Cilok memiliki kepanjangan aci di colok. Makanan asli Bandung ini populer sabagai jajanan anak-anak SD dari zaman bahuela hingga sekarang. Harganya yang murah dapat dijangkau uang saku anak SD.

www.flickr.com
www.flickr.com

Namun, belakangan ini santer terdengar isu jajanan anak kurang sehat. Tak sedikit kasus keracunan anak-anak yang mengharuskan ia di rawat di rumah sakit. Cilok juga termasuk salah satu tersangkanya.

Jajanan anak kurang sehat ini dapat disebabkan terlalu banyak menggunakan micin dalam bahannya serta saus sebagai teman makan cilok tidak sesuai dengan standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bunda dapat membuat cilok rumahan sebagai camilan anak yang aman. Jangan khawatir, cara membuat cilok sangat mudah dan cukup sederhana. Berikut ini resep cilok sosis rumahan sebagai camilan aman untuk anak.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.felisblog.web.id

Bahan-bahan membuat cilok di antaranya 400 gram tepung kanji, 10 sendok makan tepung terigu, 2 siung bawang putih, ½ sendok teh merica, 3 batang seledri, 3 batang daun bawang, 500 ml air, sosis untuk isi, dan garam secukupnya.

Apabila kamu tetap ingin menambahkan penyedap rasa, tambahkan sedikit saja dan jangan terlalu banyak.

Adapun sosis yang digunakan untuk isi, gunakan sosis siap makan. Sosis juga dapat diganti menjadi daging ayam, daging sapi, maupun bakso sesuai selera.

Cilok akan lebih sedap saat dimakan bersama sambal kacang.

Berikut ini bahan untuk membuat sambal kacang 200 gram kacang tanah yang digoreng, 7 buah cabe rawit, 7 buah cabe merah, satu genggam asam jawa, 1 sendok teh gula pasir, dan garam secukupnya.

2Buatlah Cilok

www.mysweetcookiesdeci.blogspot.com

Pertama haluskan bumbu-bumbu berupa merica, bawang putih, dan garam. Masukan bumbu halus ke dalam air yang mendidih.

Campurkan tepung kanji, tepung terigu, irisan daun bawang, irisan seledri sampai benar-benar merata. Tambahkan air yang sudah bercampur dengan bumbu sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai adonan tercampur merata.

Bentuklah adonan menjadi bulat-bulat seperi cilok pada umumnya. Kamu juga dapat membuat cilok menjadi bentuk bintang, love, bulan, dan lain-lain menggunakan cetakan roti. Jangan lupa masukan sosis di dalam cilok.

www.missrisna.blogspot.com
www.missrisna.blogspot.com

Sembari membentuk adonan, rebuslah air bersih di panci sampai mendidih. Adonan cilok yang sudah terbentuk kemudian dimasukan ke dalam air mendidih. Cilok akan matang jika sudah mengapung. Angkat cilok kemudian tiriskan.

3Buatlah Sambal Cilok

www.inforesepsambal.xyz

Haluskan kacang tanah yang sebelumnya telah di goreng. Cabe merah dan cabe rawit di kukus sebentar agar lunak. Cabe ini kemudian dihaluskan menggunakan cobek.

Panaskan minyak untuk menumis cabe halus dan kacang goreng halus. Aduklah tumisan bumbu kacang sampai tercampur merata. Tambahkan asam jawa, gula pasir, dan garam secukupnya.

Buatlah sambal kacang dengan porsi banyak untuk persediaan dengan menyimpannya di kulkas.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.indonesianfoods313.blogspot.com

Sambal kacang sebelumnya diencerkan menggunakan air panas.

Sajikan cilok di atas piring dengan disiram sambal kacang. Jika kamu tidak mau ribet membuat sambal kacang, belilah sambal kacang siap santap. Kamu hanya perlu mengencerkannya dengan air panas.

Cilok juga dapat dinikmati bersama saus sambal. Pilihlah saos sambal yang aman di konsumsi yang sudah disertifikasi oleh BPOM maupun Halal MUI.

Kamu juga dapat membagikan cilok sosis kepada tetangga kanan kiri rumah. Siapa tau cilok sosis dapat meningkatkan kedekatan dengan tetangga. Bukankah tetangga adalah saudara terdekat?

Konon kata orang pagar mangkuk lebih kuat dibandingkan pagar besi.

SHARE