Resep Cake Coklat Kue Muffin yang Disukai Seluruh Keluarga

ejdeejasmi.blogspot.com

Cake berkembang di Indonesia semenjak masuknya tepung terigu dari luar nusantara. Itu karena cake memang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan gula.

Kemungkinan besar cake dan tepung terigu itu dibawa masuk pertama kali oleh bangsa Eropa. Cukup beralasan mengingat berbagai macam sajian cake, baru ada di zaman kolonial Belanda.

Cake biasanya dimasak dengan dipanggang atau dioven. Soal rasa, paling disukai dan paling banyak digunakan adalah coklat sebagai bahan membuat cake. Cake coklat ini bisa kamu temukan pada brownies, kue muffin, cupcake, cookies, dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini cake coklat dari britania sedang ngetren di Indonesia. Setelah brownies dari Amerika, kini cake coklat muffin asal Inggris tengah digandrungi masyarakat Indonesia.

Bentuknya lucu, cara penyajiannya juga unik dengan menggunakan kertas-kertas bergambar lucu. Biasanya muffin di Indonesia menggunakan baking powder agar bisa mengembang.

Ingin tahu lebih lanjut cara membuat kue muffin? Berikut adalah resep cake coklat kue muffin yang rinci dan sederhana membuatnya.

Resep Cake Coklat Kue Muffin

youtube.com
youtube.com

Bahan-Bahan:

  • Sama dengan cake lainnya, membuat muffin juga membutuhkan tepung terigu sebagai bahan utama, siapkan kurang lebih 175 gram saja. Sebelumnya tepung di saring atau ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Gula pasir kualitas baik kurang lebih seberat 100 gram saja.
  • Telur ayam ukuran agak besar sejumlah 3 butir.
  • Baking powder untuk pengembang kue, siapkan kira-kira sebanyak 1-2 sendok teh. Gunakan baking powder yang masih baru dan fresh.
  • Coklat masak pekat kira-kira sebanyak 100 gram. Panaskan coklat sampai meleleh sebelum digunakan.
  • Coklat bubuk kurang lebih sebanyak 20 gram saja. Gunakan coklat bubuk kualitas bagus supaya hasilnya lebih enak.
  • Susu cair kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  • Margarin atau mentega kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Gunakan merek favorit dan panaskan sampai meleleh sebelum di campur dengan bahan lain.
  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil saja.
  • Chocochips secukupnya atau kurang lebih sebanyak 50-100 gram. Bisa dihilangkan atau diganti dengan kacang mete atau bahan lain sebagai penghias.
  • Cetakan cake muffin secukupnya.

Cara Membuat Resep Cake Coklat Kue Muffin

Pertama-pertama yang harus dilakukan adalah mencampur tepung terigu, baking powder, dan coklat bubuk yang sudah persiapkan sebelumnya dalam satu wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Sediakan satu wadah lagi dan masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan, garam dapur beryodium, dan gula pasir. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata dan gula benar-benar larut.

Pecahkan telur ayam dan masukkan ke dalamnya wadah kedua. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Gunakan campuran terigu di wadah pertama tadi dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan susu dan telur di atas, sembari diaduk-aduk supaya tercampur rata. Ulangi sampai campuran tepung habis dan semua bahan tercampur rata.

Tuang mentega atau margarin dan coklat pekat masak yang sudah dicairkan sebelumnya ke adonan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk.

Masukkan setengah bagian choco chips, kacang mete atau bahan tambahan lain sesuai selera yang sudah persiapkan ke dalam adonan di atas. Aduk-aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.

youtube.com
youtube.com

Ambil cetakan cake muffin yang sudah dipersiapkan di atas. Tuang adonan muffin coklat tetapi jangan sampai penuh. Isi kurang lebih sebanyak 2/3 bagian saja karena saat matang kuenya akan mengembang.

youtube.com
youtube.com

Taburkan sisa choco chips ke atas kertas cetakan muffin. Masukkan kue cake muffin ke dalam oven. Atur dengan suhu sekitar 170 derajat sampai 180 derajat celcius dan panggang sampai matang atau kurang lebih selama 18 sampai 20 menit.

Keluarkan kue muffin coklat panggang dari dalam oven setelah matang. Cake muffin coklat siap dinikmati.

youtube.com
youtube.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here