Membuat cake pada sebagian orang merupakan hobi. Saat seseorang sudah hobi, maka ia akan memasak cake dengan hatinya. Hasil dari cake yang lezat dapat memuaskannya sehingga ia kecanduan untuk membuatnya lagi di lain waktu.

Namun untuk sebagian orang, membuat cake adalah momentum yang mengecewakan lantaran hasil cake setelah diangkat dari pemanggangan tak sesuai dengan harapan.

Hasil yang biasanya membuat hati kecewa adalah cake bantat atau cake terlalu mengembang melebihi loyang. Membuat cake memang memerlukan ketrampilan khusus.

Jika kamu gagal, janganlah berkecil hati. Setidaknya produk cake gagal masih tetap enak dimakan oleh keluarga kecilmu. Kegagalan-kegagalan tersebut akan memberikan pengalaman dan pelajaran sampai akhirnya cake buatanmu berhasil.

Ada berbagai macam jenis cake di antaranya chiffon cake, cup cake, cake pandan, dan lain-lain. Ciri utama cake adalah tidak terlalu mengembang setelah di panggang.

de-briefme.com
www.de-briefme.com

Sebagai pemula, jangan membuat cake yang terlalu sulit dan terlalu banyak variasi. Contoh cake yang sulit dibuat adalah chiffon cake. Untuk pembelajaran, buatlah cake yang sederhana dan mudah seperti cake coklat.

Berikut ini resep cake coklat lezat yang menggigit lidah sehingga dapat kamu coba di rumah.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.doenacooking.wordpress.com

Bahan-bahan yang disiapkan adalah 5 butir telur, 200 gram tepung terigu, 1 sendok makan tepung maizena, 2 sendok makan susu bubuk, 100 gram margarin, 150 gram gula pasir, 1 sendok teh vanila, ¼ sendok teh garam, ¼ sendok teh baking powder, 1 sendok makan pasta coklat.

Adapun untuk tepung terigu tidak perlu menggunakan tepung terigu berprotein tinggi. Cukup gunakan tepung berprotein rendah karena cake tidak terlalu banyak mengembang seperti pada produk bakery yang mengalami proses fermentasi.

Agar lebih istimewa saat dihidangkan, kamu dapat menyiapkan beberapa bahan seperti susu kental manis, buah stroberi, dan keju.

2Buatlah Adonan Cake

www.doenacooking.wordpress.com

Langkah pertama untuk membuat cake adalah cairkan margarin diatas perapian kecil namun jangan sampai berubah bening. Kamu hanya cukup mencairkan sampai meleleh. Sisihkan margarin tersebut sambil menunggunya sampai dingin.

Di wadah lain pecahkan telur. Kocoklah bersama gula, vanila, garam, dan baking powder dengan kecepatan tinggi. Bersabarlah sampai campuran tercampur merata dan berubah warna menjadi pucat.

Kemudian tambahkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil di ayak. Aduklah menggunakan spatula dengan melipatnya dari bawah ke samping. Jangan berlebihan dalam mengaduk agar cake tidak bantat.

Setelah tercampur merata, masukan margarin yang tadi sudah dicairkan. Cara mengaduknya sama, yaitu dengan spatula lipatlah dari bawah ke samping.

Bahan yang terakhir dimasukan adalah pasta coklat. Aduklah sampai warna adonan sesuai selera. Jika kamu menginginkan warna coklat merata, aduklah sampai merata.

Jika kamu menginginkan masih ada bagian dari cake yang berwarna putih, maka tak perlu mengaduk sampai merata.

3Masukan Cake ke Dalam Oven

www.dapurnazwa.blogspot.com

Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Masukan adonan cake ke dalam loyang.

Pangganglah selama 30 menit dengan api bawah. Kemudian pangganglah selama 5 menit dengan api atas. Cek suhu pemanggangan sampai 150oC pada pemanggangan kedua.

www.ramanatafamily.wordpress.com
www.ramanatafamily.wordpress.com

Adapun kondisi pemanggangan dapat menyesuaikan oven atau pemanggang kompor yang kamu miliki. Cek kematangan dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi masih basah setelah diangkat, berarti cake belum matang.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.kuliner123.com

Setelah matang lepaskan cake coklat dari loyang. Potong kecil-kecil dan sajikan di atas piring saji kecil. Agar lebih menarik, sajikan dengan parutan keju, potongan buah stroberi dan ditambah susu kental manis.

SHARE