vithresep.blogspot.com

Coba Resep Bolu Pandan yang Lezat Ini Yuk!

Posted on

Siapa sih yang nggak kenal kue bolu? Makanan yang memiliki rasa manis dengan tekstur mengembang ini. Kue bolu ini biasanya ditambahkan aneka macam perisa, sehingga memiliki keharuman dan cita rasa khas yang berbeda-beda.

Mungkin, karena cita rasanya yang bisa kita tambahkan sesuai keinginan kita, makanya kue bolu ini punya penggemar-penggemar setia. Padahal bisa dibilang, kue bolu adalah makanan yang sangat sederhana.

fiverosescake.com
fiverosescake.com

Nah, salah satu bolu yang cukup favorit juga dan sangat pas untuk menemani kamu minum kopi atau teh adalah bolu pandan. Baru mendengar kata pandan saja sudah kebayang harumnya yang semerbak ya! Tentunya akan enak sekali rasa bolunya.

Bagi kamu penggemar bolu pandan, maka akan sangat menarik sekali jika kamu bisa membuatnya sendiri. Caranya gampang kok, kamu tinggal ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

Bahan yang Dibutuhkan

tadikaabs.com
tadikaabs.com

Sebelum membuat bolu pandan ini, tentunya kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Kamu bisa lho menyimpan stock bahan-bahannya di rumah. Supaya kalau kemudian hari pengen buat lagi nggak usah repot-repot beli.

Oke, langsung aja yuk kita lihat bahan-bahannya. Jangan lupa siapkan buku dan pulpen untuk mencatat ya!

gejalasakit.com
gejalasakit.com
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Gula halus sebanyak 150 gram
  • Telur ayam berjumlah 6 butir
  • Mentega dengan berat 100 gram, kemudian dicairkan
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Air daun suji 1 sendok makan
  • Baking powder ½ sendok teh

Itulah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat bolu pandan ini. Mudah dan murah kan bahan-bahannya. Kalau bahannya sudah siap semua, maka kita bisa langsung eksekusi resepnya.

Langkah-Langkah Membuat Bolu Pandan

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Supaya kamu berhasil dalam membuat bolu pandan ini, kamu harus mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Jika tidak, maka bolu pandan yang kamu buat kemungkinan besar akan mengalami kegagalan.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan mangkuk ukuran sedang. Kemudian pecahkan telur ke dalamnya dan tambahkan dengan gula sesuai takaran pada bahan.

Setelah itu kocok keduanya menggunakan mixer hingga mengembang. Jika sudah mengembang, kecilkan kecepatan mixer, karena setelah ini kita akan mencampur tepung terigu dan baking powder.

Saat memasukkan tepung terigu, masukanlah perlahan-lahan, agar tepungnya tidak berhamburan. Aduklah hingga merata.

americanindonesian.com
americanindonesian.com

Langkah selanjutnya, kamu bisa masukkan air perasan daun suji dan pasta pandan, kemudian aduk lagi sampai warnanya merata.

Sampai di titik ini, maka adonan bolu pandan sudah selesai kamu buat. Sekarang saatnya menyiapkan loyang untuk memanggang.

Loyang yang kita gunakan untuk memanggang bolu pandan ini adalah loyang berbentuk bulat yang bagian tengahnya bolong. Sebelum digunakan, jangan lupa untuk mengolesi mentega dan diberi taburan tepung di loyangnya.

Hal ini kita lakukan agar bolu yang kita panggang nanti tidak lengket di loyangnya, sehingga dapat dengan mudah kita lepas dari loyang saat bolunya sudah matang. Kalau lengket, bolunya nanti bisa hancur.

buatresep.blogspot.com
buatresep.blogspot.com

Nah, sekarang saatnya kita memanggang adonan bolu pandan tadi. Caranya, masukkan adonan ke dalam loyang, lalu setelah itu kita masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius. Panggang kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit, maka kita keluarkan dari oven dan kita biarkan dulu sampai dingin. Jika sudah dingin, maka bisa kita keluarkan dari cetakan untuk kemudian kita potong-potong sebelum disajikan.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara membuatnya? Dengan begini kamu tidak perlu repot-repot ke luar rumah untuk membeli bolu pandan seperti ini, karena dari dapur kamu sendiri, kamu sudah bisa menghasilkan bolu pandan yang lezat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *