Hobi membuat kue memang bisa membuat hati ibu-ibu menjadi gembira dan penuh kebahagiaan. Terlebih lagi jika kue yang dibuatnya berhasil mengembang dengan sempurna dan tidak bantat sama sekali, rasanya seperti semua jerih payah terbayarkan.

Jadi, ketika ada acara keluarga ataupun arisan bersama teman-teman tak perlu pesan makanan di luar deh, semuanya bisa dibuat sendiri di rumah. Begitu juga saat ada acara ulang tahun, kue tart akan tersaji dengan manis untuk orang-orang tercinta.

Dari sekian banyak kue tart, sepertinya kue black forest tetap menjadi primadona untuk semua orang. Tampilannya yang begitu cantik pun membuat semua orang tak sabar untuk segera menikmatinya.

Kue yang berasal dari Jerman ini memang benar-benar menggoda. Tak ada seorang pun yang bisa menolak dan menghindar dari kelezatan kue terfavorit ini. Maka dari itu, kue ini pantas disajikan secara khusus untuk orang terkasih.

Bahkan, saat kamu sudah bisa membuatnya dengan baik, kue ini bisa kamu jadikan ladang penghasilan lho. Wah, lumayan juga kan? Nah, berikut ini adalah resep untuk membuat kue black forest yang nikmatnya bertubi-tubi.

1Bahan Utama

imeldatonny.wordpress.com

Kelezatan black forest pastinya didukung dengan bahan-bahan berkualitas yang digunakan untuk membuatnya. Jangan membeli bahan asal murah saja guys, kamu pun harus mempertimbangkan kualitasnya.

Maka dari itu, siapkanlah 60 gram coklat bubuk, 40 gram maizena, 100 gram tepung terigu dengan kualitas baik sebagai bahan keringnya. Lalu, 1 sendok makan emulsifier, 100 gram mentega, 200 gram gula pasir, dan 1/4 sendok teh ekstrak vanilla.

Untuk membuat kue black forest yang lembut, kamu memerlukan 8 butir telur ayam yang masih baru, agar nanti kuenya dapat mengembang dengan baik dan tidak bantat.

godshillcherries.co.uk
godshillcherries.co.uk

Bukan hanya bahan utama saja yang dibutuhkan untuk membuat kue black forest. Kamu pun perlu menyiapkan bahan pelengkap yang bisa mempercantik penampilan si black forest nantinya.

Sebagai bahan untuk membuat hiasannya, siapkan 500 gram krim kocok, 100 gram coklat batangan, 10 buah cherry merah dan 1 kaleng cherry hitam yang telah ditiriskan dari airnya.

2Cara Membuat Black Forest

www.dailymotion.com

Semua bahan yang diperlukan sudah siap, saatnya untuk membuat black forest tiba. Siapkan semua peralatan yang sekiranya kamu butuhkan untuk membuat kue ini, seperti wadah ukuran besar, pengayak, mixer dan sendok.

Langkah pertama, ayak terlebih dahulu tepung terigu, maizena, dan coklat bubuk. Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur merata. Setelah itu, siapkan 3 buah loyang yang diolesi margarin dan diberi alas kertas roti, sisihkan terlebih dahulu.

www.youtube.com
www.youtube.com

Selanjutnya, ambil wadah lain lagi dan kocok 8 butir telur bersama dengan gula pasir dan emulsifier hingga adonan mengental dan mengembang. Lalu, secara perlahan, masukkan tepung terigu ke dalam adonan telur dan gula sambil diaduk perlahan.

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, barulah masukkan mentega cair dan kembali diaduk hingga merata. Kemudian, tuangkan adonan ke dalam 3 loyang yang telah disiapkan dan masak dalam oven dengan panas 180 derajat celsius.

doenacooking.wordpress.com
doenacooking.wordpress.com

Masak kue kurang lebih selama 20-25 menit. Jika kue sudah matang, angkat dari oven, diamkan sebentar hingga agak dingin dan keluarkan dari loyang, sisihkan terlebih dahulu sampai kue benar-benar menjadi dingin.

Sembari menunggu kue menjadi dingin, ambil wadah dan mixer 500 gram krim kocok hingga kaku. Kemudian, serutlah coklat batang untuk nanti dijadikan sebagai hiasan. Apabila kue sudah dingin, saatnya untuk mulai menghias kue black forest.

parade.com
parade.com

Ambil satu lembar kue dan basahi dengan air cherry hitam, kemudian, olesi dengan krim kocok, lalu letakkan cherry hitam yang telah di belah dan tumpuk dengan kue berikutnya.

Untuk kue kedua, ulangi cara yang sama, yakni beri olesan krim kocok dan susun cherry hitam di atasnya, kemudian tumpuk dengan kue ketiga yang menjadi kue teratas. Pastikan kamu telah membasahi setiap kue dengan air cherry hitam.

idealkitchensink.in
idealkitchensink.in

Setelah selesai, tutup semua permukaan kue dengan menggunakan krim kocok dan hias menggunakan coklat batang yang telah diserut sebelumnya. Lalu, semprotkan krim kocok di atas kue untuk meletakkan cherry merah di atasnya.

Jadi deh, kue black forest yang cantik pun sudah siap untuk menjadi kejutan ulang tahun bagi orang terkasih di samppingmu.

SHARE