Masih inget nggak pelajaran sejarah waktu sekolah? Kalau ditanya tentang alasan penjajah menduduki Indonesia, salah satunya karena kekayaan bahan rempah-rempah yang saat itu adalah barang mahal di Eropa.

Padahal rempah-rempah itu kalau kita tengok sekarang kan terlihat sederhana sekali ya, seperti merica/lada, pala, cengkih, jahe, kayu manis, bawang, kemiri, dan lain-lain. Tapi di Indonesia bahan-bahan itu begitu mudah ditemukan dan dibudidayakan.

Indonesia sebagai negara penghasil rempah, tentu dalam budaya kulinernya juga identik dengan sajian makanan yang kaya rempah. Salah satu makanan khas Indonesia yang banyak menggunakan rempah adalah gulai.

Kalau mau lengkap, gulai ini menggunakan rempah dari kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis, sampai dengan jintan. Bener-bener rempah semua.

Selain bumbu rempah, gulai juga identik dengan daging sebagai bahan utama. Biasanya daging sapi, kambing, dan ayam yang banyak digunakan.

Soal cita rasa, disetiap daerah juga ada kekhasan masing-masing dalam membuat gulai, namun tetap dengan pakem bumbu rempah, santan, dan aneka daging.

Buat kamu yang baru belajar membuat gulai, kita sudah tuliskan resep membuat gulai ayam yang paling sedap. Tentu resep ini sudah dibuat serinci mungkin agar kamu lebih mudah dalam mempraktekkannya di rumah.

1Cara Membuat Gulai Ayam Sedap

youtube.com

Bahan Utama:

  • Ayam 4 potong
  • Serai 1 buah
  • Daun jeruk 4 buah
  • Meggi (pilihan)
  • Kunyit 1,5 sdt
  • garam 1 sdt
  • Kentang 2 potong
  • Santan cair 250 ml
  • Santan kental 50 ml

Bumbu Halus:

  • Cabai rawit merah 2 buah
  • Paprika merah ½ buah
  • Bawang merah 4 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Jahe 2 cm
  • Garam 1 sdt
  • Merica 1 sdt
  • Air putih

Cara Membuat Gulai Ayam:

Tahap pertama adalah membuat bumbu halus. Menghaluskan bumbu ini dengan cara memasukkan semua bumbu dalam blender. Pertama kita masukkan bawang merah, dan yang kedua kita masukkan bawang putih ke dalam blender.

Kemudian kita masukkan jahe, lalu masukkan cabe rawit dan bisa kita tambahkan paprika. Selanjutnya kita tambahkan merica, garam, dan jika ada jintan, bisa dimasukkan juga jintan. Terakhir tambahkan sedikit air, lalu di blender.

youtube.com
youtube.com

Setelah selesai membuat bumbu halus, maka selanjutnya adalah tahap membuat gulai itu sendiri. Pertama kita menumis bumbu yang telah dihaluskan tadi. Masukkan terlebih dahulu minyak sayur secukupnya dan biarkan hingga panas.

Setelah minyak panas, kemudian kita masukkan bumbu halus tadi seluruhnya. dan kita tumis hingga bumbu ini matang. Aromanya sangat wangi tercium.

Nah, setelah bumbu kita matang kemudian kita masukkan kunyit. Kemudian kita campurkan. Setelah itu kita masukkan santan yang cair. Seperti gambar di bawah ini.

youtube.com
youtube.com

Kemudian kita masukkan daun jeruk agar tercium lebih harum lagi, dan juga kita masukkan daun serai. Kita aduk, perlahan-lahan hingga kira-kira mendidih.

Kita tambahkan sedikit saja garam, karena bumbu halus tadi sudah dicampur garam. Kalau ada kaldu ayam bubuk mungkin bisa dimasukkan sebagai pilihan.

Nah, karena gulai ini terbuat dari santan, tetap diaduk agar santan tidak pecah. Kalau air sudah mendidih, masukkan ayam potong ke dalam bumbu gulai.

youtube.com
youtube.com

Setelah itu, kita aduk-aduk agar bumbu meresap ke dalam ayam. Lalu tutup wajan, biarkan sampai 10-15 menit.

Setelah 10-15 menit, akan terlihat bagian bawah ayam telah matang. Kemudian kita balik untuk mematangkan bagian lainnya. Disela-sela membalik ayam, masukkan juga kentang yang telah dipotong kubus.

youtube.com
youtube.com

Nah, kita biarkan masakan gulai ini tertutup kira-kira 10-15 menit lagi. Setelah menunggu, aroma dan rupa sudah menggiurkan karena masakan kita telah matang. Kemudian tahap akhir, yaitu menuangkan santan kental dalam masakan kita, untuk mengentalkan gulai.

Agar santan kental tidak pecah, kita tetap mengaduknya kira-kira 3-5 menit. Setelah menunggu, santan telah matang dengan sempurna dan tercampur dan meresap kedalam gulai ayam.

Matikan kompor, dan siapkan wadah piring atau mangkuk. Pindahkan ayam dan kentang terlebih dahulu, baru dituangkan ayam ke dalam wadah tersebut.

youtube.com
youtube.com