www.cumibunting.com

Resep Gudeg Enak yang Dapat Mengobati Kerinduanmu pada Jogja

Posted on

Salah satu provinsi di Indonesia yang masih menjadi daerah istimewa adalah Yogyakarta. Kota ini selain masih kental dengan budaya kerajaan Jawa, juga disebut sebagai Kota Pelajar di mana terdapat banyak perguruan tinggi di sana.

Jogja kaya akan beragam kuliner yang membuat banyak orang akan merindukannya. Sebut saja bakpia patok, sate klotok, dan gudeg. Namun dari sekian banyak kuliner khas Jogja yang paling terkenal tentu saja gudeg.

Makanan berbahan dasar daging buah nangka ini bahkan terkenal sampai ke luar negeri. Gudeg sangat mudah dijumpai di sekitar Jogjakarta terutama di malam hari sampai menjelang siang hari.

www.pondokdaharlaukjogja.blogspot.com
www.pondokdaharlaukjogja.blogspot.com

Gudeg merupakan olahan daging buah nangka yang belum terlalu tua dan dimasak bersama santan hingga berjam-jam lamanya. Pemasakan yang lama membuat rasa lezat gudeg meresap sampai ke dalam.

Ada beberapa warung makan yang menambahkan daun jati ke dalam resep gudeg mereka. Daun jati ini dimaksudkan sebagai pewarna alami sehingga gudeg berwarna merah kecoklatan.

www.gudegkeprabon.wordpress.com
www.gudegkeprabon.wordpress.com

Ada juga yang menambahkan bunga kelapa yang masih muda, pohon bambu yang masih muda, sampai ceker ayam. Beberapa tambahan bahan makanan tersebut membuat gudeh semakin terasa lezat.

Jika kamu rindu gudeg, tak perlu pergi sampai ke Jogja. Kamu dapat memasaknya sendiri dengan mudah. Berikut ini resep gudeg enak yang dapat mengobati kerinduanmu pada Jogja.

Siapkan Bahan-Bahan

www.icipicipiniitu.wordpress.com
www.icipicipiniitu.wordpress.com

Siapkan 100 gram daging buah nangka muda yang telah dicuci bersih sebagai bahan utama untuk membuat gudeg.

Siapkan juga 200 gram gula merah yang disisir halus, santan kelapa kental, 10 butir telur rebus, daun salam, 1 liter air kelapa, dan lengkuas yang di potong memanjang.

Siapkan juga kuah opor yang telah masak agar gudeg lebih mantap saat disantap.

Ada juga bumbu yang dihaluskan di antaranya bawang merah 15 siung, bawang putih 10 siung, kemiri 10 buah yang sudah disangrai, ketumbar 2 sendok teh, satu setengah sendok teh merica, dan garam secukupnya.

Masaklah Gudeg

www.pondokdaharlaukjogja.blogspot.com
www.pondokdaharlaukjogja.blogspot.com

Siapkan panci yang cukup besar untuk memasak gudeg. Masukan daun salam, lengkuas, daging buah nangka yang sudah di potong-potong, serta telur rebus. Jika memiliki gula aren, tambahkan sedikit gula aren.

Masukan setengah air kelapa dan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian masaklah sambil mengaduk semua bahan di dalam panci selama beberapa saat.

Kemudian masukan setengah setengah air kelapa yang masih tersisa ke dalam panci. Masak semua bahan dalam keadaan tertutup selama kurang lebih 2 jam. Ketika airnya sudah habis, pisahkan telur rebus dari dalam panci.

www.ita-thediffusionofexperience.blogspot.com
www.ita-thediffusionofexperience.blogspot.com

Selanjutnya masukan santan ke dalam panci. Aduk semua bahan dalam panci sampai daging buah nangka hancur. Pemisahan telur rebus ini dimaksudkan agar telur tidak ikut hancur bersama daging buah nangka.

Masukan kembali telur rebus ke dalam panci sampai semua telur terendam. Tutup panci dan masaklah dengan api kecil selama kurang lebih 4 jam. Biarkan hingga semua bahan berubah kecoklatan dan airnya hampir habis.

Terakhir masukan kuah opor yang sebelumnya telah kamu buat. Masaklah gudeg yang telah ditambah kuah opor selama beberapa saat.

Gudeg Jogja memang sangat nikmat dilahap bersama nasi hangat dan sambal krecek, sambal, opor ayam, tahu, dan sambal goreng.

www.belajarbersama-marnie.blogspot.com
www.belajarbersama-marnie.blogspot.com

Memasak gudug memang memelukan waktu yang cukup panjang. Namun, kelelahan selama memasak ini terbayarkan dengan rasa gudeg yang lezat yang disantap bersama keluarga tercinta.

Ada beberapa orang yang kurang menyukai gudeg karena rasanya yang terlalu manis. Saat memasak gudeg sendiri, kamu dapat menyesuaikan tingkat kemanisan sesuai dengan selera keluarga.

Jika kamu menyukai rasa gurih, tambahkan santan kelapa dalam jumlah yang lebih banyak.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *