Adakah di sini yang sudah mengenal churros? Makanan yang katanya “donat” ala Spanyol ini mungkin belum terlalu familiar bagi beberapa masyarakat Indonesia. Jadi, churros ini adalah makanan ringan yang berbentuk lonjong dan bergerigi.

Dari segi rasa, churros memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Wah, pasti terasa enak kalau dimakan. Dari segi adonan, churros adonan pastry ringan yang umum dipakai untuk membuat kue sus bagi warga Indonesia.

Makanan ringan ini termasuk mengenyangkan lho, karena itu, churros pun bisa disajikan sebagai menu sarapan. Jadi,  pagi harimu akan lebih indah dengan ada churros yang ditemani dengan segelas coklat panas. Dijamin kenikmatan berlapis saat menyantapnya.

Benar saja jika banyak orang menyebut churros ini mirip dengan donat, karena churros memang dibuat dengan cara di goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan.

Nah, daripada kamu penasaran, langsung saya yuk,kita cari tahu bagaimana cara pembuatan churros ini.

1Bahan

bakeacake96.blogspot.com

Untuk membuat sekitar 25 buah churros, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini.

  • 250 ml air atau susu cair
  • 113 gram mentega atau margarin
  • 180 gram tepung terigu protein tinggi dengan kualitas baik
  • ½ sdt garam
  • 4 butir telur

2Alat yang Diperlukan

rumahkuyangkedua.blogspot.com

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah siap, jangan lupa untuk menyiapkan pertalan yang dibutuhkan.

  • Siapkan loyang datar yang biasa digunakan untuk memanggang kue kering. Jika tak ada bisa menggunakan nampan plastik. Taburi permukaannya dengan sedikit tepung dan ratakan.
  • Sediakan plastik berbentuk segitiga atau piping bag
  • Spuit kue berbentuk bintang dengan ukuran yang besar
  • Wadah ukuran besar
  • Panci
  • Gelas takar
  • Sendok
  • Mixer
  • Ayakan tepung
  • Wajan

3Cara Membuat Churros

fabrefaction.co.uk

Pertama-tama, ayak tepung terigu yang akan digunakan untuk membuat churros. Lalu, siapkan panci, kemudian masukkan air, mentega, dan garam. Masak hingga mendidih, setelah itu, kecilkan api hingga muncul letupan dan gelembung kecil.

Masak sambil terus diaduk hingga mentega menjadi larut. Kemudian matikan kompor. Masukkan tepung terigu yang telah diayak ke dalam panci berisi air dan mentega. Aduk menggunakan spatula dengan cepat hingga adonan menggumpal.

Hidupkan kembali kompor dengan nyala api kecil saja. Aduk terus sampai terbentuk gumpalan yang lembut dan kalis. Apabila adonan telah kalis, maka adonan tak lagi menempel pada panci.

Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam wadah dan kocok menggunakan mixer. Kocok adonan dengan kecepatan rendah guna membuang semua uap air yang terperangkap di dalam adonan.

Coba masukkan salah satu ujung jarimu ke dalam adonan, apabila adonan sudah tak terasa panas lagi, masukkan telur satu per satu ke dalam adonan. Jika telur dimasukkan ke dalam adonan yang masih panas, maka telur akan menggumpal dan matang.

Pastikan telur dikocok hingga merata dengan adonan sebelum menambahkan telur berikutnya. Kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan menjadi halus. Nantinya, adonan akan bertekstur lengket.

www.teropongbisnis.com

Lalu, masukkan adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga yang telah diberi spuit, jika tidak punya pakai plastik biasa pun boleh. Dorong adonan menggunakan spatula hingga masuk ke ujung.

Kemudian, semprotkan adonan ke loyang yang telah ditaburi tepung terigu. Bentuk memanjang. Lakukan hingga adonan habis. Masukkan loyang yang telah berisi adonan ke dalam freezer hingga menjadi beku, kurang lebih dua jam lamanya.

ohmydish.com
ohmydish.com

Sebenarnya, adonan churros bisa langsung di goreng ke dalam minyak panas, akan tetapi bentuknya kurang menarik jika disemprotkan begitu saja. Jadi, fungsi dari adonan churros yang dibekukan dalam freezer ini nanti akan membuatnya lebih cantik saat digoreng.

Setelah itu, siapkan wajan anti lengket dan panaskan minyak yang banyak dalam wajan tersebut. Jika minyak sudah benar-benar panas, maka churros sudah bisa digoreng dengan api sedang hingga berwarna coklat keemasan.

fabrefaction.co.uk
fabrefaction.co.uk

Masukkan saja churros sedikit semi sedikit, jangan sekaligus banyak. Karena churros akan menjadi mekar ketika digoreng nantinya. Angkat dan tiriskan churros yang telah matang. Lalu, gulingkan pada gula pasir yang telah dicampur dengan bubuk kayu manis.

www.youtube.com

Churros pun bisa dinikmati dengan menyajikannya bersama saus coklat. Sehingga, churros akan lebih nikmat dan lezat saat disantap nantinya. Bagaimana? Mudah bukan? Kamu bisa membuatnya menjadi cemilan baru untuk keluarga di rumah.

Selamat memasak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here