Kemanapun perginya, masakan buatan bunda di rumah pasti bikin kangen berat. Seperti olahan cumi saus tiram yang lezatnya super duper kebangetan. Kamu pasti nggak akan bisa move on dari masakan bunda yang nikmatnya tak akan pernah terkalahkan.

Masakan yang dijamin bersih dan sehat, bumbu sesuai selera keluarga dan dimasak penuh cinta, pasti tak akan bisa tergantikan. Bunda memang juru masak nomer satu untuk keluarga terkasihnya.

Apalagi saat membuatkan cumi saus tiram kesukaanmu, bunda tentunya sangat hati-hati dan penuh ketelitian. Karena, memasak cumi-cumi gampang-gampang susah, membersihkannya harus benar dan memasaknya butuh waktu yang tepat.

Mau tau resep cumi saus tiram yang menjadi rahasia bunda? Yuk, intip bahan-bahan dan cara membuatnya di sini.

1Bahan Cumi Saus Tiram

arisi95.blogspot.com

Kamu tak perlu khawatir dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat cumi saus tiram ini. Bahannya mudah ditemui dan tak banyak kok. Bahkan, beberapa di antaranya sudah tersedia di dapurmu.

www.keralaayurveda.biz
www.keralaayurveda.biz

Kamu hanya perlu menyiapkan 1 kg daging cumi yang telah dibersihkan dari kotoran, satu buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya. Kemudian, siapkan juga satu ruas jahe dan memarkan, satu sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan air.

joriskitchenrecipebook.blogspot.com
joriskitchenrecipebook.blogspot.com

Untuk bumbunya, kamu memerlukan 4 siung bawang putih, 2 batang daun bawang, 1 buah bawang bombay, 3 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan saus tomat, 1 sendok makan saus sambal, 2 buah cabai merah besar.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan bumbu wajib setiap masakan, yakni merica bubuk dan garam, takaran secukupnya saja. Lalu, margarin yang akan digunakan untuk menumis dan air bersih.

2Cara Membuat Cumi Saus Tiram

ismailsunni.wordpress.com

Apakah semua bahan sudah tersedia? Kalau begitu, sekarang saatnya untuk mengolah si cumi menjadi masakan yang super lezat dan nikmat. Pertama-tama, siapkan wadah yang cukup besar dan masukkan cumi-cumi yang telah dibersihkan ke dalamnya.

Setelah itu, rendam daging cumi yang telah dipotong-potong sesuai selera dengan perasan air jeruk nipis yang sudah dicampur dengan sedikit air bersih. Rendam selama 20 menit untuk menghilangkan bau amis dari cumi-cumi. Sisihkan terlebih dahulu.

www.youtube.com
www.youtube.com

Selanjutnya, siapkan wajan dan margarin untuk menumis bumbu. Jika margarin sudah meleleh, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga layu dan harum. Lalu, masukkan cabai merah besar dan aduk-aduk sebentar.

Sekarang, barulah tambahkan saus tomat, saus sambal serta saus tiram ke dalam wajan. Aduk kembali dan pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Kemudian, tuangkan air bersih secara perlahan ke dalam wajan kurang lebih 125 ml.

ari3f.wordpress.com
ari3f.wordpress.com

Ambillah daging cumi yang telah di rendam dan masukkan ke dalam wajan. Masak hingga bumbu meresap ke dalam cumi dan air sedikit menyusut. Lalu, bumbui masakan dengan garam dan merica halus, aduk dan pastikan rasanya, sudah pas atau masih kurang.

Setelah itu, masukkan irisan daun bawang dan aduk kembali hingga tercampur rata. Selanjutnya, campurkan tepung maizena yang sudah disiapkan untuk mengentalkan kuah masakan.

Terus saja masak hingga daging cumi cukup empuk dan bumbu dan meresap dengan baik. Apabila sudah matang, cumi saus tiram sudah bisa disajikan ke dalam piring saji. Lebih nikmat disajikan dalam keadaan masih hangat.

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas pasti lebih nikmat jika disantap bersama dengan nasi hangat. Wah, nendangnya masakan bunda tak akan diragukan. Dan, ronde kedua alias “nambah” juga tak terhindarkan.

Selamat mencoba memasak di rumah.