Mungkin hampir semua orang Indonesia pernah mencicipi bolu kukus. Mudah membuatnya, murah harganya dan pastinya rasanya cocok di lidah kita.

Bolu sendiri berkembang di Indonesia semenjak masuknya tepung terigu dari luar nusantara. Itu karena bolu memang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan gula.

Kemungkinan besar bolu dan tepung terigu itu dibawa masuk pertama kali oleh bangsa Eropa. Cukup beralasan mengingat bolu sendiri sama persis seperti cake yang ada di Eropa.

Ada dua cara memasak bolu, dipanggang dalam oven dan yang kedua dikukus. Bolu kukus juga beragam jenisnya, mulai dari bolu kukus mekar, bolu kukus gulung, dan yang paling menarik tampilannya adalah bolu kukus pelangi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan resepkan cara membuat bolu kukus pelangi dengan rinci, agar kamu lebih mudah mencobanya di dapur. Ini dia resep membuat bolu kukus pelangi.

1Bahan

youtube.com
  • Bahan wajib bolu tentu adalah tepung terigu. Pilih tepung berprotein rendah sebanyak 50 gram saja. Pilih juga tepung yang berkualitas bagus dan tidak apek. Saring dan ayak sebelumnya, agar terhindar dari kotoran ataupun gumpalan tepung.
  • Telur ayam yang masih segar ukuran sedang sejumlah 4 butir saja.
  • Santan kental kira-kira 150 ml saja. Paling bagus memakai santan dari perasan buah kelapa supaya lebih legit. Kalau tidak ada bisa juga menggunakan santan instan merek favorit masing masing.
  • Cake emulsifier sebanyak satu sendok teh saja. Jangan terlalu banyak agar rasanya tidak berubah.
  • Gula pasir putih menjaidi bahan wajib bolu, kurang lebih sebanyak 150 gram-160 gram saja. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera manis masing-masing.
  • Pewarna makanan yang aman. Masing-masing warna kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja. Untuk pilihan warna, jumlah warna dan merek menurut selera masing masing.
  • Vanila bubuk untuk memberi aroma enak (tidak wajib, bisa dihilangkan tergantung selera).
  • Kertas roti untuk mengalasi loyangnya supaya mudah saat dikeluarkan dari loyangnya.

2Cara Membuat

youtube.com

Langkah pertama adalah membuat adonannya. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan gula pasir, cake emulsifer, dan 4 butir telur ayamnya.

Kocok ketiga bahan tersebut dengan mixer berkecepatan tinggi sampai benar benar tercampur sempurna, berwarna putih, dan mengembang.

Kecilkan mixer sampai kecepatan paling rendah lalu masukkan tepung terigu protein rendah nya sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dan aduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai tercampur sempurna.

Masukkan santan kentalnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata dengan adonan lain. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada adonan yang menggumpal lalu matikan mixer-nya.

youtube.com
youtube.com

Siapkan panci buat mengukusnya dan panaskan sampai airnya mendidih. Ambil dua wadah lagi yang ukurannya lebih kecil (atau lebih, tergantung berapa warna yang akan digunakan). Bagi adonan Bolu kukus pelangi di atas menjadi tiga bagian sama rata.

Ambil pewarna makanan yang sudah disiapkan sebelumnya lalu tuang di masing masing adonan. Aduk aduk tiap adonan dengan spatula sampai benar benar rata dan tercampur sempurna.

youtube.com
youtube.com

Ambil loyang yang akan digunakan dan beri alas kertas roti dibagian dan olesi dengan sedikit margarin supaya kue tidak lengket saat sudah matang dan mau diangkat nantinya.

Masukkan adonan pertama ke dalam loyang untuk lapisan dasar dan kukus kurang lebih selama 15 menit saja. Jangan lupa lapisi tutup panci pengukusnya dengan kain serbet supaya uap airnya tidak jatuh ke dalam adonan.

youtube.com
youtube.com

Setelah 15 menit, angkat dan tuang adonan warna kedua lalu kukus lagi. Ulangi sampai adonan ketiga.

Setelah semua adonan sudah masuk loyang, masak dan kukus kue bolunya lagi sampai benar benar matang dan tanak (kurang lebih sekitar 25 menitan). Potong bolu kukus menjadi banyak bagian, bolu kukus pelangi siap dinikmati.

youtube.com
youtube.com