youtube.com

Resep Bubur Kacang Hijau yang Empuk dan Mudah Membuatnya

Posted on

Bukan cuma makanannya aja yang terkenal, warung penjualnya juga terkenal lho. Di beberapa kota banyak yang akrab dengan istilah warung burjo, alias warung bubur kacang ijo.

Dari zaman dulu bubur kacang hijau memang banyak disukai masyarakat Indonesia. Pas lagi nggak mood makan nasi, dan pengen makan yang ringan-ringan, bubur kacang hijau jadi pilihannya.

farichatuljannah.blogdetik.com

Apalagi dengan kandungan gizi yang begitu sangat baik bagi kesehatan tubuh, pasti deh para ibu di rumah akan senang hati memasakkan bubur ini untuk keluarganya. Dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, asalkan tahu beberapa tipsnya.

Bagi yang pernah mencoba membuat bubur kacang hijau, mungkin ada yang kecewa dengan hasilnya yang tidak terlalu empuk. Faktor paling penting agar bubur kacang hijau jadi empuk adalah proses perendaman kacang hijau.

Kacang hijau direndam dengan air hangat paling tidak selama 2 jam. Dan tidak kalah penting menyaring kacang hijau, mana yang kualitasnya baik untuk dimasak atau mana yang harus dibuang.

Penyaringan itu bisa diketahui ketika kacang hijau ada dalam rendaman. Kacang yang mengambang dibuang saja karena tidak bagus untuk dimasak.

Selain itu, membuat kuah santan pada bubur kacang hijau sebaiknya menggunakan santan kental dari perasan kelapa langsung. Namun kalau memang tidak ada, santan instan tak masalah asalkan tidak terlalu banyak campuran airnya.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak baik-baik resep membuat bubur kacang hijau di bawah ini.

Bahan

  • Bahan utama yang diperlukan adalah adalah 250 gram kacang hijau yang kualitasnya baik dan tidak banyak kotorannya.
  • Gula merah atau gula jawa kira-kira sebanyak 350 gram. Iris tipis-tipis gula agar mudah larut dalam air nantinya.
  • Garam yang mempunyai kadar yodium sebanyak kurang lebih 1 sendok kecil (bisa ditambahkan kalau dirasa kurang).
  • Daun Pandan yang sudah dicuci bersih ukuran sedang sejumlah 4 lembar atau 6 lembar untuk yang kecil. 2 lembar untuk membuat santannya dan sisanya untuk campuran membuat bubur kacang hijau.
  • Jahe yang sudah dicuci bersih dan dikupas dengan panjang kurang lebih 2-3 cm.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 80-100 gram atau sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sekitar 2-2,5 liter air.
  • Bahan santan yang yang dibutuhkan adalah garam dan air secukupnya. Santan kental asli atau bisa juga mengunakan santan instan kurang lebih 200 ml.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

250 gram kacang hijau yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam panci berisi air hangat. Rendam kacang hijau tersebut kurang lebih selama 1.45 sampai 2 jam supaya butiran Kacang hijaunya empuk saat dimasak nantinya.

youtube.com
youtube.com

Siapkan air yang akan digunakan untuk memasak bubur kacang hijaunya. Masukkan kacang hijau yang sudah direndam dan masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai butiran kacang hijaunya empuk, merekah, dan matang.

Siapkan satu panci lagi dan beri air secukupnya untuk merebus bahan bahan pendukungnya. Masukkan gula merah yang sudah diiris tipis-tipis dan aduk-aduk sampai gula larut dan bercampur rata didalam air rebusan.

Saring rebusan bahan atau air gula di atas dan masukkan ke dalam panci yang berisi kacang hijaunya. Aduk aduk sampai kacang hijau dan air gulanya tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Masukkan 2 pcs daun pandan yang sudah disimpul, garam dapur, gula pasir, dan garam secukupnya. Tambahkan gula dan garam kalau dirasa kurang sedap. Tunggu sampai bubur matang sambil membuat santan.

youtube.com
youtube.com

Sekarang siapkan satu panci lagi dengan api kecil untuk membuat kuah santannya. Masukkan santan kentalnya dan beri sedikit air. Aduk-aduk sampai air tercampur dengan santannya.

Masukkan daun pandan dan garam secukupnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Aduk terus sampai mendidih dan jaga jangan sampai santan pecah.

indonesian-medan-food.blogspot.com

Untuk menambah sensasi hangat saat menyantapnya, lebih bagus menambahkan sedikit jahe dan gula merah jawa pada santan. Selanjutnya, tuang bubur ke dalam mangkuk saji, lalu siram di atasnya dengan kuah santan, sajikan.

youtube.com
youtube.com

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *