Ice cream adalah makanan yang terbuat dari susu, telur, gula dan berbagai perasa yang akan menambah cita rasa ice cream. Ice cream identik dengan krim lembut dingin dan manis.

Ada satu ice cream di Eeropa tepatnya Italia yang menurut kabarnya berbeda dari ice cream pada umumnya. Kamu tahu ice cream apa itu? Ice cream tersebut khas dari Italia dan banyak orang pergi ke Italia hanya untuk mencicipi ice cream ini.

Namanya adalah ice cream gelato. Apakah sebenarnya gelato itu? Apakah gelato hanya sebutan masyarakat Italia atau memang ice cream ini memang berbeda dengan ice cream pada umumnya.

Gelato adalah bahasa Itali untuk ice cream itu sendiri. Namun, ada perbedaan antara ice cream dengan gelato. Gelato cenderung lebih banyak menggunakan susu namun susu dan telur lebih sedikit dibanding ice cream biasa.

Gelato diaduk menggunakan kecepatan yang lebih rendah sehingga teksturnya lebih lembut. Gelato ini juga disajikan dengan suhu yang lebih tinggi dibanding dengan ice cream biasa.

Nah, itu tadi perbedaan antara ice cream dan gelato. Terus apakah resep gelato ini berbeda dengan es krim pada umumnya? Coba kamu simak ulasan resep berikut. Cukup mudah dan tidak jauh berbeda dari es krim biasa.

1Bahan Membuat Resep Gelato

infotoponline.com

Untuk membuat gelato ini apa saja yang perlu kamu siapkan untuk bahannya? Siapkan 600 ml susu, 5 butir telur, 140 gram gula pasir. Itu tadi untuk bahan adonan utamanya.

Bahan untuk perasanya bisa menggunakan berbagai rasa sesuai selera. Untuk kali kamu siapkan satu sendok teh ekstrak vanilla atau almond, 1 cangkir perasa buah, butiran cokelat, potongan buah atau karamel.

2Membuat Adonan Dasar

intisari-online.com

Rebus air sampai mendidih menggunakan panci yang cukup besar. Panci ini harus cukup menampung mangkuk tahan panas ukuran kecil. Nantinya panci digunakan untuk memasak adonan utamanya.

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Pisahkan kuning telur dari putihnya. Gunakan semua kuning telur yang sudah disiapkan. Kamu bisa menggunakan alat pemisah kuning telur yang banyak dijual di toko terdekat atau kalau kamu cukup mahir bisa langsung tanpa alat bantu.

azamrussiakita.blogspot.com
azamrussiakita.blogspot.com

Tuang susu ke dalam wadah dan panaskan dengan api sedang. Tunggu hingga berbuih kemudian kecilkan apinya. Sambil menunggu susunya dipanaskan kocok kuning telur yang sudah disiapkan.

resepmasakanindonesia.info
resepmasakanindonesia.info

Kocok telur dalam mangkuk tahan panas. Campur kuning telur dan gula paling tidak selama 2 menit sampai mengental. Masukkan ekstrak vanilla ke dalam campuran telur ini.

Angkat susu kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jangan masukan susu secara langsung, karena panas dari susu dapat mematangkan telur. Aduk terus sampai adonan kental seperti cream.

id.wikihow.com
id.wikihow.com

Letakkan mangkuk berisi campuran telur dan susu tadi ke dalam panci yang berisi air mendidih. Aduk campuran menggunakan sendok kayu. Terus panaskan dan aduk sampai adonan mengental seperti puding. Angkat dan dinginkan

Jangan biarkan air dari panci masuk ke mangkuk karena dapat mempengaruhi tekstur adonan ice cream gelato. Untuk mengaduk gunakan sendok kayu, karena sendok logam bisa merusak rasa adonan ice cream gelato.

3Menambahkan Perasa

id.wikihow.com

Setelah adonan dingin langkah selanjutnya untuk membuat resep ice cream gelato adalah memberikan perasa. Kamu bisa mencampurkan coklat cair maupun perasa buah untuk menambah rasa dari gelato.

id.wikihow.com
id.wikihow.com

Pertimbangkan juga menambah potongan buah ataupun kacang untuk pelengkap resep ice cream gelato kamu.

4Membekukan Gelato

id.wikihow.com

Tutup mangkuk berisi adonan utama gelato dengan plastik pembungkus. Taruh didalam lemari selama 3 jam hingga dingin sebelum kamu memasukkannya ke dalam freezer es krim.

Gelato dimasukkan ke dalam freezer. Kemudian keluarkan setelah gelato seperuh membeku. Biarkan di luar sebentar kemudian masukkan lagi gelato ke dalam freezer dan lanjutkan pembekuan.

id.wikihow.com
id.wikihow.com

Kalau sudah memadat gelato siap untuk dinikmati. Cairkan sedikit gelato sebelum dinikmati. Hal ini agar gelato tidak terlalu dingin di lidah sehingga yang memakannya akan terasa lebih nikmat.

SHARE