yukpergi.com

2 Resep Es Buah Ini Bikin Dahaga Hilang Dalam Sekejap

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal es buah? Minuman segar dan dingin berisi aneka macam buah.

Kamu dapat menemukan penjual es buah di berbagai daerah di seluruh nusantara. Mulai dari pedagang kaki lima di pinggir jalan, kios gerobak sampai dengan restoran pun menyediakan, lho.

Es buah memang menjadi magnet yang memikat selera setiap orang yang melihatnya. Nama kerennya koktail buah.

Koktail buah ada juga dalam bentuk kalengan. Biasanya terdiri dari tiga jenis buah atau lebih. Koktail buah kalengan terbagi menjadi dua jenis, yakni koktail buah sub-tropis dan tropis.

Percaya nggak percaya, es buah yang kamu beli dari penjual es di pinggir jalan rasanya jauh lebih enak daripada di restoran.

Terlebih di siang hari, saat terik menyengat tubuh, es buah pasti jadi incaran pertama kamu. Kalau kamu sedang di Bandung, es buah ini dapat kamu temui di banyak tempat. Pasalnya, es buah adalah minuman khas Bandung.

Namun, seiring dengan perkembangan kreativitas manusia, es buah merambah ke semua wilayah nusantara. Selain itu, tiap daerah punya ciri khas masing-masing dalam mengolah es buah.

Ada yang biasa-biasa saja dengan campuran sirup dan buah, ada juga yang dicampur susu dan tape ketan. Nah, berikut ini merupakan resep membuat es buah rumahan yang segar, gurih dan manis juga tentunya.

Yuk, langsung saja simak pemaparannya!

Es Buah Khas Banjar

cookpad.com
cookpad.com

Banjar juga punya selera khas soal resep es buah. Jika kamu ingin membuat es buah khas Banjar, siapkan bahan-bahan berupa kolang-kaling, papaya, nanas, selasih, agar-agar, sirup rasa leci, air, kapur sirih, dan juga nata de coco.

food.blogspot.com
food.blogspot.com

Cara membuatnya, masaklah agar-agar hingga matang. Setelah itu dinginkan terlebih dahulu. Sambil menunggu agar-agar dingin, cuci semua buah.

Kemudian, buah dipotong-potong sesuai selera. Khusus, untuk pepaya, rendam di dalam air kapur sirih kurang lebih 30 menit. Tujuan perendaman yakni supaya teksturnya tidak mudah hancur saat dimasak.

Agar-agar yang sudah direbus tadi, dipotong-potong berbentuk dadu. Berikutnya, rebus gula hingga matang dan larut dalam air. Masukan kolang-kaling, buah nanas, dan pepaya sampai mendidih.

jurnalasia.com
jurnalasia.com

Kalau sudah masak, sisihkan dan dinginkan. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dengan siraman sirup leci, taburan nata de coco dan buah nangka. Tambahkan es batu agar rasanya semakin segar.

Es Buah Khas Cirebon

yukpergi.com
yukpergi.com

Resep yang satu ini datang dari Cirebon. Es buah khas Cirebon lebih mirip sop buah tapi sesungguhnya bukan sop buah. Dalam es buah khas Cirebon terdapat macam-macam buah-buahan. Misalnya, melon, alpukat, pisang, semangka, kelapa, dan lain-lain.

malbekasi.com
malbekasi.com

Hal yang berbeda dibandingkan es buah daerah lainnya yakni dengan adanya tambahan mutiara bubur, susu dan sirup. Bahkan ada tambahan tape ketan juga, lho.

Kerennya lagi, es buah khas Cirebon tidak menggunakan pemanis gula. Kamu bisa kok, mempraktekannya di rumah.

Tinggal siapkan saja bahan-bahan berupa blewah, melon, kelapa muda, alpukat, rumput laut, nangka, pacar cina merah, tape ketan hijau, air kelapa, susu kental manis putih, sirup pandan, dan es batu.

Sekarang mulai membuatnya ya. Langkah pertama, rebuslah pacar cina hingga mekar lalu siram dengan air dingin. Tiriskan pacar cina setelah direbus.

Kedua, potong-potonglah semua buah kemudian letakan di dalam sebuah mangkuk. Tuangkan air kelapa muda, es batu yang telah dihancurkan, sirup pandan dan susu kental manis.

canselam.com
canselam.com

Agar terasa lebih menggigit, tambahkan pacar cina merah dan tape ketan hijau. Es buah khas Cirebon siap dinikmati. Segar, manis, dan gurihnya luar biasa!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *