Kue kastengel merupakan kue kering asal Belanda. Kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan beberapa campuran lainnya.

Biasanya berbentuk persegi panjang yang panjangnya kurang lebih 3-4 cm dan memiliki lebar 1 cm. Kue kastengel dimasak dengan cara memanggangnya dalam oven. Warna kue kastengel saat matang adalah kuning keemasan.

Banyak orang yang menyukai kue kastengel rasa keju. Ada yang menggunakan keju parut dan ada juga keju cheddar. Semuanya tergantung selera masing-masing orang. Kue kastengel rasa keju akan lebih harum jika pakai keju parmesan.

Kue kastengel lazim dihidangkan saat acara-acara penting, seperti idul fitri, natal, dan tahun baru imlek. Pada hari-hari biasa, kue kastengel banyak dijual di toko kue, toko roti, atau swalayan. Kemasannya dalam bentuk toples plastik.

Ingin membuatnya sendiri di dapur? Mudah sekali, ikuti resep berikut ini dan rasakan bedanya.

1Kastengel Bintang

aprisayu.blogspot.com

Unik kali ya kalau mencetak kue kastengel dalam bentuk bintang. Kalau ingin mencoba, sediakan bahan-bahannya.

Daftar bahan yang mesti kamu siapkan yaitu, margarin, kuning telur, keju parut (yang oven dan belum dioven), terigu, tepung maizena, dan baking powder.

Langkah pertama, kamu harus mengayak secara bersamaan bahan-bahan berupa terigu, tepung maizena, dan baking powder. Kemudian kocok margarin dan kuning telur hingga mengembang.

Setelah itu, masukan semua bahan dan remas-remas sampai adonan menyatu. Lalu bungkus adonan memakai plastik dan masukan ke dalam lemari es. Biarkan kurang lebih 30 menit.

rinibaking.blogspot.com
rinibaking.blogspot.com

Jika sudah 30 menit, cetak adonan di dalam loyang (bentuk bintang) dan olesi dengan kuning telur serta taburi keju di atasnya. Selanjutnya, masukan ke oven dengan suhu 180C selama 25 menit.

Keluarkan adonan setelah warnanya berubah kecoklatan. Diamkan sejenak agar dingin. Kalau kue sudah dingin, sajikan dalam piring atau toples plastik.

Selamat mencoba, guys!

2Kastengel Bulan

warughazhunnda.wordpres.scom

Tadi kan kastengel bintang, sekarang saatnya membuat kastengel bulan. Siapkan bahan-bahan berupa tepung terigu, margarin, tepung maizena, susu bubuk, kuning telur, dan keju cheddar.

Pertama kali kamu harus memanggang keju parut (cheddar) hingga mengering dan warnanya agak kuning. Usahakan jangan gosong.

Selanjutnya, kocok margarin, susu bubuk dan kuning telur. Tidak perlu mengocok terlalu lama. Yang terpenting adonan menyatu dan rata. Lalu masukan tepung terigu, tepung maizena dan keju parut. Uleni adonan sampai mudah dibentuk.

warughazhunnda.wordpress.com
warughazhunnda.wordpress.com

Kemudian, adonan dicetak di dalam loyang serta diolesi dengan kuning telur. Taburi keju parut di atas adonan. Berikutnya, pangganglah adonan selama 30-35 menit dengan suhu 160oC sampai kastengel matang.

Keluarkan kastengel dan sajikan. Cari camilan, teman ngopi atau nge-teh? Kue kastengel lah solusinya.

Oke, guys, selamat mencoba resep ini ya!

3Kastengel Keju Tanpa Telur

kabarmakkah.com

Kue kering kastengel keju juga memiliki rasa yang tidak kalah lezat. Bagi kamu yang kurang suka telur, kue ini bisa jadi alternatif.

Sediakan bahan-bahan berupa margarin, roombutter, keju apel, keju, garam, terigu, maizena, dan baking soda.

Pertama, parutlah keju apel dan keju cheddar. Selanjutnya, ayak tepung terigu dan baking soda.

Langkah berikutnya, kocok mentega sampai mengembang dan masukan parutan keju sambil diaduk rata. Terakhir, masukan tepung terigu. Lalu uleni adonan dan cetak membentuk jari memanjang.

kaniagho.wordpress.com
kaniagho.wordpress.com

Kemudian, olesi adonan menggunakan kuning telur dan taburi dengan keju parut. Setelah itu, pangganglah menggunakan oven. Angkat adonan jika sudah berwarna kecoklatan karena tandanya sudah matang. Diamkan sejenak supaya agak dingin.

Sajikan kue kastengel bersama secangkir teh di pagi hari.