pempeksetia.com

Resep Capcay Goreng Ini Akan Membuat Kamu Tiba-Tiba Bisa Memasak

Posted on

Supaya tubuh kita sehat, tentunya kita perlu memberi asupan yang seimbang buat tubuh kita. Asupan seimbang itu meliputi makanan empat sehat lima sempurna.

pondokibu.com
pondokibu.com

Jadi, walaupun setiap hari makanan kita bergizi, namun masih ada satu unsur saja yang tidak terpenuhi, tentunya tubuh kita pun akan mengalami dampak dari kurangnya salah satu nutrisi tersebut.

Contoh mudahnya, misalkan kita dalam seminggu nggak makan sayur nih, padahal kita udah makan nasi, daging, telur dan makanan lainnya. Pastinya sistem metabolisme tubuh kita akan protes kan?

Oh, tubuh bisa protes juga ya? Iya dong. Bukankah kalau kamu nggak makan sayur atau makanan yang mengandung serat, pencernaan kamu menjadi tidak lancar?  Oleh karena itu, makanlah sayur secara teratur dan diimbangi dengan makanan lainnya.

harianlampung.co.id
harianlampung.co.id

Nah, salah satu bentuk olahan sayur yang cukup menggoda untuk disantap adalah capcay goreng. Jadi walaupun namanya sayur, tapi jenis masakan yang satu ini tetap menggoda selera lho.

Oiya, selain rasanya yang lezat, capcay goreng pun mudah dibuat. Asal kita mengikuti panduan resepnya, kamu yang awalnya nggak bisa masak pun jadi mendadak bisa masak lho! Kamu nggak percaya? Kalau nggak percaya langsung kita lihat resepnya yuk.

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan

blog.eriknerum.com
blog.eriknerum.com

Buat kamu yang jarang banget ke dapur, kamu perlu tahu bahwa sebelum memasak kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya. Jangan dadakan ya, soalnya nanti bisa lupa saat memasak. Kalau kurang bahan dan bumbu kan jadi nggak enak.

Bahan-bahan untuk membuat capcay goreng ini apa aja sih? Bahan-bahan utamnya tentu saja sayuran. Tapi sayurannya apa saja ya? Sayurannya terdiri dari jagung muda, buncis, sawi, bunga kol, kapri, wortel, dan jamur kuping.

Nah, untuk sayurannya sendiri, sebenarnya bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Nggak harus sesuai dengan sayuran yang di atas juga bisa. Selain bahan utama, kita pun butuh bahan pelengkap dan bumbu-bumbu.

Agar rasa capcay yang kita buat menjadi enak serta lezat, maka kita pun perlu menyiapkan bumbu-bumbunya dan pelengkapnya. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat di daftar berikut ini.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org
  • 3 buah sosis yang sudah dipotong-potong
  • 5 buah bakso ikan yang dibelah menjadi empat
  • 200 g udang, sebaiknya dikupas kulitnya dan digoreng terlebih dahulu
  • 1 buah tomat merah yang telah dipotong-potong
  • 4 butir bawang merah yang sudah dicincang halus
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  • 1 butir bawang Bombay, iris tipis.
  • 2 batang daun bawang, potong dengan ukuran 1 cm
  • 2 cm ruas jahe yang sudah dimemarkan
  • 1 sdm tepung maizena untuk mengentalkan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bubuk merica
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap
  • 1 sdm tepung maizena
  • 50 ml air

Cara Membuat Capcay Goreng

resepmasakandapurarie.com
resepmasakandapurarie.com

Jika kita sudah menyiapkan bahan dan bumbunya, maka langkah selanjutnya adalah proses memasak bahan-bahan dan bumbunya menjadi capcay goreng. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mencuci semua sayuran.

Setelah sayuran dicuci, jangan lupa untuk memotong-motong sayurannya. Jenis potongannya diusahakan seragam untuk tiap jenisnya. Hal ini perlu dilakukan agar capcay goreng yang kita buat penampakannya cantik nantinya.

Langkah kedua, tumis bumbu-bumbunya terlebih dahulu sampai harum yang terdiri dari bawang putih, bawang merah dan bawang bombay. Setelah itu tambahkan potongan tomat dan jahe. Panaskan sebentar, lalu tambahkan air.

youtube.com
youtube.com

Langkah selanjutnya adalah memasukkan sayurannya, masukkan dari yang paling lama matangnya hingga yang paling cepat matang. Bisa dilihat dari tingkat kekerasan sayuran.

Jika sudah setengah matang lalu tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti sosis, bakso, dan udang. Setelah itu tambahkan merica, saos tiram, kecap, gula pasir dan garam secukupnya.

Bagian terakhir yang perlu dimasukkan sebelum capcaynya kita angkat adalah daun bawang dan larutan tepung maizena. Setelah diaduk dan ditunggu sebentar, baru setelah itu kita angkat dan kita sajikan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *