Cupcake adalah roti yang berasal dari Amerika Serikat. Nama lain roti jenis ini adalah fairy cake, patty cake, dan bun. Nah, dalam artikel ini kamu dapat elajar membuat cupcake dengan resep cupcake sederhana.

Tentu saja roti ini dinamakan cupcake karena dibagi-bagi menjadi bagian kecil dalam cup atau wadah kecil yang berbahan kertas. Pertama kali tertulis pda buku resep American Cookery oleh Amelia Simmons pada tahun 1796.

Nah, ayo buat sendiri cupcake sesuai selera kamu dan keluarga tercinta di rumah.

1Resep Cupcake Coklat

mystoryinrecipes.blogspot.com

Kamu harus menyiapkan 100 gram gula pasir, 100 gram margarin (dalam kondisi cair atau leleh), 75 gram coklat batang (dalam kondisi cair), 75 gram tepung terigu, ½ sendok teh cake emulsifier, ½ sendok teh baking powder, 12 sendok makan susu bubuk, dan 3 butir telur.

Cara membuatnya, pertama kocok semua telur hingga rata bersama gula pasir, cake emulsifier. Tandanya telah rata adalah warnanya berubah agak putih dan mengembang. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk serta baking powder sambil diaduk hingga merata.

Langkah selanjutnya, masukkan coklat dan margarin cair yang telah kamu lelehkan. Inilah inti yang membuat cupcake buatan kamu yang satu ini dinamakan cupcake coklat.

foodporndaily.com
foodporndaily.com

Kamu bisa juga menambahkan isi pada cupcake kamu dengan kismis atau coklat chips berwarna coklat. Pokoknya pada bagian resep cupcake yang satu ini kamu bisa lakukan kreasi sesuka hatimu.

Selain berbagi isi tersebut, kamu juga dapat melakukan kreasi dengan menambahkan Oreo yang telah kamu remuk menjadi serpihan kecil. Tambahkan ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

javacupcake.com
javacupcake.com

Siapkan wadah cetakan yang telah dialasi dengan kertas atau paper cup. Tuangkan adonan hingga kira-kira sebanyak ¾ penuh. Kukus atau oven selama 15 menit. Angkat, dinginkan dan siap kamu sajikan.

Tambahkan berbagai topping sesuai kesukaan kamu dan keluarga, bisa berupa krim roti biasa atau bahkan ice cream. Percantik dengan irisan kecil buah segar seperti buah stroberi misalnya.

2Resep Cupcake Vanila

jessie-boo.com

Siapkan 250 gram gula pasir, 200 gram tepung terigu, 150 ml susu, 125 gram mentega, 2 butir telur, 1 sendok teh baking powder, dan ½ sendok teh vanilla essence. Tentu saja tidak ada coklat bubuk karena ini adalah cupcake vanila.

Campurkan mentega, gula pasir dan vanilla essence dengan mixer hingga mengembang dengan warna agak pucat. Kemudian masukkan telur dan kocok hingga merata.

bakesbychichi.com
bakesbychichi.com

Masukkan susu dan tepung sedikit-sedikit secara bergantian sambil terus mengocok adonan. Pastikan adonan cupcake vanila yang kamu buat telah rata tercampur sempurna.

Dalam proses pencampuran ii kamu juga dapat menambahkan bubuk coklat putih atau kismis untuk mengisi cupcake vanila buatanmu. Tentu saja kamu juga bisa menambahkan irisan stroberi segar kedalamnya. Lihat dan saksikan betapa ajaibnya cupcake buatanmu.

fubiz.net
fubiz.net

Panaskan oven hingga suhu 180⁰C dan siapkan loyang atau cetakan cupcake. Alasi loyang atau cetakan cupcake dengan paper cup, kemudian tuangkan adonan kira-kira hingga 2/3 penuh.

Panggang adonan dalam oven selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Angkat lalu dinginkan dalam ruang terbuka. Selesai, cupcake vanila istimewa buatan kamu kini siap dihidangkan.

fubiz.net
fubiz.net

Seperti cupcake pada umumnya, kamu bisa menambahi berbagai topping sesuai selera kamu. Jik aingin coba-coba, cobalah tambahkan es krim coklat sebagai topping dan rasakan sensasi rasa yang kontras namun tetap nikmat.

Bagaimana? Resep cupcake yang mana yang tertarik untuk kamu buat hari ini? Atau malah kamu ingin membuat dua-duanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here