Keberagaman kuliner yang dimiliki Indonesia merupakan salah satu keunikan tersendiri. Terlebih lagi Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya, otomatis juga mempengaruhi kekhasan rasa dan aroma kuliner.

Kuliner khas Indonesia salah satunya adalah bubur. Banyak sekali jenis bubur di Indonesia, misalnya bubur ayam, bubur kampiun sampai bubur Manado. Di artikel kali ini, kamu akan dikenalkan dengan resep bubur Manado.

Bubur Manado atau tinutuan merupakan bubur yang berisi macam-macam sayuran, tidak mengandung daging dan biasa menjadi makan favorit di kalangan masyarakat Manado.

Ada yang bilang, bubur ini berasal dari Minahasa. Namun, kebanyakan orang mengenalnya sebagai bubur asli Manado. Sama halnya seperti bubur ayam, bubur Manado biasa disajikan ketika sarapan pagi atau saat acara tertentu.

Cara membuat bubur Manado tidak terlalu sulit. Bahkan ada beberapa resep sederhana yang bisa kamu praktekan di rumah. Daripada penasaran, simak ulasan resep di bawah ini.

1Bubur Oatmeal Manado

wikipedia.org

Sebenarnya sih, oatmeal ini tidak ada bedanya dengan oatmeal biasa. Tapi, karena olahannya seperti olahan bubur khas Manado, makanya ada rasa yang beda.

Oke, guys, catat bahan-bahannya ya. Cukup banyak sih, namun tidak sulit menemukannya.

Bahan-bahan yang mesti kamu siapkan yaitu oatmeal (boleh yang instan), bawang merah, bawang putih, sereh, daun salam, jagung manis, kacang panjang, ubi kecil, bayam, ikan asin, telur rebus, minyak zaitun, garam, dan lada.

fitmamarealfood.com
fitmamarealfood.com

Bahan-bahan yang harus kamu haluskan, yakni bawang merah dan bawang putih. Lalu ditumis dengan 1 sendok makan minyak zaitun sampai aromanya harum.

Tuangkan sedikit air, kemudian masukan sereh dan daun salam. Biarkan hingga airnya mendidih.

Setelah mendidih, masukan jagung, ubi (potong kotak-kotak) dan kacang panjang. Rebuslah bersama adonan pertama sampai masak dan empuk. Tambahkan garam, lada dan sedikit penyedap rasa.

youtube.com
youtube.com

Jangan lupa lakukan pengadukan sehingga oatmeal menjadi bubur. Bahan terakhir yang kamu masukan adalah bayam. Tapi, jangan masak terlalu lama. Angkat dan tiriskan setelah bubur masak. Selanjutnya, goreng ikan asin sampai kering.

Sajikan bubur oatmeal ke piring saji dengan menambahkan ikan asin, telur rebus, dan sambal terasi.

Selamat mencoba!

2Bubur Manado Praktis

staticflickr.com

Bahan-bahan untuk membuat bubur Manado ini memang cukup banyak. Namun, soal rasa, jangan ditanya. Pastinya mantap luar biasa.

Yuk, mulai rinci apa saja yang kamu butuhkan untuk menciptakan sepiring bubur Manado.

Bahan utamanya, yaitu beras, kangkung, kemangi, kacang panjang, jagung manis, dan labu kuning.

bankjim.com
bankjim.com

Bahan-bahan yang dihaluskan, yakni bawang merah, bawang putih, terasi, cabe rawit, garam, dan gula.

Prosesnya sama seperti membuat bubur oatmeal. Pertama, tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan sampai aromanya harum. Lalu tuangkan air secukupnya sambil memasukan sereh dan daun salam.

Masak hingga air mendidih. Nah, kalau sudah mendidih, masukan beras, jagung manis, labu (potong dadu), kacang panjang, dan kemangi.

aneka-resep-masakan-online.blogspot.com
aneka-resep-masakan-online.blogspot.com

Rebus lagi sampai semuanya empuk, setelah itu taburkan garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk sampai beras menjadi bubur. Terakhir, masukan kangkung dan masak sebentar saja.

Jika kangkung sudah terlihat agak layu dan warnanya hijau agak tua, segera angkat bubur dan hidangkan di dalam mangkuk atau piring. Sajikan bubur Manado bersama ikan asin dan sambal supaya rasanya semakin lezat.

Demikian tadi resep praktis untuk membuat bubur Manado. Saran penyajian, sebaiknya dinikmati ketika bubur masih hangat. Dijamin, lezatnya makin mantap.

Selamat mencoba!