Capcay adalah masakan yang berasal dari Cina. Masakan Cina banyak yang menggunakan sayuran untuk dibuat semacam tumisan. Tumis sayur di Cina sangat banyak jenisnya.

Salah satu masakan sayuran khas Cina ya capcay ini. Kemudian dibawa oleh seseorang ke Indonesia dan populer di Indonesia sampai sekarang. Banyak penjual makanan pinggir jalan yang menyediakan menu capcay.

Capcay yang tersedia biasanya ada dua jenis. Capcay goreng dan capcay kuah. Untuk resepnya sendiri antara yang goreng dan kuah tidak berbeda. Hanya saja untuk yang kuah airnya lebih banyak.

kompasiana.com
kompasiana.com

Ada orang yang suka dengan capcay goreng dengan alasan bumbunya terasa lebih mantap dan kental. Dan untuk orang yang suka dengan capcay kuah beranggapan dengan adanya kuah menjadi lebih segar dan hangat.

Untuk rasa tergantung dari yang membuat dan bumbunya. Terkadang ada yang karakter bumbunya manis pedas ada juga yang rasanya cenderung asin gurih. Tinggal kamu pilih saja pedagang yang sesuai dengan lidah kamu.

Berikut cara resep cara membuat capcay goreng dan kuah bumbu khas Indonesia ala pedagang pinggir jalan.

1Bahan untuk Bumbu Capcay Kuah

abiummi.com

Siapkan 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu. Siapkan 4 siung bawang putih yang dicincang halus, 4 butir bawang merah yang dicincang halus, 4 sendok makan saus tomat, dan garam secukupnya.

Siapkan juga 4 sendok tepung sagu atau tepung maizena, lada halus secukupnya penyedap rasa sesuai selera, 2 sendok makan saus tiram, telur, 1 sendok gula pasir, dan kaldu ayam secukupnya.

2Bahan Utama Capcay

hypermart.co.id

Untuk bahan sayuran capcay tergantung selera. Bisa ditambahkan jamur dan jagung muda atau putren. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang wajib ada pada capcay.

wanderingdinda.com
wanderingdinda.com

Wortel iris serong tipis, kembang kol iris per kuntum, daun kol iris kecil, sawi putih iris kotak, daun bawang iris kecil, sawi hijau, dan tomat. Bisa ditambahkan ayam suwir dan juga jamur untuk menambah isian agar lebih enak.

Terkadang beberapa pedagang menawarkan capcay spesial yang ditambahkan bakso sapi, sosis, rempela dan hati ayam serta udang terkadang juga masuk dalam menu spesial.

3Cara Membuat Capcay

simomot.com

Siapkan wajan dan kompornya. Masukkan minyak goreng dan tunggu sampai panas. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Kemudian masukkan kocokan telur. Tambahkan daun bawang pada telur.

Potong potong acak telur sampai ukuran cukup kecil. Tambahkan sedikit minyak wijen untuk menambah aroma dan rasa. Masukkan bahan utama yang berupa sayur sayuran ke dalam wajan. Aduk bersama telur tadi.

Tambahkan saus tomat dan kecap sesuai selera. Kalau kamu penyuka makanan pedas maka dalam resep membuat capcay bisa kamu tambahkan sambal pedas. Campur sampai rata antara bumbu dan sayurannya.

youtube.com
youtube.com

Tambahkan sedikit minyak wijen dan kecap ikan untuk menambah aroma dan rasa capcay. Masukkan kaldu ayam sebagai kuah, tambahkan sedikit air bila perlu. Tambahkan garam dan penyedap rasa.

Cicipi rasanya apakah sudah atau belum, jika terlalu asin bisa ditambahkan gula pasir sedikit. Selanjutnya masukkan bahan tambahan seperti suwiran ayam, jamur, ati ayam, ataupun udang.

Masak sampai mendidih dan sayur sedikit lembek. Angkat bila sudah masak. Tambahkan bawang goreng supaya lebih enak.

4Perbedaan Resep Capcay Kuah dan Goreng

riosampoerna.blogspot.com

Untuk resep dan cara membuat capcay kuah dan capcay goreng tidak terlalu berbeda. Cuma sesuai namanya saja, untuk capcay kuah memang kuahnya lebih banyak. Sedangkan goreng kuahnya sedikit dan sangat kental.

Cara membuat capcay yang sudah dijelaskan di atas adalah capcay kuah atau rebus. Untuk capcay goreng tinggal mengurangi kaldu ayam kemudian diberi sedikit campuran air dan tepung sagu untuk membuat kental kuahnya.

SHARE