Siapa tak kenal donat? Makanan berbahan tepung terigu ini digemari masyarakat segala usia. Awalnya donat terkenal berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Namun dalam perkembangan selanjutnya donat kini sangat bervariasi jenisnya.

Donat kentang akhir-akhir ini cukup menarik perhatian masyarakat. Hal yang perlu digarisbawahi meskipun disebut donat kentang namun sebenanrnya donat kentang tetap menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama.

blog.pch.com
blog.pch.com

Tepung terigu mengandung protein yang bernama gluten dapat menghasilkan donat dengan tekstur empuk dan dapat mengembang. Perbandingan tepung terigu dan kentang kurang lebih 1 dibandingkan 4.

Kamu dapat membuat donat rumahan sendiri lantaran pemasakan donat tak memerlukan peralatan khusus seperti produk bakeri lainnya. Membuat donat kentang tak memerlukan mixer atau oven. Cukup diuleni dengan tangan dan digoreng.

potatoes.com
potatoes.com

Secara umum bahan-bahan pembuatan donat kentang diantaranya 500 gram tepung terigu berprotein, 50 gram susu fullcream, 4 butir kuning telur, 250 gram kentang dingin yang sebelumnya sudah dikukus dan dihaluskan.

Selain itu siapkan juga 100 gram gula halus, 11 gram ragi instan, setengah sendok teh garam, 100 ml air dingin serta topping sesuai selera keluarga kamu. Berikut ini cara membuat donat kentang.

1Pencampuran Bahan Kering

dapuryelia.wordpress.com

Bahan-bahan kering yang dicampurkan pertama adalah tepung terigu, susu bubuk, dan ragi instan. Campurkan hingga ketiga bahan tersebut benar-benar merata. Tambahkan kentang halus, kuning telur, dan air dingin.

flickr.com
flickr.com

Campuran bahan kering kemudian ditambahkan kentang halus, kuning telur, dan air. Penambahan air lebih baik menggunakan air dingin karena ragi pada bahan kering merupakan mikroorganisme.

Jika yang digunakan bukan air dingin, dimungkinkan dapat merusak kualitas ragi tersebut. Campurkan bahan-bahan di atas dengan tangan yang menggunakan sarung tangan plastik sampai benar-benar kalis. Proses pengulenan membutuhkan kesabaran.

2Penambahan Garam dan Mentega

enkivillage.com

Adonan kemudian ditambahkan garam dan mentega. Kamu harus menguleni kembali adonan hingga benar-benar tercampur merata dan adonan kalis. Salah satu ciri adonan telah kalis adalah adonan tidak lagi menempel di tangan.

3Pembentukan Adonan

flickr.com

Setelah yakin adonan kalis, bentuklah adonan menjadi bulat-bulat atau sesuai dengan kreasi.  Adonan yang sudah dibentuk tidak langsung digoreng, namun harus didiamkan kurang lebih 20 menit.

Pendiaman ini bertujuan agar mikroorganisme dapat bereaksi sehingga adonan dapat mengembang.

4Goreng Donat!

hesti-myworkofart.blogspot

Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Kemudian masukan bulatan donat ke dalam penggorengan. Jangan lupa dibalik jika sudah berwarna kecoklatan. Saat sudah matang, angkat donat dari penggorengan. Donat sudah siap di sajikan.

5Topping

mazinu.com

Topping paling favorit adalah meses coklat atau coklat. Namun banyak donat kentang dapat divariasikan dengan berbagai toping sepeti kacang dan keju. Sebelum diberikan topping, oleskan mentega ke atas donat.

Sebagai tips jangan mengoleskan mentega menggunakan kuas yang bertuliskan “bristle” karena berarti kuas tersebut berasal dari bulu babi. Jika demikian dikhawatirkan donat kentang yang sudah susah kamu buat malah menjadi haram.

thisbeautifuldayblog.com
thisbeautifuldayblog.com

Kamu dapat mengombinasikan topping kacang dengan coklat, kacang dengan keju dan sebagainya. Membuat donat kentang ala rumahan memang sedikit merepotkan. Terlebih lagi tak jarang donat malah jauh dari harapan serta menjadi bantet dan kurang enak.

Namun, donat kentang ala rumahan akan memberikan sensasi kepuasan dan momen kenangan tersendiri karena ada cinta saat kamu membuatnya. Dan tentu saja seluruh bahannya bisa kamu jamin sendiri keamanan dan kesehatannya.

Kamu dan pasangan atau anak perempuanmu bisa mengisi waktu liburan dengan membuat donat kentang. Selain itu donat kentang buatan sendiri lebih higienis dan dapat disesuaikan dengan selera keluarga.

SHARE