wikimedia.org

2 Resep Gado-Gado Ini Bikin Nafsu Makan Kamu Meningkat 100%

Posted on

Pernah makan gado-gado? Mungkin kamu biasa menemukannya di pedagang kaki lima atau di warung-warung kecil. Racikan gado-gado mereka dikenal lebih lezat dan nikmat saat disantap dibandingkan gado-gado di restoran besar.

Bagi yang belum tahu, pasti bertanya-tanya, apa sih sebenarnya gado-gado itu? Gado-gado sesungguhnya adalah makanan asal Cina yang menunya meniru menu khas Belanda.

Gado-gado terdiri dari campuran berbagai jenis sayur-mayur rebusan yang disiram sambal kacang lezat. Macam-macam sayuran yang digunakan yakni tauge, kol, kangkung, labu siam, bayam, dan lain-lain.

Meski nama dan bentuknya sama, racikan gado-gado dari tiap daerah berbeda-beda. kebanyakan orang mengenal jenis gado-gado asal Betawi. Namun, ternyata ada juga gado-gado khas Padang.

Bagaimana perbedaan resepnya? Yuk, baca ulasannya!

Gado-Gado Betawi

wikimedia.org
wikimedia.org

Orang hampir tidak bisa membedakan antara ketoprak dan gado-gado Betawi. Namun, kedua makanan ini memang diracik oleh Suku Betawi di Jakarta. Ingin mencoba membuatnya sendiri?

Gampang, kamu siapkan saja bahan-bahan berupa, kubis, bayam, mentimun, tauge, kentang rebus, kacang panjang, tahu kuning, telur rebus belah jadi dua, kerupuk, emping, dan bawang goreng.

youtube.com
youtube.com

Untuk bahan sambal kacangnya, sediakan cabe rawit, cabe merah, gula merah, terasi bakar, air asam jawa, garam, kacang tanah, kacang kenari, kecap manis, dan air secukupnya.

Mulailah dengan merebus semua sayuran sampai lunak. Sambil menunggu, haluskan bahan-bahan sambal kacang menggunakan uleg-uleg di atas cobek. Tambahkan air asam, air, dan kecap secukupnya kemudian masak di wajan.

Setelah mendidih, jangan langsung diangkat, sebaiknya biarkan hingga dingin. Selanjutnya, tengoklah sayuran, angkat jika sudah lunak, dan tiriskan.

Sajikan gado-gado di piring dengan tatanan rapi. Tambahkan kentang, tahu, dan telur bersama sayuran.

tastenusantara.xyz
tastenusantara.xyz

Lalu, siramkan sambal kacang dan taburkan bawang goreng serta kerupuk sebahgai pelengkap rasa. Berikan emping sebagai penambah gurihnya rasa.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencobanya, guys!

Gado-Gado Padang

tasty-indonesian-food.com
tasty-indonesian-food.com

Tidak hanya Betawi yang punya resep gado-gado, Kota Padang juga punya lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak jauh beda. Hanya saja, campuran sayurnya tidak sebanyak gado-gado Betawi.

Kamu tetap menyediakan bahan-bahan berupa kol, tauge, timun, kentang rebus, mie kuning, tahu goreng, tempe goreng, dan telur. Telur yang kamu siapkan harus direbus terlebih dahulu dan dipotong-potong jadi enam bagian.

Bahan-bahan untuk sambal kacang, sediakanlah kacang tanah, cabe merah, bawang merah, bawang putih, merica, gula merah dan garam.

youtube.com
youtube.com

Sediakan juga bahan-bahan tambahan seperti, daun salam, lengkuas, dan bawang goreng.

Langkah pertama, kamu buang terlebih dahulu ekor-ekor tauge. Setelah itu, rajanglah kol dan satukan dengan tauge untuk dicuci hingga bersih. Perlakuan yang sama juga harus kamu lakukan pada kentang. Bedanya kentang diiris rapi.

Berikutnya, rebuslah mie kuning, tauge, kol, kentang dan telur selama beberapa saat. Sembari menunggu rebusan matang, goreng tahu, tempe, kacang tanah, bawang merah, dan bawang putih.

Sebelum membuat bumbu halus, lihatlah rebusan pertama yang kamu buat. Jika sudah matang, angkat, dan tiriskan.

hidanganpadangpanjang.blogspot.com
hidanganpadangpanjang.blogspot.com

Sekarang, buatlah sambal kacangnya. Caranya, haluskan kacang tanah goreng beserta bawang yang tadi digoreng juga bersama merica dan garam secukupnya.

Bahan-bahan yang dihaluskan tersebut ditumis di wajan dengan api kecil. Memarkan lengkuas dan daun salam kemudian tambahkan ke bumbu tumis.

Tuangkan air dan gula merah, lalu masak hingga mendidih. Sesudah matang, angkat, dan dinginkan sebelum disajikan.

Cara menyajikannya, tatalah mie kuning, kol, tauge, timun, kentang, telur, tahu, dan tempe di piring. Siramkan sambal kacang dan taburi bawang goreng serta emping melinjo sebagai pelengkap rasa.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *