Cup cake belakangan ini semakin populer saja. Padahal, cup cake tidak lebih dari kue bolu yang terbuat dari bahan dasar mentega, gula, terigu, telur, dan beberapa variasi bahan lainnya. Namun, keistimewaan cup cake tersebut tertuang dari rasanya.

Awalnya, cup cake dikembangkan pada abad ke-19 di Amerika. Asal mula nama cup cake sendiri karena wadah yang digunakan berukuran cup atau mangkuk. Hingga pada perkembangan selanjutnya menjadi kebiasaan menyajikan di dalam mangkuk.

Nama lain cup cake adalah kue angka. Mengapa? Karena ketika menakar bahan-bahan pembuatnya sangat mudah diingat yakni memakai perbandingan angka.

Contohnya, semangkuk mentega harus ditambahkan dengan 2 mangkuk gula dan 3 mangkuk tepung.

Cetakan cup cake yang tenar di abad ke-20 yaitu muffin tins. Kini banyak yang menggunakan cetakan tersebut untuk membuat cup cake.

Penasaran dengan kelezatan cup cake? Yuk, pilih salah satu dari resep berikut ini.

1Cup Cake Keju

alicevun.blogspot.com

Cup cake keju akan menjadi resep pertama yang kamu pelajari. Oke, sekarang siapkan bahan-bahan berupa butter, gula pasir, telur, vanili bubuk, susu UHT (plain), keju parut, tepung rendah protein (pilih kunci biru), dan baking powder.

Langkah pertama, campurkan tepung dan baking powder lalu ayak sampai merata. Langkah kedua, kocoklah butter, gula, dan vanili bubuk menggunakan mixer berkecepatan tinggi.

Jika telah mengembang lembut, masukan telur satu persatu dan kocok lagi. Setelah adonan mengental putih, tuangkan adonan tepung secara bertahap dan aduk lagi dengan mixer berkecepatan rendah.

Matikan mixer ketika adonan sudah merata dan menyatu. Lalu masukan keju parut sambil diaduk. Berikutnya, tuangkan susu cair dan aduk lagi sampai adonan menyatu.

pinoycookingrecipes.com
pinoycookingrecipes.com

Selanjutnya, adonan dituangkan ke dalam cetakan cup cake dan taburkan keju parut di setiap adonan. Tahap terakhir yakni memanggang adonan di dalam oven selama kurang lebih 20-30 menit.

Kalau adonan telah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan sebentar. Mudah bukan?

2Cup Cake Chocochips

blog.foodessfeast.com

Cup cake banyak varian rasanya. Salah satu varian rasa yang banyak digemari adalah cup cake chocochips.

Untuk membuat cup cake chocochips sederhana, kamu hanya perlu menyediakan gula pasir, terigu, vanili, margarin cair, telur, coklat bubuk, susu coklat, soda kue, dan chocochips.

Pertama, kocoklah gula dan telur hingga berwarna putih pucat dan halus (boleh pakai mixer atau wisk). Lalu masukan terigu, coklat bubuk, dan susu. Aduk rata sampai adonan mengental.

Langkah selanjutnya, campurkan margarin, soda kue dan tambahkan tbm secukupnya sambil diaduk rata. Kemudian, tuangkan semua adonan ke dalam cetakan dan taburkan chocochips di atasnya.

createdby-diane.com
createdby-diane.com

Kukuslah adonan selama 20 menit dan tutup menggunakan kain agar adonan tidak terkontaminasi air. Setelah matang, angkat dan sajikan.

3Cup Cake Tanpa Mixer dan Oven

livestrong.com

Ini tips membuat cup cake simpel buat kamu yang tidak mau repot dengan mixer dan oven. Terus pakai apa dong? Iktui saja yuk, langkah-langkahnya.

Pertama, jelas kamu harus siapkan bahan-bahan berupa telur, gula halus, terigu, margarin, coklat bubuk, baking soda, baking powder, susu coklat, dan vanili.

Langkah kedua, aduklah telur dan gula menggunakan wisk agar hasilnya lebih lembut. Ketika gula terlihat sudah larut dan warna adonan berubah putih pucat, segera masukan terigu, vanili, coklat bubuk, dan susu lalu diaduk rata.

Selanjutnya, masukan margarin (dilelehkan dulu sebelumnya), baking powder dan baking soda. Aduk-aduk lagi adonan sampai tercampur rata.

Seperti biasanya, tuangkan adonan ke dalam cetakan cup cake. Kemudian, kukus adonan di atas api sedang selama 15 menit.

emaksayang.wordpress.com
emaksayang.wordpress.com

Kamu bisa menaburkan chocochips ke atas adonan. Angkat adonan yang dikukus setelah terlihat matang.

Sekarang, cup cake siap disantap. Selamat mencoba!

SHARE