Kamu tahu dadar gulung bukan? Kue berwarna hijau yang umumnya berisi parutan kelapa manis berwarna coklat ini adalah makanan khas Indonesia dan Malaysia.

Nah, kamu sebenarnya bisa membuat kue ini menjadi berbagai warna warni yang cantik dan sedap dipandang, bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai selesai ya, karena rahasianya ada di sini.

1Warna-Warni

blog.tokopedia.com

Warna hijau yang muncul pada dadar gulung sederhana adalah karena perasan air daun suji. Nah, kamu bisa membuatnya menjadi merah menggunakan jus cranberry, raspberry, atau strawberry.

Kamu bisa juga mengubahnya menjadi oranye atau kuning dengan kunyit, jus wortel, atau jus jeruk. Tentu saja kamu bisa mengubahnya menjadi coklat dengan bubuk biji kakao, gula merah, kayu manis, cengkeh, dan lada hitam yang dipanggang lalu digiling halus.

blog.tokopedia.com
blog.tokopedia.com

Bahkan kamu bisa menggantinya menjadi biru dan ungu dengan jus blueberry, blackberry, anggur, sayur kol ungu, ubi ungu, atau bunga telang. Bahkan kamu bisa membuatnya menjadi hitam dengan air rendaman abu merang atau tinta cumi.

Bagaimana? Warna apa yang paling kamu suka?

2Bahan Kulit Dadar Gulung

abiummi.com

Sekarang kamu harus siapkan berbagai bahan kulit dadar gulung di luar bahan pewarna yang telah di jelaskan di atas. Kamu butuh ½ sendok teh (sdt) pasta pandan dan 3 butir telur yang dikocok bebas.

Siapkan juga ½ sdt garam halus, 1 sendok makan (sdm) tepung kanji, 300 ml santan kental, dan 250 gram tepung terigu protein sedang. Bagaimana caranya mengetahui bahwa tepung terigu kamu berprotein sedang?

Pada setiap kemasan produk tepung terigu yang beredar di pasaran, tercantum kadar protein tepung terigu. Nah, tepung terigu dengan kadar protein sedang adalah yang memiliki kadar protein 13%.

Sebaliknya, tepung terigu dengan kadar protein 14% dinamakan tepung terigu berprotein tinggi. Sementara tepung terigu dengan kadar protein 10,5-11,5% disebut sebagai tepung terigu protein rendah.

Pemilihan tepung yang tepat ini penting karena berpengaruh pada elastisitas dan pengembangan adonan. Jadi jangan gagalkan ‘proyek’ dadar gulung kamu hanya karena salah memilih tepung terigu.

3Bahan Isi Dadar Gulung

xcalate.com

Sensasi rasa yang paling ditunggu dari dadar gulung tentu saja gula merah yang bercampur parutan kelapa bukan? Jadi sebaiknya jangan ganti komposisi isi dadar gulung ini, karena di sinilah letak betapa khas dadar gulung Indonesia.

Siapkan 50 ml air, 1 lembar daun pandang yang telah di potong kecil, ½ sdt gram halus, 300 gram kelapa yang telah diparut dengan bentuk sesuai selera (bisa memanjang atau parut biasa), 3 sdm gula pasir dan 100 gram gula merah yang telah dihaluskan.

4Membuat Resep Dadar Gulung

youtube.com

Campurkan merata kelapa parut, garam, gula pasir dan daun pandan dalam satu wadah dan masak semua campuran ini hingga teksturnya terlihat agak kering, angkat dan dinginkan.

Kemudian campurkan tepung kanji, tepung terigu, telur, pasta pandang dan garam lalu aduk hingga adonan merata. Masukkan cairan pewarna alami yang telah kamu siapkan, cukup satu warna, jangan campurkan berbagai warna menjadi satu.

youtube.com
youtube.com

Jangan lupa untuk mencampurkan air santan ke dalam adonan. Panaskan wajan datar anti lengket (teflon) yang telah diolesi dengan minyak. Tuangkan adonan secukupnya dan buat agar menipis serta matang sempurna.

Gulung dengan hati-hati satu lembar adonan kulit yang di atasnya telah kamu berikan isian dadar gulung. Kamu harus menggulungnya dengan sangat hati-hati agar tidak robek.

Langkah terakhir, lipat ujung gulungan dadar gulung sedemikian rupa hingga rapi. Kini, kamu bisa menyajikannya untuk keluarga kamu tercinta. Sajian resep dadar gulung warna warni spesial.

SHARE