Sebutkan jenis makanan yang menggunakan bahan dasar kacang tanah! Sepuluh jarimu akan kurang untuk menghitungnya. Kacang adalah bahan makanan dari akar tanaman kacang.

Selain menjadi lahan bisnis pengusaha kacang kulit, ternyata kacang tanah juga dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan. Mulai dari bumbu kacang untuk pecel, taburan olahan roti, selai, dan yang tidak asing adalah kacang telur.

www.hendrinova.wordpress.com
www.hendrinova.wordpress.com

Saat kamu berkunjung ke rumah tetangga di musim lebaran, kacang telur sangat mudah di jumpai. Makanan ini memang memiliki rasa yang manis sekaligus renyah.

Tidak di musim lebaran, di hari-hari biasa kamu juga dapat dengan mudah membelinya di toko roti maupun supermaket.

www. fathocake.blogspot.com
www.fathocake.blogspot.com

Bagaimana jika kamu ingin membuat kacang telur sendiri untuk menemani saat-saat berkumpul dengan keluarga? Tentu saja hal ini sangat memungkinkan.

Cara membuat kacang tanah sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini resep kacang telur manis, enak, dan renyah.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.mytjendrawasih.com

Siapkan bahan utama yaitu 400 gram kacang tanah yang sebelumnya telah di kupas. Sebelum di masak menjadi kacang telur, terlebih dahulu kacang di sangrai sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan.

Siapkan bahan lain seperti 4 butir telur ayam, tepung maizena 85 gram, tepung tapioka 350 gram, santan kelapa kental 200 ml, bawang putih 10 siung, kemiri 2 buah, ketumbar bubuk ¼ sendok teh, air 200 ml, gula secukupnya, dan garam secukupnya.

2Haluskan Bumbu-Bumbu

www.novigorakazenzero.blogspot.com

Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri yang telah di sangrai, gula, dan garam. Kemudian masukan kacang yang telah di sangrai ke dalam bumbu halus ini. aduk-aduk kacang sampai tercampur merata.

Tambahkan 1 butir telur ayam ke dalam campuran dan aduk sampai semuanya tercampur rata.

3 telur yang lainnya hanya diambil kuning telurnya saja. Tambahkan ke dalam adonan dan aduk sampai merata. Tambahkan santan ke dalam adonan dan aduk sampai merata.

Tambahkan tepung maizena dan aduk kembali sampai merata. Terakhir taburkan tepung terigu ke dalam adonan. Pastikan semua kacang telah terbalut dengan tepung terigu.

Pisahkanlah apabila ada butiran yang menempel agar kacang telur dapat terbalut dengan sempurna.

3Goreng Kacang Telur

www.kacangtelurngasem.wordpress.com

Panaskan minyak goreng ke dalam penggorengan. Gorenglah kacang telur ke dalam minyak panas sampai semua kacang tenggelam atau disebut deep frying. Aduklah secara berkala agar panas di dalam penggorengan merata.

Apabila warna telah berubah kecoklatan, angkat dan tiriskan kacang telur tersebut. Agar tidak terlalu banyak minyak tampunglah kacang yang selesai di goreng ke dalam nampan yang telah di beri alas tisu atau kertas coklat.

Jangan menggunakan kertas koran bekas. Tinta kertas koran mengandung timbal yang tidak baik untuk kesehatan jika di konsumsi dalam waktu lama.

4Simpan di Tempat yang Kering

www.tokopedia.com

Simpanlah kacang telur yang sudah matang ke dalam toples. Namun tunggulah sampai kacang telur dingin. Tutup toples dengan rapat sehingga tidak ada uap air yang masuk dan menyebabkan kacang telur tidak renyah lagi.

Agar lebih awet simpanlah kacang telur ke dalam kulkas. Meskipun kulkas dingin, namun kulkas memiliki kelembaban udara yang rendah sehingga kacang telur lebih awet renyah.

Jika kamu ingin menjualnya dalam toples kecil-kecil, berikan silika gel untuk menyerap uap air yang masuk ke dalam toples.

Mudah bukan memasak kacang telur? Kacang adalah sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan keluarga.

Kacang telur dapat menjadi alternatif camilan sehat keluarga tercinta dan persediaan makanan ringan apabila ada tamu yang bertandang ke rumah.

SHARE