso.

Seperti biasa, bakso ikan bandeng tersebut direbus ke dalam air panas hingga mendidih. Tandanya adalah bakso mengapung ke permukaan.

Enaknya sih, bakso ini disantap pakai saus tomat atau sambal. Rasanya pasti lebih menggigit.

Bakso Ikan Patin

ikobana.blogspot.com
ikobana.blogspot.com

Ikan patin mudah sekali dijumpai di sungai. Kamu bisa memancingnya sendiri lho, daripada membeli di pasar dengan harga yang lumayan mahal. Kamu juga dapat mengolahnya menjadi bakso ikan. Caranya gampang.

Siapkan saja bahan-bahan berupa filet daging ikan patin, bawang puith, merica bubuk, putih telur, air es, tepung tapioka, garam, dan kecap ikan.

Yuk, mulai mengolahnya. Pertama kali yang harus kamu lakukan yakni menghaluskan filet ikan patin bersama dengan putih telur, bawang putih, merica bubuk, dan air es. Adonan tersebut diaduk-aduk hingga rata.

Lalu, campurkan adonan pertama dengan tepung tapioka, garam, dan kecap ikan. Aduk kembali sampai adonan menyatu.

mariakitchen.wordpress.com
mariakitchen.wordpress.com

Kalau adonan sudah terlihat padat dan rata, ambil adonan beberapa bagian dan remas sampai membentuk bulatan.

Tahap terakhir jika adonan sudah terbentuk bakso semua, kamu masukan bakso ke dalam air panas. Masak sampai mendidih dan mengapung di permukaan.

Sajikan bakso ikan patin bersama saus, kuah bakso, atau sambal kecap. Rasanya pasti mantap!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *