Kuliner nusantara sungguh luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke terdapat ratusan makanan asli Indonesia. Dari aneka olahan nasi, lauk pauk, makanan ringan sampai olahan kue.

Salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal hampir di seluruh nusantara adalah kue bolu. Kue ini bahkan pantas disandingkan dengan makanan-makanan modern seperti cake dan bakery yang saat ini berkembang pesat.

www.corelita.com
www.corelita.com

Kue bolu biasanya dimasak dengan cara di kukus, oleh karena itu terkenal dengan sebutan kue bolu kukus. Kue ini biasanya di buat berwarna-warni seperti hijau, merah, biru pada bagian atasnya agar lebih menarik saat disajikan.

www.masteresep.com
www.masteresep.com

Warna dasar dari kue bolu kukus sebenarnya adalah putih. Hal ini dikarenakan adonan memang menggunakan gula putih sebagai pemanisnya. Namun ada juga kue bolu yang berwarna coklat atau sering disebut kue bolu kukus gula merah.

Kue bolu kukus gula merah memiliki keistimewaan tersendiri lantaran menggunakan gula merah pada campuran adonannya memberikan rasa yang lebih tradisional dan lebih terasa sangat Indonesia.

Seperti makanan-makanan lain yang menggunakan gula merah, rasa dari kue bolu lebih gurih dan lezat.

Ada beberapa orang yang berpikir dua kali untuk mencoba membuat kue bolu kukus. Jika salah teknik dalam pembuatannya, maka kue bolu tidak mengembang. Kue bolu kukus malah bantet dan tidak mengembang sesuai harapan.

Namun ketakutan ini sebenarnya tak boleh menghalangimu untuk mencoba belajar memasak kue bolu kukus. Kalaupun kemungkinan buruk terjadi, toh kue bolu masih tetap enak dimakan bersama keluarga tercinta.

Cara membuat kue bolu kukus gula merah sebenarnya cukup mudah, hampir sama seperti membuat produk cake dan bakery lainnya. Berikut ini resep bolu kukus gula merah yang legit dan lezat.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.youtube.com

Siapkan bahan-bahan seperti 250 gram tepung terigu, 250 gram gula merah, 1 sendok makan gula pasir, 2 buah kuning telur ayam, ½ sendok teh baking powder, ½ sendok teh soda kue, 200 ml air, dan 50 ml minyak goreng.

Gula merah sebaiknya telah diiris-iris halus.

2Buatlah Adonan

www.dearbarbie23.wordpress.com

Langkah pertama adalah panaskan kukusan di atas kompor. Sembari menunggu kukusan panas, ambil wadah yang bukan dari plastik untuk diberikan gula merah dan air bersih.

Panaskan wadah yang berisi gula merah di dalam kukusan sampai semua gula mencair. Setelah mencair, matikan kompor dan mulailah membuat adonan.

Di baskom yang cukup besar masukan tepung terigu sambil di ayak. Campurkan soda kue, dan baking powder. Saat memasukan tepung terigu, buatlah lubang di bagian tengahnya untuk dimasukkan kuning telur.

Aduk adonan dengan menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur merata. Tambahkan larutan gula merah sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus-terusan di campur menggunakan mixer berkecepatan rendah.

Setelah itu masukan minyak sayur ke dalam adonan sambil terus diaduk menggunakan mixer. Proses pencampuran memegang peranan yang penting dalam membuat bolu kukus yang mengembang dan lezat.

Bersabarlah dan jangan berhenti sebelum adonan benar-benar tercampur merata.

3Kukus dengan Menggunakan Kompor

www.shinhyoaeippeo.wordpress.com

Ambillah cetakan kue bolu kukus untuk kemudian diberikan kertas kue bolu seperti biasanya. Masukan adonan kue bolu kukus gula merah sampai wadah penuh.

Kemudian tatalah di dalam kukusan dengan rapi agar saat di kukus semua bolu dapat matang merata. Kukuslah adonan kue bolu dengan api besar selama kurang lebih 15 menit.

Gunakan tusuk gigi untuk mengecek apakah bolu kukus sudah matang dengan cara menusukannya ke dalam adonan. Jika saat diangkat tusuk gigi tetap kering berarti bolu kukus tersebut sudah matang.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.rasamasa.com

Setelah bolu kukus gula merah matang, angkat dari dalam kukusan. Tunggulah sampai beberapa saat sambil membuka kukusan agar kue bolu cepat dingin.

Saat sudah dingin, angkatlah kue bolu dari cetakan. Kue bolu kukus siap disajikan untuk keluarga tercinta. sajikan bersama teh hangat atau susu hangat di sore hari.

SHARE