Selain merupakan surga kuliner, Indonesia juga merupakan surganya kue. Salah satu yang paling terkenal adalah kue bolu. Dan dalam artikel ini, kamu bisa belajar membuat resep bolu pisang panggang.

Dari sebegitu banyaknya kue bolu di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah kue bolu pisang. Di luar negeri kue bolu disebut cake dan sepertinya cake pisang tidaklah lazim karena buah pisang susah didapatkan di negara non-tropis.

ibnucookies.blogspot.com
ibnucookies.blogspot.com

Nah, jadi kue bolu awalnya memang bukan berasal dari Indonesia. Namun, karena akulturasi budaya, orang Indonesia melakukan modifikasi dengan menambahkan pisang pada cake. Jadilah kue bolu pisang.

Kalau kamu tertarik untuk membuat resep bolu pisang panggang yang enak, kamu harus membaca artikel yang satu ini. Berikut beberapa ulasan pada resep bolu pisang panggang.

1Kue Bolu

resepkuekering.org

Istilah kue bolu memang aneh, dari mana asal dan muasalnya memang tidak jelas. Namun hal yang pasti adalah bahwa yang dimaksud kue bolu di Indonesia adalah cake di luar negeri.

Selain dengan sebutan bolu, kue jenis ini juga kerap disebut kue tart di Indonesia. Selain bolu panggang, di Indonesia juga cukup terkenal kue bolu kukus. Dan inti dari pembuatan kue bolu sebenarnya adalah penambahan mentega pada adonan roti.

2Pisang

id.wikipedia.org

Karena membuat bolu pisang, tentu kamu akan membutuhkan pisang. Namun, pisang seperti apa yang harus kamu siapkan? Pisang jenis apa dan dengan tingkat kematangan bagaimana yang kamu butuhkan?

Pisang yang sering digunakan untuk membuat bolu pisang adalah pisang ambon. Pisang jenis ini juga disebut sebagai pisang cavendish. Pisang ambon lazim tumbuh di daerah tropis.

ahsanfile.com
ahsanfile.com

Mengapa digunakan pisang ambon? Tentu saja karena rasa pisang ambon yang enak dan pas untuk dijadikan adonan roti. Kamu harus memilih pisang ambon dalam keadaan matang yang pas, artinya tidak terlalu muda atau terlalu matang.

3Bahan Bolu Pisang Panggang

umisofie.blogspot.com
  • 150 gram tepung terigu
  • 6 butir telur
  • 5 sendok makan (sdm) susu bubuk krim
  • 150 gram gula halus
  • 150 gram margarin, cairkan
  • 2 buah pisang ambon, haluskan
  • 1 buah pisang ambon, potong-potong
  • ½ sendok teh (sdt) baking powder
  • 1 sdm ovalet atau emulsifier. Bahan ini berfungsi untuk pelembut dan penstabil adonan roti yang akan kamu buat nantinya.

4Cara Membuat Resep Bolu Pisang Panggang

dapurnya-mbak-endang.blogspot.com
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan cetakan kue bolu yang akan kamu buat.
  2. Olesi cetakan dengan margarin dan taburan tipis terigu hingga semua bagian loyang rata dibaluti oleh terigu dan margarin.
  3. Kemudian, campurkan bahan-bahan yang telah kamu siapkan seperti tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk dalam wadah tersendiri hingga tercampur merata.
  4. Siapkan mixer manual atau elektrik dan kocok telur pada wadah terpisah.
  5. Masukkan ovalet atau emulsifier pada wadah kocokan telur dan kocok terus menerus hingga terlihat mengembang.
  6. Masukkan campuran pisang ambon yang telah kamu haluskan sebelumnya ke dalam wadah berisi kocokan telur.
  7. Kocok hingga merata lalu masukkan terigu dan bahan kering lainnya secara perlahan.
  8. Kemudian, masukkan margarin yang telah kamu cairkan dan aduk adonan hingga terlihat merata sempurna.
  9. Jika adonan terlihat telah merata, tuangkan adonan pada loyang yang telah kamu baluti dengan olesan margarin dan taburan tepung terigu.
  10. Panggang adonan yang telah kamu masukkan ke dalam loyang hingga setengah matang.
  11. Keluarkan loyang dan taburkan irisan tipis pisang yang telah kamu siapkan.
  12. Terakhir, panggang hingga adonan bolu pisang panggang matang dan siap disajikan.