Gaya hidup modern membuat semuanya dituntut serba cepat. Begitu juga dengan makanan. Kesibukan yang tiada henti mendesak semua orang mendapatkan makanan dengan cepat.

Alhasil restoran-restoran fast food ramai dikunjungi pada jam makan siang. Begitu juga dengan bunda yang menginginkan waktu cepat dalam memasak. Bumbu-bumbu instan menjadi pahlawan menyajikan makanan untuk keluarga.

www.yemek.com
www.yemek.com

Padahal bumbu instan dan makanan di restoran fast food sangat banyak mengandung MSG dan pengawet. Makanan ini tentu akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Di sisi lain, tubuh kita membutuhkan asupan sayuran hijau agar dapat menjaga keseimbangan metabolisme. Mau tidak mau bunda harus memasak makanan sehat dan bergizi sebagai cara mengungkapkan kasih sayangnya.

www.efektips.com
www.efektips.com

Kangkung adalah sayuran yang banyak disukai orang. Hampir tidak ada yang tidak menyukainya Membuat cah kangkung sebenarnya tak begitu membutuhkan waktu yang lama.

Kamu dapat membuat cah kangkung dengan cepat, sehat, sekaligus lezat. Berikut ini resep cah kangkung saus tiram.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.logvestagro.com

Bahan utama dari cah kangkung adalah 2 ikat sayur kangkung yang sudah dipotong-potong kemudian di cuci bersih.

Adapun bumbu yang diperlukan 2 sendok makan saus tiram, ½ sendok teh terasi udang, 100 ml air, garam secukupnya, bawang bombay ½ siung, bawang putih 2 siung, bawang merah 4 siung, cabai sesuai selera, gula secukupnya, dan lada halus secukupnya.

Untuk menumis kamu dapat menggunakan minyak goreng atau margarin.

2Masaklah Cah Kangkung

www.dinasomaniez.blogspot.com

Sebelumnya kupaslah bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Kemudian iris tipis-tipis ketiga bumbu tersebut. Adapun cabai juga dipotong-potong menjadi kecil-kecil.

Selain itu terasi sebelum dimasak akan lebih sedap jika di bakar terlebih dahulu.

Panaskan penggorengan dengan diberi minyak atau margarin secukupnya. Kemudian masukan irisan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabai ke dalam penggorengan. Aduk-aduklah sampai tercium aroma harum.

Masukan kangkung yang sudah di potong dan dicuci. Aduk-aduklah semua bahan perlahan-lahan. Tambahkan air bersih ke dalam penggorengan.

Kemudian masukan terasi bakar yang sebelumnya di iris tipis-tipis, saus tiram, dan sedikit bubuk merica. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Masukan garam dan gula pasir sebagai bumbu.

Setelah daun kangkung benar-benar layu, koreksi rasa dengan mencicipinya. Apabila rasanya masih ada yang kurang tambahkan garam atau gula untuk memperbaikinya.

Cah kangkung akan lebih sehat tanpa menggunakan MSG. Awalnya jika belum terbiasa memang aneh dan tidak enak. Namun jika lidah keluargamu sudah terbiasa maka tetap menikmati masakan tersebut.

3Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.asalmampir.wordpress.com

Pindahlan cah kangkung ke dalam piring saji. Cah kangkung akan menggugah selera jika disajikan bersama nasi putih, sambal terasi, dan lauk sederhana.

Memasak cah kangkung tidak terlalu lama bukan?

Rasanya pun juga lezat, tidak kalah dengan membeli di restoran atau warung makan sederhana. Memasak cah kangkung sendiri juga terjaga kebersihannya dan dijaga tanpa menggunakan MSG.

www.chefwidy.blogspot.com
www.chefwidy.blogspot.com

Sebenarnya memasak sayur tumis yang lain juga hampir sama. Mulai saat ini bunda harus mengorbankan sedikit waktunya demi menyajikan makanan sehat untuk keluarga.

Jika bunda sibuk, bunda dapat mengupas dan mengiris tipis-tipis bumbu-bumbu yang biasanya digunakan untuk menumis di akhir pekan. Bumbu tersebut diataranya bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Simpan bumbu-bumbu iris tersebut ke dalam toples terpisah dan dapat tertutup rapat. Kemudian masukan toples berisi bumbu ke dalam kulkas. Saat di hari aktif dan sangat padat agenda, bunda langsung bisa menggunakannya untuk memasak.

SHARE