Cakwe / Cahkwe / Cakue / Youtiao tentu saja bukan berasal dari Indonesia. Dari namanya saja sudah bisa kamu tebak bahwa makanan ini berasal dari tradisi Tionghoa.

Jenis kue goreng yang satu ini memang sudah cukup populer di Indonesia. Kamu akan mudah menemukan penjual cakwe keliling di beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya.

Nah, sebenarnya apa dan bagaimana cara membuat resep cakwe? Baca artikel ini sampai selesai ya!

1Sejarah Cakwe

commons.wikimedia.org

Cakwe adalah bahasa orang Tionghoa yang berasal dari dialek Hokkian atau dialek yang dipakai orang Taiwan. Artinya ternyata sangat aneh, lucu, dan tidak terduga. Dalam dialek Hokkian, Cahkwe berarti hantu yang digoreng.

Pada zaman Dinasti Song di Cina, hidup seorang jenderal perag yang terkenal dan disegani banyak orang bernama Yue Fei. Sayangnya sang jenderal dikemudian hari dihukum mati oleh Kaisar Song karena fitnah yang diisukan oleh perdana menteri Qin Hui.

Rakyat yang marah namun tidak punya kuasa apapun akhirnya berinisiatif untuk membuat 2 batang kecil adonan dari tepung beras yang kemudian digoreng dan dimakan. Inilah simbolisasi kebencian rakyat kepada Qin Hui dan istrinya.

2Bahan Resep Cakwe

pioneersettler.com

Bahan-bahan yang kamu butuhkan diantaranya adalah 250 gram tepung terigu, ½ sendok teh (sdt) baking soda, ½ sdt baking powder, 1¼ sdt garam, 375 ml air, 1 siung bawang putih, 1 sdt gula pasir, ½ sendok makan (sdm) tepung maizena, dan minyak goreng secukupnya.

Bagaimana? Sederhana bukan bahan-bahannya? Nah, sebelum membuat resep cakwe, kamu harus tentukan dulu apa sambal cakwe selera kamu.

3Sambal Cakwe

lesmanachandraeka93.wordpress.com

Kamu bisa memilih sambal cakwe mainstream yaitu saus tomat. Atau kamu bisa menghidangkan cakwe dengan beragam sambal pilihan khas Indonesia. Bukan ide yang buruk bukan?

Kamu bisa buat sambal kecap, sambal kacang (sambal pecel), sambal terasi, sambal petis, sambal bajak, sambal lombok ijo, sambal bawang, sambal rawit, dan berbagai sambal lainnya.

Percayalah, cakwe buatan kamu dengan banyak pilihan sambal akan jadi yang terbaik. Jadi, sambal apa saja yang akan kamu hidangkan?

4Membuat Resep Cakwe

dapoeromih.com

Sekarang kamu bisa mulai membuat cakwe istimewa untuk keluarga. Pertama siapkan wadah adonan dan masukkan garam, baking soda, dan baking powder. Aduk hingga tercampur merata.

Masukkan tepung terigu dan aduk merata, pastikan terigu yang dimasukkan tidak timbul gumpalan. Kemudian, masukkan air sebanyak 200 ml dan aduk adonan hingga semua bahan tercampur dengan sempurna dan terasa kalis.

dapoeromih.com
dapoeromih.com

Diamkan adonan selama 20 menit. Kemudian aduk kembali adonan secara merata dari bagian pinggir ke bagian tengah. Pastikan adonan benar-benar telah rata, kemudian diamkan kembali selama 20 menit.

Ulangi proses mengaduk dan mendiamkan adonan di atas selama 3 hingga 4 kali. Pastikan adonan telah elatis dan dapat dibentuk memanjang seperti cakwe pada umumnya.

Beri sedikit minyak ke permukaan adonan, diamkan 1 jam. Kemudian masukkan adonan ke dalam plastik bersih, diamkan selama 3-4 jam. Keluarkan adonan dan gilingan dengan penggiling kayu.

resepkecilku.net
resepkecilku.net

Adonan yang tipis dapat ditarik hingga memanjang. Siapkan penggorengan dan pastikan minyaknya cukup banyak serta dalam kondisi panas. Goreng adonan cakwe hingga berwarna kuning kecoklatan.

Selesai, cakwe istimewa buatan kamu kini siap untuk disantap bersama keluarga dengan berbagai varian sambal yang menggugah selera. Mulai dari sambal cakwe seperti biasanya hingga sambal bajak khas masakan Jawa.

SHARE