Mendengar kata fuyunghai pasti terbayang negeri tirai bambu sebagai tempat asalnya. Fuyunghai bukanlah makanan yang rumit cara membuatnya. Memasak fuyunghai sebenarnya hampir sama seperti memasak omelet.

Namun, bedanya omelet berasal dari Eropa sedangkan fuyunghai berasal dari Cina. Salah satu hal yang paling khas dari fuyunghai adalah menggunakan daging kepiting.

www.bumburesep.com
www.bumburesep.com

Bagi kamu yang alergi dengan makanan laut seperti kepiting, maka kamu dapat menggantinya dengan daging ayam, daging sapi, dan lain-lain. Fuyunghai akan lebih nikmat jika dimakan bersama saus buatan sendiri.

Agar tidak penasaran berikut ini resep fuyunghai daging ayam enak dan lezat.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.usahaternak.com

Bahan utama membuat fuyunghai adalah 8 butir telur bebek. Kamu juga bisa menggantinya dengan telur ayam.

Bahan-bahan lainnya adalah 1 sendok makan minyak goreng, ½ sendok makan kecap inggris, ½ sendok teh gula pasir, ½ sendok teh lada, 125 gram daging ayam, garam secukupnya, 3 sendok makan tepung sagu, dan bawang putih 3 siung.

Adapun fillet daging ayam dipotong kecil-kecil agar merata ke dalam semua bagian fuyunghai.

Agar fuyunghai lebih sehat tambahkan juga sayuran seperti 150 gram wortel, 200 gram daun kol, dan 1 daun bawang.

Bahan saus fuyunghai adalah 700 ml air, tomat 5 buah, bawang putih 5 siung, 4 sendok teh gula pasir, garam secukupnya, 2 sendok makan tepung sagu, bawang bombay 1 siung, 100 gram saus tomat, ½ sendok teh lada, ½ sendok teh cuka, dan 1 sendok makan kecap inggris.

Saus fuyunghai juga ditambah sayuran seperti 100 gram wortel yang dipotong kecil memanjang, daun bawang 2 batang, dan 100 gram kacang polong.

2Masaklah Fuyunghai

www.youtube.com

Siapkan penggorengan dengan diberi sedikit minyak goreng untuk menumis bawang putih. Tumislah sampai tercium aroma harum. Selanjutnya masukan daging ayam ke dalam penggorengan untuk ditumis juga.

Setelah daging ayam berubah warna tambahkan garam, lada, dan gula pasir. Angkat dari penggorengan dan masukan pada mangkuk bersih.

Di dalam wadah yang besar, pecahkan telur bebek. Tambahkan wortel, kol, dan daun bawang yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai semua bahan rata. Selanjutnya tambahkan tumisan daging ayam yang telah dibuat.

Setelah rata tambahkan tepung sagu untuk kemudian diaduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.

Ambil adonan fuyunghai dengan sendok makan atau sendok sayur. Kemudian masukan ke dalam penggorengan yang telah berisi minyak panas. Gorenglah adonan fuyunghai sampai matang.

3Masaklah Saus Fuyunghai

www.youtube.com

Rebuslah tomat dengan air sampai semua mendidih. Kemudian potong buah tomat dan dihaluskan dengan blender dengan ditambahkan air rebusan tomat. Jangan lupa untuk sebisa mungkin menghilangkan biji tomat.

Setelah halus, kamu dapat beralih untuk menumis bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma harum. Tambahkan juga wortel yang diiris ke dalam tumisan. Tumis semua bahan sampai wortel setengah matang atau layu.

www.youtube.com
www.youtube.com

Selanjutnya masukan tomat yang telah diblender. Masaklah sampai semua mendidih. Tambahkan kecap inggris, saus tomat, lada, garam, dan gula pasir. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.

Kemudian masukan tepung sagu yang telah dilarutkan ke dalam sedikit air. Rebus semua bahan sampai mendidih. Tambahkan kacang polong dan daun bawang agar lebih sedap.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.mimunmedia.com

Hidangkan fuyunghai dengan disiram saus. Makanan ini tidak hanya enak, namun juga bergizi karena penambahan berbagai sayuran dan kacang polong.

SHARE