Orang yang baru saja sembuh dari sakit biasanya mengkonsumsi bubur. Kondisi badan yang belum fit menyebabkan lebih nikmat memakan bubur daripada nasi. Selain itu bubur juga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

www.magic-doctor.blogspot.com
www.magic-doctor.blogspot.com

Seperti halnya nasi, bubur juga mengandung karbohidrat yang tinggi sebagai sumber tenaga. Ada beberapa jenis bubur yang biasa dihidangkan diantaranya bubur beras, bubur ayam, bubur kacang hijau, dan bubur jagung.

www.kiresep.com
www.magic-doctor.blogspot.com

Bubur jagung memang paling jarang disajikan diantara jenis-jenis bubur yang lain. Jagung adalah jenis palawija yang juga bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat beberapa wilayah di Indonesia.

Tanaman yang banyak tumbuh di dataran rendah ini sangat melimpah di Indonesia. Oleh karena itu harganya relatif murah dan terjangkau.

Jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat ini sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan terutama mencegah sembelit dan kanker usus.

www.istanasayurmini.yukbisnis.com
www.istanasayurmini.yukbisnis.com

Bubur jagung memiliki rasa yang istimewa. Rasa manis dari jagung manis yang digunakan berpadu dengan rasa gurih dari santan kelapa yang ditambahkan. Warna bubur jagung juga kuning alami tanpa pewarna buatan.

Proses pembuatan bubur jagung mudah. Berikut ini resep bubur jagung sehat dan kaya serat.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.tmd03081.blogspot.com

Jagung yang digunakan sebagai bahan utama adalah jagung manis, bukan jagung biasa. Jagung manis memiliki rasa lebih manis daripada jagung biasa. Selain itu kandungan pati jagung manis lebih banyak.

Sediakan jagung manis yang sudah di sisir sebanyak 400 gram. Jika kamu membeli jagung belum disisir, kamu dapat menyisir sendiri menggunakan pisau.

Beberapa bahan yang lain diantaranya 600 ml santan dari ½ butir kelapa, 100 gram gula pasir, 1/8 sendok teh vanili bubuk, ½ sendok teh garam, serta 2 sendok teh tepung sagu yang dilarutkan dalam 2 sendok teh air bersih.

Agar lebih sedap, tambahkan bubuk kayu manis. Ada juga yang mengganti tepung sagu dengan tepung maizena.

2Masaklah Bubur Jagung

www.qraved.com

Siapkan panci yang cukup besar untuk kemudian dimasukan santan, jagung manis, dan gula pasir. Masaklah sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan meletup-letup.

Selanjutnya tambahkan vanili bubuk dan bubuk kayu manis ke dalam panci. Aduk-aduk sampai merata.

Masukan tepung sagu atau tepung maizena sebagai pengental bubur. Sebaiknya masak dengan api sedang. Apabila bubur sudah mendidih dan meletu-letup, matikan kompor.

3Sajikan Selagi Hangat

www.vemale.com

Jika kamu mau menambah nilai gizi dan juga rasa gurih, berikan parutan keju di atas bubur jagung manis.

Sajikan di atas mangkuk bubur bersama segelas teh hangat atau susu coklat hangat. Bubur jagung yang di buat dengan cinta akan mempercepat pemulihan stamina sehingga dapat segera fit.

Namun, jika kamu penasaran dengan rasa bubur jagung, tak perlu menunggu ada yang sakit untuk membuat bubur jagung. Masaklah bubur jagung manis di akhir pekan untuk menikmati quality time bersama keluarga tercinta.

Agar menarik dan ada cita rasa yang berbeda, sajikan bubur jagung menggunakan daun pisang. Daun pisang dibentuk seperti mangkuk atau disebut pincuk. Nikmati bersama teh hangat sembari bernostalgia bersama suami.

Di wilayah Aceh ada juga makanan khas bubur jagung manis. Namun, dalam pemasakannya ditambahkan dengan mutiara yang biasanya berwarna kemerahan. Warna kuning dari jagung yang berpadu dengan warna merah mutiara sangat menarik.

Pada dasarnya resep bubur jagung di atas memberikan gambaran secara umum. Namun kreativitas dalam memasak tetap menjadi kebebasan untukmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here