Jangan dipikir menjadi ibu rumah tangga itu mudah lho ya! Bagi kamu para ibu dan calon ibu perlu mengetahui fakta yang satu ini. Pekerjaan ibu rumah tangga itu banyaknya luar biasa, nggak ada beres-beresnya pokoknya deh.

Salah satu pekerjaan yang cukup membingungkan dan membutuhkan pemikiran yang mendalam bagi ibu rumah tangga adalah menyiapkan daftar menu makanan harian di rumah.

Kalau seorang ibu tidak pandai mengatur menu makanan di rumahnya, penghuni rumah pasti akan bosan untuk makan di rumah dan lebih memilih untuk makan di luar rumah, walaupun harganya bisa menguras isi dompet.

resepcaramasak.com
resepcaramasak.com

Seorang ibu pun harus pandai mengolah satu jenis makanan, menjadi makanan yang banyak variasinya, misalnya saat ingin mengolah ikan. Kalau ikan diolah dengan cara digoreng terus, maka bisa dijamin anggota keluarganya bisa bosan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan itu, maka kita bisa coba mengolah ikan ini menjadi variasi makanan yang lain, misalnya saja dijadikan gulai ikan. Wah! pastinya akan menggugah selera. Secara bumbu gulai kan rasanya gurih.

Tapi gimana ya cara untuk membuat gulai ikan itu? Untuk itu, kita lihat saja yuk resep membuat gulai ikan berikut ini. Siapa tahu saja kamu membutuhkannya suatu hari nanti.

1Bahan untuk Membuat Gulai Ikan

id.wikipedia.org

Bahan utama yang kita butuhkan untuk membuat gulai ikan ini adalah ikan kakap yang ukurannya kurang lebih satu setengah kilogram. Selain ikan kakap, kita pun bisa menggunakan ikan nila atau ikan yang lainnya.

Selain bahan utama untuk membuat gulai ikan ini, kita pun membutuhkan bumbu-bumbu untuk membuat gulai ikan ini menjadi gurih dan lezat. Supaya gulai ikan ini lezatnya maksimal, maka kita harus berani menggunakan bumbu.

seputarmakan.com
seputarmakan.com

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan meliputi buah jeruk nipis ukuran besar, bawang merah, cabe merah yang banyaknya disesuaikan dengan selera, bawang putih, 2 butir kemiri, kunyit satu ruas jari.

Selain bumbu-bumbu di atas, kita pun membutuhkan santan, baik yang kental maupun yang encer, daun bawang, belimbing wuluh, air asam jawa, tomat hijau, kaldu bubuk, daun jeruk, jahe, sereh, lengkuas, garam, dan minyak goreng.

Wow! Banyak sekali bahan yang perlu kita siapkan. Tapi banyaknya bahan yang kita siapkan akan berbayar dengan rasa gulai ikan yang akan membuat lidah kita terus bergoyang.

2Cara Membuat Gulai Ikan

foodengineeringunj.blogspot.com

Setelah bahan-bahan kita siapkan, maka langkah pertama yang wajib kita lakukan adalah membersihkan ikannya. Jangan lupa juga untuk membuang jeroan ikan. Hal ini perlu kita lakukan agar gulai ikan yang kita masak tidak bau.

Agar ikan yang kita masak dapat matang dengan sempurna, maka sebaiknya kita potong-potong dulu ikannya sebelum dimasak. Besarnya potongan ikan kita sesuaikan dengan selera kita tentunya.

Untuk mengurangi bau amis pada ikan, sebelum dimasak potongan ikan tadi bisa kita lumuri perasan air jeruk nipis terlebih dahulu. Kita diamkan kurang lebih 5 sampai dengan menit.

Sambil menunggu ikan didiamkan, maka kita bisa menghaluskan bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah, dan kunyit. Setelah itu, tumis hingga harum.

foodengineering.blogspot.com
foodengineering.blogspot.com

Oiya, sebelum dibuat gulai ikan kakapnya pun perlu kita goreng dulu, baru kemudian dimasak. Caranya bumbu-bumbu yang sudah ditumis tadi ditambahkan santan, aduk hingga bercampur. Gunakan api kecil dalam proses ini.

hellosemarang.com
hellosemarang.com

Lalu, masukkan air asam jawa dan garam, aduk hingga air asam jawa mendidih dan bercampur dengan santan dan bumbu yang lain. Baru setelah itu masukkan ikan kakap, santan kental, tomat, dan potongan daun bawang.

Jika semua langkah sudah kita lakukan, maka kita hanya menunggunya sebentar sampai semua bahannya matang, baru setelah itu kita angkat dan siap untuk dihidangkan.