Bolu kukus merupakan jenis kue yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Kelembutan teksturnya disertai kemudahan dalam membuatnya, bolu kukus menjadi salah satu hidangan andalan di setiap momen.

Salah satu bolu yang banyak digunakan untuk perjamuan yakni bolu pisang. Sebenarnya, perbedaan bolu pisang dengan bolu lainnya hanya terletak pada bahan dasarnya. Pada bolu pisang ditambahkan buah pisang sebagai campuran bahan lainnya.

Alhasil, bolu pisang memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan bolu kukus biasa. Terlebih lagi jika kamu bisa membuat variasi bolu pisang. Misalnya saja, bolu pisang dimasak dengan cara dipanggang.

Bolu pisang cocok disantap bersama teh atau kopi di pagi hari. Boleh juga dihidangkan untuk acara ulang tahun, pesta pernikahan dan acara penting lainnya.

Bagi kamu yang ingin jadi wirausaha kuliner, bolu pisang ini sangat direkomendasikan. Selain unik, peluang bisnisnya juga besar lho.

Kalau ingin mencicipi bolu pisang buatan sendiri, resep di bawah ini dapat kamu coba. Yuk, simak seperti apa proses pembuatannya.

1Bolu Pisang Coklat

uninovi.wordpress.com

Varian bolu pisang pertama yakni bolu pisang coklat. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu telur, pisang, tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, margarin, dan air.

Cara membuatnya, pertama kali kamu harus mengocok telur dan gula pasir dalam mixer sampai mengembang dan mengeluarkan busa. Jika tidak punya mixer, kamu bisa pakai egg whisk.

dapurresepnusantara.blogspot.com
dapurresepnusantara.blogspot.com

Kemudian, masukan semua bahan kecuali margarin dan aduk-aduk hingga merata. Setelah semuanya menyatu dan rata, masukan margarin (harus cair) dan aduk lagi.

Adonan yang sudah kamu buat tadi dimasukkan ke dalam wadah atau pencetak kue. Boleh berbentuk bundar atau persegi sesuai selera kamu. Lalu, masukan wadah ke dalam panci pengukus yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Kukus adonan bolu pisang coklat selama 20 menit. Setelah 20 menit, angkat bolu dari dalam pengukus dan biarkan dingin terlebih dahulu. Ketika sudah dingin, taburkan gula pasir sebagai pemanis.

Sekarang, bolu pisang coklat sudah siap dihidangkan. Selamat mencoba, guys!

2Bolu Pisang Meses

bundagaluh.wordpress.com

Tidak hanya donat saja yang boleh bertabur meses, bolu pisang pun bisa dikreasikan dengan meses. Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan berupa tepung terigu, gula pasir, pisang, telur, baking powder, maizena, vanili, garam, meses, dan butter cream.

Pertama, buah pisang yang sudah kamu siapkan dihancurkan menggunakan garpu atau sendok. Langkah kedua, tepung terigu, maizena dan baking powder dicampur menjadi satu lalu diaduk hingga rata.

handokosaputra.wordpress.com
handokosaputra.wordpress.com

Selanjutnya, bahan-bahan berupa telur, gula, garam, dan vanili dikocok menjadi satu sampai mengembang dan tercampur rata.

Secara bertahap, masukan pisang yang sudah dihancurkan. Aduk lagi sampai adonannya benar-benar menyatu.

Adonan tadi dituangkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin. Kemudian, taburi tepung secara tipis saja. Dilanjutkan dengan tahap pemanggangan.

Panggang adonan sampai terasa empuk dan matang. Setelah matang, segera angkat dan dinginkan. Terakhir, lumuri bolu dengan butter cream dan taburkan meses di atasnya.

Rasanya? Pastinya manis dan gurih.

3Bolu Pisang Magicom

youtube.com

Kamu tidak punya pengukus dan pemanggang? Jangan khawatir. Magic com pun bisa kamu gunakan untuk membuat bolu pisang. Seperti biasa, sediakan bahan-bahan berupa telur, gula pasir, tepung terigu, pisang, soda, air, margarin, dan SKM putih.

Langkah pertama, kocoklah telur dan gula pasir sampai mengembang. Secara bertahap, masukan tepung terigu, soda, pisang, SKM putih, air, dan margarin lalu aduk rata.

harian.blogspot.com
harian.blogspot.com

Sebelum digunakan, olesi panci magic com menggunakan sedikit minyak goreng. Setelah itu, tuangkan adonan tadi ke dalam magic com. Kukus adonan selama 4-5 kali sampai matang.

Kalau sudah matang, segera angkat dan dinginkan. Boleh juga menambahkan butter cream atau meses sebagai pemanis tampilan.

Nah, sekarang bolu pisang versi magic com siap disajikan. Mudah bukan?

SHARE