Zaman serba cepat dan serba instan seperti sekarang, tentunya akan sangat repot kalau kita membuat panganan dengan bahan-bahan yang sulit didapat dan cara pengerjaan yang lama dan butuh banyak energi.

thefoodtag.com
thefoodtag.com

Tapi tentunya bukan asal cepat saja dong, yang kita cari. Kita juga butuh makanan yang lezat. Apalagi kalau lagi musim hujan. Bawaannya lapar mulu, jadi perlu stok cemilan atau makanan yang bisa mengganjal perut.

Nah, salah satu jenis makanan yang cukup mudah untuk membuatnya adalah batagor. Kamu tahu batagor nggak? Itu lho, makanan yang berbahan dasar tepung yang kemudian digoreng.

resep.lintaskota.com
resep.lintaskota.com

Kalau dijelasin tentunya akan sulit terbayang. Kalau kamu yang suka dengan batagor, pasti akan asyik kalau bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi cara buat batagornya gimana ya?

Untuk kamu-kamu yang pengen buat batagor sendiri di rumah, kita lihat dan praktekin yuk resep yang berikut ini!

1Bahan Membuat Batagor

id.pricepedia.com

Sebelum kita masuk ke proses pembuatan batagor, maka kita perlu menyiapkan bahan-bahannya dulu. Kalau nggak ada di rumah, ya terpaksa kamu harus beli dulu di toko kue. Bagaimana, siap untuk mencatat bahan-bahannya kan?

Untuk membuat batagor, kita memerlukan bahan-bahan. Untuk lebih jelas apa bahan-bahannya, bisa kita lihat di bawah ini.

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org
  • Daging ayam cincang sebanyak 150 gr
  • 3 sdm minyak wijen
  • Daun bawang yang dirajang halus, 1 batang
  • 5 buah tahu putih ukuran besar yang dipotong segitiga
  • 9 lembar kulit pangsit goreng
  • 6 sdm tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 150 gr ikan tenggiri yang dicincang halus
  • Garam

Selain bahan-bahan untuk membuat batagornya, kita pun memerlukan bahan-bahan untuk membuat sambal kacangnya. Bahan-bahannya bisa kita lihat di bawah ini!

gnrfoods.com
gnrfoods.com
  • 1 sdm gula pasir
  • 100 gr kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan
  • 125 ml air hangat
  • 4 buah cabe merah yang sudah disangrai dan dihaluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm cuka

Setelah kita menyiapkan semua bahan-bahannya, maka kita bisa mulai proses pembuatan batagor ini. Ikuti langkah-langkah pembuatannya yuk!

2Cara Membuat Batagor

id.aliexpress.com

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat adonan isi batagornya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mengocok telur, kemudian masukkan masukkan daging ikan dan ayam yang sudah dihaluskan.

Jika sudah aduk rata, lalu masukkan lagi minyak wijen, tepung tapioka, irisan daun bawang, dan garam. Setelah itu aduk sampai semua bahan tercampur jadi satu dan membentuk adonan yang lembut.

Jika adonan batagornya sudah jadi, maka kita bisa mengisikannya ke dalam tahu yang sudah dibolongi bagian tengahnya atau menggunakan kulit pangsit, seperti halnya membuat siomay.

sukamakansukamasak.blogspot.com
sukamakansukamasak.blogspot.com

Selain diisikan ke tahu dan dibungkus dengan kulit pangsit kita pun bisa menggoreng adonan begitu saja. Rasanya tetap enak kok, cuma bentuknya saja yang tidak begitu menarik.

Nah, jika langkah di atas sudah kita lakukan, maka kita bisa lanjutkan ke proses menggoreng batagor. Saat menggoreng batagor, usahakan menggunakan banyak minyak agar batagor matang merata sampai ke bagian dalam.

Selain menggunakan minyak yang banyak, kita pun tidak dianjurkan menggoreng dengan api yang besar, karena akan membuat lapisan luar batagor cepat gosong, sementara bagian dalamnya belum matang.

Jika kita lihat tahu dan pasngsitnya sudah berubah warna menjadi kuning kecoklatan, maka kita bisa mengangkat dan meniriskannya. Kita tunggu agak dingin, sambil membuat sambal kacangnya.

Cara membuat sambal kacang sangat mudah, kita hanya perlu mencampurkan kacang yang sudah dihaluskan dengan bumbu lainnya, lalu disiram air panas dan diaduk rata. Setelah jadi, kita bisa siramkan di atas batagornya.