safiamita.blogspot.com

3 Resep Garang Asem Ala Rumahan Rasa Restoran

Posted on

Apakah kamu pernah mencicipi masakan yang rasanya agak asem dan pedas? Masyarakat Jawa Tengah punya kuncinya.

Jawa Tengah dengan bangga mempersembahkan masakan tradisional garang asem. Garang asem ini merupakan jenis masakan olahan ayam yang berkuah santan. Penyajiannya menggunakan daun pisang.

Rasa khas garang asem yakni asam dan pedas. Sekarang, garang asem telah dikembangkan di berbagai kota di kawasan Pulau Jawa.

Kota-kota tersebut adalah Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan. Cara penyajiannya antar kota tidak jauh berbeda. Selain menggunakan daun pisang, biasanya juga ditambahkan tempe goreng dan perkedel.

Namun, ada pula penyajian garang asem yang dihidangkan langsung di piring, tidak memakai alas daun pisang. Kota Pekalongan adalah salah satu kota yang menghidangkan dengan cara tersebut.

Garang Asem Ayam

safiamita.blogspot.com
safiamita.blogspot.com

Garang asem ayam merupakan jenis garang asem yang banyak dipersembahkan di banyak kota. Dalam versi rumahan, bahan-bahannya cukup sederhana.

Siapkan ayam, santan, daun salam, bawang putih, bawang merah, belimbing sayur, tomat hijau, cabe rawit merah, lengkuas, dan daun pisang.

Pertama, iris tipis bawang putih, bawang merah, belimbing sayur, tomat hijau, cabe rawit merah, dan lengkuas. Kemudian, bersihkan ayam sampai benar-benar bersih.

spaghetav.wordpress.com
spaghetav.wordpress.com

Langkah selanjutnya, masaklah santan, daun salam, lengkuas, garam, dan gula sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan ayam potong dengan menaburkan sedikit penyedap rasa.

Jika santannya sudah berkurang, matikan api dan angkat masakan tadi. Letakkan masakan di dalam daun pisang, lalu kukus selama 45 menit.

Angkat kukusan garang asem kalau sudah matang. Sajikan garang asem ayam untuk lauk bersama nasi.

Garang Asem Kambing

inspirasikukeni.blogspot.com

Garang asem tidak hanya menjadi salah satu mengolah ayam, tapi juga mengolah daging kambing.

Sediakan bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, jahe, kunyit, lengkuas, daging kambing, garam, gula pasir, air, asam sunti, cabe merah besar, cabe hijau besar, dan cabe rawit.

Langkah pertama, iris halus bawang putih dan bawang merah, memarkan jahe dan kunyit serta iris lengkuas.

laofam.wordpress.com
laofam.wordpress.com

Kedua, masak presto daging kambing selama 10 menit kemudian potong kotak-kotak. Selanjutnya, tumis irisan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, serai, dan salam. Tumis hingga aromanya harum.

Lalu masukan cabe merah, cabe hijau, asam sunti, cabe rawit, dan tuangkan air. Masak lagi sampai airnya mendidih. Setelah itu, masukan daging kambing sembari menaburkan garam dan gula. Masak kembali sampai matang.

Sebelum diangkat, cek rasanya dan hidangkan dalam keadaan hangat. Selamat mencoba!

Garang Asem Rempela Hati Ayam

dapurtitileksono.blogspot.com

Rempela hati ayam juga bisa kamu olah menjadi garang asem, lho. Selain lebih murah, garang asem rempela hati ayam tidak kalah lezatnya daripada garang asem lainnya.

Ingin membuatnya? Ikuti terus resep yang satu ini.

Pertama, kamu mesti menyiapkan rempela hati ayam, tomat hijau, santan kental, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, serai, daun salam, lengkuas, asam jawa, garam, dan gula.

Langkah kedua, irislah bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat. Kemudian, rebus semua bahan kecuali santan dan tomat. Kalau rempela hati ayam sudah terasa empuk, masukan santan dan tomat. Rebus kembali sampai mendidih.

youtube.com
youtube.com

Jika telah masak, angkatlah garang asem rempela hati ayam. Untuk garang asem yang ini, kamu tidak harus mengukusnya dengan daun pisang.

Garang asem rempela hati ayam siap disantap bersama nasi atau ketupat. Jangan lupa, sisipkan sambal dan tempe goreng agar rasanya semakin sempurna.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *