KFC, CFC, Texas Chicken, Mc Donald, dan sederet restoran ayam hampir dipastikan mengandalkan menu kentang goreng alias french fries. Entah mengapa menu satu ini sangat identik dengan restoran ayam goreng.

www.thedubaimall.com
www.thedubaimall.com

Begitu juga dengan rumah makan ayam yang tidak terlalu besar seperti Jogja Chicken, Olive, Popeye, dan lain-lain. Makanan berbahan dasar kentang ini memang memiliki rasa gurih dan sangat cocok di cocol saus sambal.

Namun tahukah kamu, bahwa kentang goreng yang biasa kamu beli di restoran-restoran cepat saji tersebut kurang sehat? Mereka membeli dari pabrik yang tentu saja sudah ditambah penyedap rasa dan pengawet.

Kebutuhan rumah makan fast food sangat banyak, sehingga sangat tidak memungkinkn mereka membuatnya sendiri. Alhasil kentang goreng olahan pabriklah yang menjadi pilihan penyedia bahan kentang goreng.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Sebenarnya kamu bisa membuat kentang goreng sendiri dengan mudah. Selain lebih sehat, membuat kentang goreng sendiri juga lebih murah.

Beberapa orang enggan membuat kentang goreng sendiri karena takut hasilnya tidak renyah seperti di rumah makan fast food.

Padahal membuat kentang goreng renyah ini sebenarnya sangat mudah. Bunda hanya perlu menyisihkan waktu di akhir pekan untuk membuat persediaan kentang goreng.

Berikut ini resep kentang goreng gurih namun tetap sehat.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.cantikasia.com

Beberapa bahan yang disiapkan diantaranya kentang ½ kilogram, tepung maizena secukupnya, bawang putih 3 siung, garam 2 sendok teh, air secukupnya, dan air es secukupnya.

2Persiapkan Kentang Goreng

www.necturajuice.com

Kupas dan potong kentang menjadi kecil-kecil seperti kentang goreng pada umumnya. Kemudian cuci potongan kentang tersebut sampai benar-benar bersih.

Rebuslah potongan kentang ke dalam air mendidih bersama garam dan bawang putih yang sudah di uleg selama kurang lebih 5 menit.

Jika tidak merebusnya, kamu juga bisa merendamnya bersama garam dan bawang putih lembut selama kurang lebih 30 menit.

Tujuan dari proses perebusan atau perendaman ini adalah menghilangkan enzim pada kentang yang dapat menyebabkan kentang cepat lembek.

Potongan kentang kemudian diangkat dan ditiriskan. Proses selanjutnya adalah memasukannya ke dalam air es selama kurang lebih 15 menit.

Pada wadah yang luas tuangkan tepung maizena. Kemudian masukan potongan kentang ke dalam tepung ini dan aduklah sampai benar-benar tercampur. Diamkan potongan kentang selama kurang lebih 15 menit.

Jika kamu memiliki waktu yang cukup longgar, buatlah kentang goreng dalam porsi yang banyak. Kemudian masukan ke dalam wadah yang rapat seperti toples untuk kemudian di simpan dalam freezer sampai akan digunakan.

3Goreng Potongan Kentang

www.wom.my

Gorenglah kentang dengan minyak goreng banyak sehingga semua potongan kentang dapat tenggelam atau dikenal dengan istilah deep frying. Aduklah perlahan sampai kentang berwarna kekuningan.

4Sajikan untuk Keluarga

www.rumahmakanintan.id.tc

Sajikan untuk keluarga tercinta bersama saus tomat. Sajikan saat menonton TV, piknik, atau momentum berkumpul bersama keluarga yang semakin sulit untuk didapatkan.

Lebih nikmat lagi jika disajikan bersama es teh di saat udara panas.

Kamu juga dapat menambahkan bumbu balado atau bumbu pedas serbuk untuk memberikan rasa sesuai keinginan. Masukan kentang goreng yang masih hangat ke dalam toples plastik kemudian tambahkan bumbu serbuk.

Kocoklah toples tersebut sampai kentang benar-benar merata.

Mudah bukan membuat kentang goreng gurih?

Bunda juga dapat menjadikan kentang goreng ini sebagai bekal sekolah si kecil. Jadi tak perlu khawatir dengan jajanan tidak sehat selama di sekolah.

SHARE