Indonesia memang tidak pernah kehabisan ide kuliner. Ada saja resep jitu yang membuat orang geleng-geleng kepala. Rasanya itu lho, bikin ketagihan.

Nggak percaya? Coba cicipi salah satu kuliner kue buatan Indonesia.

Namanya bolu gulung. Sejenis kue bolu yang dimasak dengan cara dipanggang. Biasanya berisi selai, krim, coklat, mentega, dan lain sebagainya.

Orang Indonesia terlalu kreatif. Bolu gulung yang biasa-biasa saja, bisa menjadi luar biasa. Bahkan kelezatan rasanya sudah diakui orang asing.

Kalau di Inggris, bolu gulung disebut Swiss roll, sedangkan di Amerika dikenal dengan nama jam roll atau jelly roll.

Kenapa dinamakan bolu gulung? Itu karena kue bolunya berbentuk gulungan.

Sewaktu masih panas, kue harus segera digulung agar bentuknya sempurna. Setelah dingin baru dibuka lagi dan dilumuri berbagai macam rasa krim atau selai.

Ingin membuat bolu gulung yang rasanya spesial? Resep di bawah ini akan membantu kamu. Yuk, langsung simak ulasannya!

1Bolu Gulung Pelangi

catatansanti.wordpress.com

Bolu gulung yang satu ini akan mengingatkanmu pada warna-warni pelangi. Lupakan sejenak segala penat dan berkreasilah dengan membuat bolu gulung pelangi.

Sediakan bahan-bahan berupa telur, gula pasir, susu bubuk, maizena, terigu, mentega, SP merek TBM, dan butter cream.

Siapkan pula mixer di meja dapurmu. Lalu masukan bahan-bahan berupa telur, TBM dan gula pasir ke dalam mixer. Kocok ketiga bahan tersebut menggunakan mixer.

Langkah berikutnya, campurkan terigu, maizena, dan susu bubuk menjadi satu sambil diaduk rata.

novitasarikusumadewi.wordpress.com
novitasarikusumadewi.wordpress.com

Jika sudah terlihat merata, masukan campuran bahan tersebut ke dalam mixer yang berisi adonan. Ingat, sebelumnya kecilkan speed mixer.

Kalau sudah nampak mengembang dan menyatu sempurna, matikan mixer. Kemudian, tuangkan mentega cair sembari diaduk rata memakai spatula.

Adonan tadi dibagi menjadi enam bagian. Masing-masing bagian diberikan warna yang berbeda-beda sesuai selera.

kuenya-najmina.blogspot.com
kuenya-najmina.blogspot.com

Misalnya, warna merah, kuning, hijau, ungu, biru, dan oranye. Setelah warnanya tercampur sempurna, masukan masing-masing adonan ke dalam piping bag.

Siapkan loyang yang dialasi kertas roti. Selanjutnya, tuangkan adonan dalam piping bag ke loyang dengan bentuk sesuai selera. Disarankan berbentuk serong tiap garis sampai ujung adonan.

Tahap berikutnya adalah mengukus. Adonan bolu gulung dikukus di dalam panci tertutup kurang lebih 35 menit.

Agar embun pada tutup panci tidak menetes, sebaiknya alasi dengan kain serbet.

Angkatlah adonan ketika sudah matang. Segera gulung adonan dalam kondisi panas. Bila sudah digulung, diamkan sejenak sampai agak dingin.

Langkah terakhir yakni membuka gulungan tadi dan mengolesinya dengan butter cream. Gulung kembali jika olesannya sudah merata.

Bungkus bolu gulung. Kamu boleh membuka dan memotongnya setelah beberapa menit.

Sajikan bolu gulung pelangi sebagai teman kopi atau teh di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa menghidangkannya untuk acara-acara tertentu.

2Bolu Gulung Teflon

resepcaramasak.com

Kamu tidak punya panci? Atau tidak mau ribet dengan oven? Bolu gulung teflon dapat kamu jadikan rujukan alternatif.

Bahan-bahan yang perlu kamu tidak terlalu banyak. Cukup sediakan gula halus, terigu, baking powder, vanilla, telur, butter yang dilelehkan, dan coklat bubuk.

Cara membuatnya lebih mudah dari bolu gulung sebelumnya. Pertama, kamu harus mengaduk rata semua bahan dalam wadah besar. Aduk semuanya sampai bertekstur tidak terlalu cair dan lengket.

Kalau adonanmu berhasil, ketika ditarik memakai spatula, adonan tidak akan terputus. Diamkan selama 4 menit setelah selesai mengaduk adonan.

Sambil menunggu adonan, panaskan teflon dan tuangkan sedikit minyak goreng.

ceritasofi.wordpress.com
ceritasofi.wordpress.com

Jika waktu sudah menunjukan jarum menit ke-4, tuangkan adonan ke teflon, lalu masak di atas api kecil. Jangan lupa, teflon harus ditutup.

Adonan bolu gulung yang sudah matang biasanya berwarna kecoklatan. Terlebih ditambahkan coklat bubuk, warnanya akan lebih pekat.

Yakin adonan bolu gulung telah matang? Segera angkat, gulung dan dinginkan. Kamu boleh menambahkan meses atau mengoleskan selai strawberry di sela-sela gulungannya.

vinosa.wordpress.com
vinosa.wordpress.com

Sekarang, bolu gulung teflon siap disantap. Selamat menikmati!

SHARE