Resep Cumi Asam Manis yang Bakal Buatmu Ketagihan

urukyu.wordpress.com

Makanan olahan hasil laut atau seafood merupakan salah satu kegemaran dari banyak orang. Sebut saja cumi-cumi, hampir semua orang menyukainya. Makanan ini banyak sekali tersedia di beberapa rumah makan, mulai dari kaki lima hingga restoran.

Daging cumi-cumi yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan pun merupakan salah satu alasan mengapa ia cukup disukai. Selain itu, manfaat yang terkandung dalam cumi-cumi begitu banyak.

Cumi-cumi mengandung asam amino esensial yang penting bagi tubuh, protein yang dimilikinya pun tinggi. Cumi-cumi juga mengandung berbagai mineral baik seperti fosfor, kalsium, kalium, natrium, selenium, dan magnesium.

Nah, kandungan kalsium pada cumi-cumi akan berpengaruh besar bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang manusia serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis pada orang tua dan baik bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Karena begitu banyak kandungan yang diperlukan tubuh, pantas saja cumi-cumi disukai berbagai kalangan. Kamu termasuk salah satunya kan?

Jika kamu bingung ingin mengolah cumi-cumi menjadi hidangan seperti apa, olah saja cumi-cumi tersebut menjadi cumi asam manis. Sajian lezat yang akan membuatmu ketagihan karena cita rasa yang ditawarkannya begitu menggoda.

1Bahan Membuat Cumi Asam Manis

cverinda.blogspot.com

Untuk menyajikan hidangan yang lezat dan benar-benar bergizi, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berkualitas baik. Nah, untuk resep cumi asam manis ini, kamu sudah pasti memerlukan bahan utamanya, yakni cumi-cumi.

Siapkan lima ekor cumi berukuran besar kemudian potong sesuai keinginan. Kamu bisa memotongnya berbentuk bulat atau dibuat kreasi yang lain. Kemudian, siapkan pula 100 gram saus tomat botolan kesukaan keluargamu.

www.sabilulungan2.tk
www.sabilulungan2.tk

Jangan lupa dengan bumbu-bumbu lainnya seperti 2 batang serai yang digeprek, 3 siung bawang putih, dan dicincang halus, 4 buah cabai hijau kemudian diiris, 3 buah cabai merah, 2 sendok makan saus sambal, dan 2 batang daun bawang.

Kamu pun memerlukan 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok teh garam, ½ buah bawang bombay iris memanjang, 50 ml air bersih, dan minyak goreng untuk menumis.

Jangan sampai kamu melewatkan satu bahan pun untuk membuat cumi asam manis ini ya. Supaya rasa yang didapat pun maksimal lezatnya.

2Cara Membuat Cumi Asam Manis

urukyu.wordpress.com

Sekarang saatnya untuk mengolah semua bahan yang telah disiapkan. Langkah pertama, siapkan cumi-cuminya, lalu keluarkan isi perut dan bersihkan. Buang pula insang serta kantong tinta di dalamnya.

www.recklessabandoncook.com
www.recklessabandoncook.com

Kemudian, cuci bersih cumi-cumi dengan ½ sendok teh garam dan sisihkan. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis  bawang putih cincang dan bawang bombay. Masak hingga menjadi harum.

www.pinoyfooddelight.com
www.pinoyfooddelight.com

Lalu, tambahkan serai yang telah digeprek, cabai merah, dan cabai hijau. Tumis kembali hingga setengah matang. Masukkan cumi-cumi yang sudah bersih dan dipotong-potong. Masak hingga berubah warna.

yummymakannyok.blogspot.com
yummymakannyok.blogspot.com

Jika sudah berubah warna, tambahkan saus tomat dan saus sambal, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan air bersih, gula, dan garam. Aduk-aduk hingga sedikit mengental.

Saat saus sudah mulai mengental, masukkan irisan daun bawang dan masak kembali hingga matang. Matikan kompor dan cumi asam manis pun siap untuk dihidangkan.

Kamu bisa menyantapnya sebagai lauk dengan nasi hangat yang pastinya akan mengenyangkan. Rasa asam dan manis dari masakan ini pun akan membuatmu makin lahap saat menikmatinya.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya? Segera catat resep ini dan masaklah sebagai salah satu menu istimewa untuk keluargamu esok hari. Selamat memasak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here